Comscore Tracker

Agar Tidak Sakit Hati, Ini 5 Cara Memutuskan Hubungan dengan Baik

Biar gak saling musuhan

Putus hubungan sudah menjadi hal biasa. Karena tidak selamanya hubungan dapat lanjut ke jenjang yang lebih serius. Apalagi jika kamu sudah merasa tidak nyaman lagi dengan hubunganmu. Karena sesuatu yang dipaksakan tidak pernah berakhir baik. Jadi, daripada memaksakan hubungan, lebih baik mengakhirinya dengan cara yang baik.

Ketika ingin mengakhiri hubungan, jangan langsung tiba-tiba menghilang begitu saja. Hargai perasaan pasanganmu. Jangan sampai akhirnya kalian berubah menjadi orang yang tidak saling kenal padahal sebelumnya pernah menjalin hubungan. Nah, agar tidak ada pihak yang tersakiti, lebih baik kamu terapkan lima tips di bawah ini.

1. Jangan menggantung perasaannya

Agar Tidak Sakit Hati, Ini 5 Cara Memutuskan Hubungan dengan Baikimdb.com

Siapapun pasti akan merasa kesal saat perasaannya digantung. Apalagi jika kamu tak kunjung memberi kepastian. Jika kamu memang berniat mengakhiri hubunganmu maka segera lakukan, jangan membuat dia khawatir karena sikapmu yang tiba-tiba berubah menjadi tidak peduli. Jangan juga memberi dia harapan palsu. Segera bulatkan keputusanmu dan jangan ditunda.

2. Beri alasan yang jelas

Agar Tidak Sakit Hati, Ini 5 Cara Memutuskan Hubungan dengan Baikimdb.com

Ketika kamu memutuskan suatu hubungan, tentu kamu harus memiliki alasan yang jelas. Jangan sampai kamu mengatakan kata putus tanpa memberi tahu alasanmu yang sebenarnya. Karena hal ini akan menyakiti perasaannya. Ia juga akan merasa kebingungan apalagi jika selama ini ia merasa tidak melakukan kesalahan.

Jadi, katakan alasanmu secara rinci dan jelas. Jangan cuma ngomong "kamu terlalu baik buat aku." Kalau itu sih alasan cliche yang harus kamu hindari.

Baca Juga: Jangan Putus, 5 Tanda Hubungan Kamu Masih Layak untuk Dipertahankan

3. Jangan memutuskan via chat atau telepon

Agar Tidak Sakit Hati, Ini 5 Cara Memutuskan Hubungan dengan Baikimdb.com

Rasanya sangat tidak sopan jika kamu memutuskan seseorang tanpa bertatap muka dengannya. Apalagi cuma dengan modal pesan singkat. Siapa yang tidak sakit hati diperlakukan seperti itu. Sebaiknya atur pertemuan terlebih dahulu dan utarakan maksudmu dengan jelas.

Jangan memilih kata yang bisa menyakiti hatinya. Jika kekasihmu perempuan, ada baiknya kamu menghantarnya pulang setelahnya.

4. Jangan menyalahkan siapapun

Agar Tidak Sakit Hati, Ini 5 Cara Memutuskan Hubungan dengan Baikimdb.com

Jangan menyalahkan siapapun ketika kamu berniat memutuskannya. Apalagi sampai mengungkit-ungkit kesalahan pasanganmu. Hal itu hanya akan menyakitki perasaanya. Malah bisa-bisa dia berubah membencimu. Hindari juga kalimat yang bisa memicu pertengkaran. Ingatkan dirimu bahwa kamu sedang ingin memutuskannya dengan cara baik-baik.

5. Ucapkan kalimat perpisahan dan rasa terimakasih

Agar Tidak Sakit Hati, Ini 5 Cara Memutuskan Hubungan dengan Baikimdb.com

Meski sudah berakhir, kamu dan dia nyatanya pernah menghabiskan waktu dan bahagia bersama. Kamu pernah menjadi alasan dia tersenyum dan juga sebaliknya. Sampaikan rasa terima kasihmu atas waktu-waktu yang pernah kalian lakukan bersama. Kamu juga boleh memberikan hadiah sebagai ucapan perpisahan. Dengan ini dia tidak akan merasa sakit hati.

Nah, itulah lima cara memutuskan hubungan dengan baik-baik agar tidak ada pihak yang tersakiti. Yuk, jangan lagi menghilang tiba-tiba, be gentle!

Baca Juga: 7 Tipe Orang setelah Putus dari Pacar, Kamu Termasuk yang Mana?

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You