Comscore Tracker

Biar Dapat Chemistry, Ini 5 Tips Kenalan dengan Calon Ipar 

#IDNTimesLife Gak perlu ragu untuk memulai percakapan 

Hubungan sudah semakin serius, nih. Saatnya berkenalan dengan keluarga pacar. Apakah kamu merasa deg-degan? Kalau kamu merasa senang, itu pasti. Namun, gak bisa dipungkiri juga bahwa grogi itu tetap ada.

Selain momen tegang karena berkenalan dengan calon mertua. Ternyata ada momen yang gak kalah menegangkannya juga, lho. Apa itu? Berkenalan dengan calon ipar. Tenang, ada tips untuk membangun chemistry dengan saudara pacarmu, kok. Yuk, simak ya. Supaya semakin banyak restu yang kamu dapat.

1. Sebelum berkenalan secara langsung, sebaiknya kamu sudah mencari tahu tentang calon iparmu 

Biar Dapat Chemistry, Ini 5 Tips Kenalan dengan Calon Ipar ilustrasi berbicara untuk mencari informasi (pexels.com/Budgeron Bach)

Saat berpacaran, pasti pacarmu pernah menceritakan mengenai kakak atau adiknya, bukan? Kalian pasti pernah bercerita satu sama lain.

Nah, jadikanlah hal itu sebagai referensi kamu. Sehingga, saat bertemu dan berkenalan dengan calon ipar. Kamu sudah tahu bagaimana harus bersikap di depan mereka.

2. Pilih topik pembicaraan yang tepat 

Biar Dapat Chemistry, Ini 5 Tips Kenalan dengan Calon Ipar ilustrasi sedang berbicara (pexels.com/Askar Abayev)

Sebelum memulai perkenalan, sebaiknya kamu juga perlu mencari tahu mengenai topik pembicaraan yang membuat calon ipar senang. Sehingga, kamu bisa menghindari topik-topik yang bisa menyinggung perasaan mereka.

Hal ini penting untuk kamu ketahui. Karena dapat menghindarkanmu dari kesalahan bicara yang membuat kesan pertama menjadi negatif. Lebih baik, menjaga daripada nantinya meminta maaf karena salah bicara.

Baca Juga: Gak Perlu Stres, Ini 5 Tips agar Betah Tinggal Serumah dengan Mertua

3. Obrolan yang ringan sangat cocok untuk digunakan pada awal perkenalan 

Biar Dapat Chemistry, Ini 5 Tips Kenalan dengan Calon Ipar ilustrasi mengobrol santai pada awal perkenalan (pexels.com/Monstera)

Kalau kamu bingung mau memulai pembicaraan tentang hal apa. Kamu bisa memulai obrolan yang ringan-ringan dulu saja.

Misalnya, kamu bisa menanyakan tentang hobinya, kegiatannya dan hal umum lainnya. Bisa jadi, ternyata kamu malah memiliki kesamaan dengan calon iparmu. Itu akan memudahkanmu untuk melanjutkan obrolan berikutnya.

4. Buatlah komunikasi dua arah 

Biar Dapat Chemistry, Ini 5 Tips Kenalan dengan Calon Ipar ilustrasi saling bercerita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu bertanya, calon ipar menjawab, dan sebaliknya. Jangan hanya kamu yang bertanya dan mereka hanya menjawab saja. Malah seperti wawancara kerja, dong.

Iya, kamu memang sedang berusaha mengambil hati mereka. Jadi, biar terkesan semangat dan perhatian gitu, ya? Namun, usahakanlah untuk gak mendominasi percakapan. Sesekali kamu perlu menjadi pendengar yang baik saat mereka berbicara.

5. Selipkan humor dalam percakapan kalian 

Biar Dapat Chemistry, Ini 5 Tips Kenalan dengan Calon Ipar ilustrasi bergembira bersama (pexels.com/Nicole Michalou)

Jika kamu orangnya memang humoris atau paling gak menyukai hal-hal yang berbau humor. Kamu bisa juga kok untuk bercerita tentang hal-hal lucu.

Justru, itu akan mengurangi ketegangan yang kamu rasa. Namun, ingat dalam menyelipkan humor. Pilihlah humor yang berkualitas, ya. Jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.

Kelima tips berkenalan dengan calon ipar di atas gak sulit, bukan? Tetap tenang dan berusahalah santai. Pacarmu pasti akan membantumu untuk lebih bisa mengakrabkanmu dengan keluarganya, kok.

Tetaplah menjadi diri sendiri, ya. Namun, pastikan sopan dan santun. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan buatlah senyaman mungkin. Selamat berkenalan dengan calon ipar. Semoga restu untukmu akan semakin bertambah berkat chemistry yang kamu bangun lewat perkenalan awal ini.

Baca Juga: Biar Direstui, Ini 5 Cara Efektif untuk Mengambil Hati Calon Mertua

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya