Comscore Tracker

Agar Hubungan Langgeng, Ini 5 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan

Wajib bangun rasa percaya diri

Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan tentu tidak baik, sama dengan cemburu. Mungkin tidak banyak yang sadar bahwa cemburu berlebihan berperan besar sebagai penyebab suatu hubungan. Apalagi jika rasa cemburu tersebut dibarengi dengan sikap overprotective yang membuat risi pasangan.

Oleh karena itu, ada kalanya kita dapat tidak terlalu berlebihan ketika sedang jealous. Namun sayang tidak semua orang bisa mengatasi rasa cemburunya. Maka dari itu, berikut ini ada lima cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi cemburu.

1. Jangan biarkan imajinasi menguasaimu

Agar Hubungan Langgeng, Ini 5 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihanimdb.com

Terkadang tanpa disadari, kita selalu membayangkan hal yang tidak-tidak. Misalnya ketika pasanganmu tidak menjawab teleponmu. Kamu bisa langsung berpikir bahwa dia sedang bersama orang lain. Padahal bisa saja dia sedang sibuk dengan tugas maupun pekerjaannya.

Jangan pernah memikirkan skenario yang belum tentu terbukti kebenarannya. Saat kamu mulai ngelantur, ada baiknya kamu langsung berhenti saat itu juga. Jangan biarkan imajinasi menguasaimu.

2. Lawan rasa tidak percaya diri

Agar Hubungan Langgeng, Ini 5 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihanimdb.com

Cemburu berlebihan biasanya muncul karena rasa tidak percaya diri. Saat kamu merasa insecure, kemungkinan kamu berpikir bahwa dia akan meninggalkanmu demi orang lain. Atau ketika kamu tahu bahwa dia sedang bersama teman lawan jenisnya, kamu pun merasa takut tersaingi dengan dirinya.

Pada saat seperti ini yang harus kamu lakukan adalah melawan rasa insecure itu sendiri. Hilangkan pemikiran seperti "aku gak cukup menarik," "aku kurang sukses," "dia lebih kaya dariku." Hal seperti itu hanya akan membebani dirimu saja.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Gak Perlu Cemburu Kalau Pasangan Punya Idola 

3. Cari tahu alasan kamu merasa insecure

Agar Hubungan Langgeng, Ini 5 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihanimdb.com

Agar kamu bisa mengatasi rasa insecure, kamu harus tahu dulu penyebabnya. Apa yang menjadi alasan kamu merasa tidak percaya diri. Apakah karena sesuatu yang terjadi di masa lalu atau karena orang sekelilingmu yang selalu menuntutmu untuk sempurna.

Setelah mencari tahu akar permasalahannya, kamu bisa mulai berbenah diri. Tidak ada salahnya juga untuk bertemu psikolog maupun terapis untuk mengatasi rasa insecure, apalagi jika hal ini dikarenakan masa lalumu.

4. Diskusikan masalahmu dengan pasangan

Agar Hubungan Langgeng, Ini 5 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihanimdb.com

Jalan teraman untuk mengatasi cemburu adalah dengan terbuka dengan pasangan. Hal ini lebih baik daripada harus tiba-tiba ngambek dan bikin pasangan pusing sendiri karena tidak tahu masalahmu. Diskusikan pada pasanganmu mengenai masalahmu dengan cara baik-baik.

Mungkin pada awal akan terasa berat untuk bersikap jujur. Terutama jika kamu tipe orang yang gengsian parah. Tetapi lama kelamaan kamu juga akan merasa nyaman bahkan lega karena sudah jujur padanya.

5. Tanamkan rasa percaya pada pasangan

Agar Hubungan Langgeng, Ini 5 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihanimdb.com

Mereka yang memiliki trust issue biasanya lebih gampang cemburu. Hal ini dikarenakan mereka kurang bisa mempercayai pasangan. Mereka beranggapan bahwa pasangannya tidak dapat dipercaya dan kemungkinan besar tidak setia.

Wajib kamu ketahui bahwa terkadang penyebab putusnya hubungan adalah tidak ada rasa percaya antara satu sama lain. Sehingga rasa ego bisa mengalahkan logika. Jadi, tidak ada salahnya untuk memberi pasangan kesempatan untuk dapat dipercaya.

Itulah lima cara yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa cemburu berlebihan. Jangan sampai hal sepel seperti cemburu menjadi penyebab berakhirnya hubunganmu, ya.

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Rasa Cemburu yang Sering Ditunjukkan oleh Pasangan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya