Comscore Tracker

5 Aspek Penting saat Quality Time bareng Pasangan, Catat!

Apakah kamu dan pasangan memiliki bahasa cinta quality time?

Quality time merupakan salah satu jenis bahasa cinta. Pada dasarnya terdapat lima jenis bahasa cinta, yaitu mengekspresikan lewat kata-kata (words of affirmation), melalui tindakan (acts of services), memberi hadiah (gifts), sentuhan fisik (physical touch), dan meluangkan waktu bersama (quality time). 

Dilansir Verywell Mind  terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatiakan untuk mengekspresikan rasa cinta saat kalian sedang quality time. Aspek-aspek di bawah ini merupakan faktor penunjang agar quality time bisa berjalan dengan efektif. Kamu dan pasangan pun akan merasa lebih dicintai oleh satu sama lain. Aspek apa sajakah itu? 

1. Membuat perencanaan

5 Aspek Penting saat Quality Time bareng Pasangan, Catat!ilustrasi membuat perencanaan (pexel.com/Tima Miroshnichenko)

Jika kamu dan pasangan terlalu sibuk dengan pekerjaan, itu tandanya kalian perlu menjadwalkan quality time. Quality time yang terjadwal akan terasa lebih terorganisasi. 

Jika quality time terasa monoton, kalian bisa menjadwalkan kegiatan-kegiatan yang menarik. Contohnya, kalian bisa merencanakan untuk mencoba restoran baru, staycation di hotel dengan vibes yang unik, atau bisa juga berpetualang ke kota yang tidak pernah kalian kunjungi sebelumnya. 

2. Kontak mata

5 Aspek Penting saat Quality Time bareng Pasangan, Catat!ilustrasi eye contact (pexels.com/iamluisao)

Kontak mata yang dikelola dengan baik akan membuat pasangan merasa dicintai, diprioritaskan, dan dimengerti. Kontak mata adalah aspek mendasar untuk memberikan quality time yang efektif.

Saat quality time, hindari pandanganmu ke gadget. Hal ini akan membuat pasangan merasa tidak diperhatikan. Selanjutnya, kamu pun jadi gak fokus dengan waktu bersama yang sedang kalian luangkan. 

Baca Juga: 5 Ide Quality Time Bareng Pasangan, biar Makin Mesra

3. Hadir seutuhnya

5 Aspek Penting saat Quality Time bareng Pasangan, Catat!ilustrasi pasangan perhatian (pexels.com/Los Muertos Crew)

Hadir seutuhnya di sini dan saat ini adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun quality time yang efektif. Kamu gak perlu memikirkan hal-hal yang akan terjadi atau membahas ulang permasalahan yang sudah selesai. Prioritaskanlah momen saat kamu dan pasangan sedang berdua.

Saat pasangan sedang dalam kesulitan, kamu bisa meluangkan waktu untuk menemaninya. Meski kamu tidak bisa memberikan solusi terhadap kesulitan yang sedang dihadapi, kehadiranmu untuk melewati masa-masa sulit sangat berarti baginya. Hal ini menandakan bahwa kamu peduli dengan mereka. 

4. Mendengarkan pasangan secara aktif

5 Aspek Penting saat Quality Time bareng Pasangan, Catat!ilustrasi pendengar yang baik (pexels.com/Marcus Aurelius)

Memiliki pendengar yang baik dan setia adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Kamu bisa menjadi pendengar yang baik bagi pasanganmu. Pendengar yang baik tidak tercipta secara instan. Kamu bisa mempelajari dan membiasakannya. Bagaimana caranya? 

Pertama, fokuslah dengan apa yang sedang dibicarakan oleh pasanganmu. Kamu bisa mengafirmasi dan mengajukan pertanyaan dengan bijaksana. Selanjutnya, hindari tindakan memberi nasihat, kecuali jika dia memintanya. Kemudian, bayangkan kamu sedang berada di posisi mereka.

5. Berfokus pada kualitas, bukan kuantitas

5 Aspek Penting saat Quality Time bareng Pasangan, Catat!ilustrasi waktu berkualitas (pexels.com/Kampus Production)

Kunci keberhasilan dari kegiatan ini adalah seberapa besar kalian bisa menikmati waktu saat sedang bersama. Misalnya, kalian bisa meluangkan waktu yang berkualitas saat sebelum berangkat kerja sambil meneguk kopi bersama.  

Quality time adalah tentang menyisihkan waktu yang berkualitas untuk pasangan yang kamu cintai. Kegiatan ini bukan tentang seberapa banyak jumlah waktu yang kamu berikan untuk berinteraksi dengan pasangan. 

Quality time yang berjalan dengan baik akan membuahkan hasil. Kita akan merasa aman dan nyaman dalam hubungan tersebut. Luangkanlah waktu sejenak untuk mengekspresikan rasa cintamu terhadap pasangan!

Baca Juga: 5 Manfaat Quality Time bareng Pasangan, Makin Mesra!

elsamarchel Photo Verified Writer elsamarchel

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya