Comscore Tracker

5 Tanda Gebetan Berpotensi Melakukan Ghosting, Sebaiknya Siap-siap!

Bersiap ambil sikap yang tepat

Ghosting adalah fenomena tidak menyenangkan ketika seseorang yang sedang dekat denganmu memutuskan untuk menghilang begitu saja daripada melakukan percakapan yang terbuka tentang mengapa dia tidak lagi ingin melanjutkan hubungan. Menjadi pihak yang di-ghosting tentunya merupakan pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.

Tidak mudah tentunya untuk memahami mengapa seseorang yang sebelumnya dekat tiba-tiba menghentikan semua komunikasi. Meskipun begitu, sebenarnya orang yang akan melakukan ghosting biasanya menunjukkan tanda-tanda yang dapat dilihat. Menyadari tanda-tandanya akan membuat kamu bersiap untuk mundur sebelum benar-benar menjadi korban ghosting.

Jika kamu sedang dekat dengan seseorang dan khawatir dia akan mundur, periksa tanda-tanda ini yang dapat memperingatkanmu bahwa dia berpotensi melakukan ghosting.

1. Sering membatalkan rencana tanpa menawarkan penjadwalan ulang

5 Tanda Gebetan Berpotensi Melakukan Ghosting, Sebaiknya Siap-siap!ilustrasi berkirim pesan singkat (unsplash.com/Mikel Parera)

Orang yang berencana melakukan ghosting mungkin masih ingin membuat kamu tetap terhubung dengannya. Untuk itu, ia mungkin akan membuat rencana denganmu, tapi kemudian pada detik terakhir, akan membatalkan rencananya.

Baiklah, terkadang membatalkan rencana pada menit-menit terakhir adalah sesuatu yang manusiawi dan bisa dimaafkan. Namun, tentunya ia harus meminta maaf dan menawarkan penjadwalan ulang. Sebaliknya, sering membatalkan janji tanpa penjelasan apa pun adalah pertanda bahwa ia akan segera meninggalkanmu.

2. Ia sering menghilang lalu kembali setelah sekian lama

5 Tanda Gebetan Berpotensi Melakukan Ghosting, Sebaiknya Siap-siap!ilustrasi perempuan menanti pesan singkat (pexels.com/undefined mikoto.raw Photographer)

Salah satu tanda paling nyata bahwa seseorang mungkin bersiap-siap untuk melakukan ghosting adalah ia perlu waktu lama untuk kembali kepadamu. Misalnya, kalian berkirim pesan secara intens setiap hari selama satu bulan, tetapi kemudian ia menghilang dan baru mengirim pesan satu minggu kemudian. Ini bisa jadi merupakan tanda bahwa ia sedang menguji untuk melihat kapan ia dapat berhenti berbicara denganmu sepenuhnya.

Ini bahkan mungkin terjadi saat kamu telah menghubungi dirinya beberapa kali untuk menanyakan apa yang terjadi, tetapi ia tetap tidak merespons hingga seminggu atau kapan pun ia merasa mood untuk membalas. Selama itu pula, perasaanmu dibuat tidak karuan antara bingung dan penuh harap.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Diri Jadi Korban Ghosting, Jangan Mau Dipermainkan!

3. Tidak menunjukkan antusias

5 Tanda Gebetan Berpotensi Melakukan Ghosting, Sebaiknya Siap-siap!ilustrasi laki-laki dan perempuan sedang berbicara (pexels.com/Monstera)

Orang yang berminat tentunya akan tampak antusias dan menunjukkan usaha. Bahkan, meskipun ia sedang sibuk, ia pasti akan melakukan usaha untuk tetap terhubung denganmu dan memajukan hubungan.

Setiap orang pasti memiliki kesibukannya sendiri, bekerja, dan melakukan banyak hal lainnya. Namun jika seseorang ingin memajukan hubungan, tentu ia akan berusaha meluangkan waktu.

Sebaliknya, orang yang hanya berniat ghosting membutuhkan waktu yang lama hanya untuk membalas pesan singkat, menanggapi dengan sekadarnya, dan tampak tidak antusias untuk melanjutkan percakapan. Ini semua adalah tanda bahwa ia tidak menganggap kamu sebagai prioritas dan sangat berpotensi melakukan ghosting.

4. Selalu mengaku sibuk  

5 Tanda Gebetan Berpotensi Melakukan Ghosting, Sebaiknya Siap-siap!ilustrasi laki-laki sedang menelepon (pexels.com/Greta Hoffman)

Jika seseorang ingin bertemu denganmu, ia akan melakukannya, tidak peduli seberapa padat jadwal yang ia miliki. Misalnya, kamu mengajak seseorang untuk bertemu dalam waktu dekat, orang yang benar-benar tertarik denganmu tentunya akan menanggapinya dengan antusias. Kalaupun ia sedang sibuk dan tidak bisa menemuimu dalam waktu dekat, seharusnya ia menawarkan jadwal lain.

Membuat rencana tidak sulit, dan bahkan jika seseorang itu sibuk, ia harusnya dapat menemukan waktu yang cocok untuk kalian berdua. Namun, jika ia beralasan sibuk sepanjang waktu, ini adalah tanda peringatan bahwa ia mungkin akan segera menghilang tanpa kabar.

5. Kalian tidak memiliki teman yang sama atau belum pernah bertemu teman satu sama lain

5 Tanda Gebetan Berpotensi Melakukan Ghosting, Sebaiknya Siap-siap!ilustrasi pasangan sedang berkencan (pexels.com/Hong SON)

Wajar saja jika pada kencan pertama kalian hanya berdua. Namun, jika setelah beberapa lama kalian dekat ia masih menolak untuk bertemu temanmu atau memperkenalkanmu pada temannya, itu bisa menjadi tanda bahwa ia sebenarnya tidak yakin denganmu dan ingin bisa menghilang tanpa jejak.

Jika kalian tidak memiliki satu pun teman yang sama, artinya ia tidak memiliki siapa pun untuk dimintai pertanggungjawaban dan mungkin lebih cenderung menghilang. Jadi, selalu waspada dengan hal ini.

Ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan ghosting. Mencoba menebak-nebak mengapa seseorang melakukan ghosting padamu hanya akan membuat kamu frustrasi. Yang bisa kamu lakukan adalah memahami tanda-tandanya dan bersiap untuk mundur agar tidak terlalu sakit hati nantinya.

Baca Juga: 6 Zodiak Ini Sangat Rawan Jadi Korban Ghosting, Kasihan!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya