Comscore Tracker

5 Cara Halus Menolak Permintaan Teman agar Kamu Gak Merasa Bersalah 

Beri dia pilihan lain sebagai alternatif 

Perasaan gak enak kerap muncul saat ada seorang teman yang meminta tolong bantuan atau apapun terhadapmu. Bukannya gak mau membantunya, namun saat itu memang situasi dan kondisimu sedang gak bisa berbuat apa-apa. Rasa gak enak pun selalu muncul karena kamu gak ingin terjadi konflik dengannya.

Akhirnya, kamu menuruti dan menerima permintaan dari temanmu. Tanpa berpikir bahwa kamu pun sebenarnya berat melakukannya. Bahkan jika permintaannya adalah sesuatu yang sangat gak kamu sukai, kamu pun menjadi terpaksa melakukannya.

Lantas, apa yang terjadi padamu setelah itu? Semakin gak enak dan merasa tertekan, bukan? Bukan suatu kejahatan jika kamu menolak permintaan teman.

Supaya sama-sama nyaman, berikut ini adalah cara halus menolak permintaan dari teman agar dia gak tersinggung dan kamu gak merasa bersalah.

1. Meminta maaf padanya 

5 Cara Halus Menolak Permintaan Teman agar Kamu Gak Merasa Bersalah ilustrasi berbicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Jangan ragu untuk meminta maaf pada teman yang permintaannya akan kamu tolak. Meski kamu gak melakukan sebuah kesalahan, tapi cara ini baik dan tepat untuk kamu lakukan ketika ingin menolak permintaan dari teman. Meminta maaflah secara halus dan sopan, ya.

Jika memang kamu gak bisa membantunya; saat dia meminta, ada baiknya kamu meminta maaf terlebih dulu padanya. Ini dilakukan agar dia gak terlalu berharap dari bantuanmu. Selain itu, dia gak akan tersinggung dan justru dia bisa lebih berempati terhadapmu sikapmu.

2. Menolak apa yang diminta dengan tetap ramah padanya 

5 Cara Halus Menolak Permintaan Teman agar Kamu Gak Merasa Bersalah ilustrasi bersikap ramah (pexels.com/Laura Tancredi)

Ketika temannya mengajukan permintaan padamu dan kamu benar-benar gak bisa menerimanya, gak apa-apa untuk menolaknya. Tolak permintaannya dengan tetap ramah pada orangnya. Itu gak akan menimbulkan konflik.

Menatap matanya dan berikan senyuman indahmu serta jelaskan mengapa kamu gak bisa menyanggupi atau menerima permintaan tersebut.

Untuk menjaga perasaan dia saat kamu menolaknya, kamu bisa mengatakannya dengan mengucapkan awalan ‘seandainya saja bisa’. Selanjutnya sampaikan alasan mengapa gak bisa.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman SMA adalah Teman Seumur Hidupmu

3. Tegaslah jika memang mau menolak 

5 Cara Halus Menolak Permintaan Teman agar Kamu Gak Merasa Bersalah ilustrasi bersikap tegas (pexels.com/Sam Lion)

Jangan bersikap membingungkan. Saat kamu sudah mengatakan tidak, maka tegaslah dengan itu. Katakan tidak padanya dengan nada lembut. Ini akan lebih efektif dan dia pun akan bisa menerima dan memahami penolakan darimu dengan baik.

Untuk melawan rasa gak enakan, kamu memang harus tegas. Namun, ingat tegas berbeda dengan sombong, ya. Percayalah dan yakin bahwa ini adalah cara yang bisa menemukan solusi untuk kedua belah pihak. Temanmu bisa menerima dengan lapang dada dan kamu pun juga berhasil melawan rasa gak enakan yang selama ini kamu miliki.

4. Berilah dia pilihan 

5 Cara Halus Menolak Permintaan Teman agar Kamu Gak Merasa Bersalah ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Gustavo Fring)

Saat ada temanmu yang meminta bantuan padamu dalam hal apapun dan kamu bisa membantunya, itu pasti akan membuat senang semuanya. Namun, saat situasinya gak memungkinkan untuk memberi dia bantuan, apalagi kalian sudah berteman dekat, wah pasti akan saling merasa canggung.

Misalnya, saat teman kamu meminta bantuan padamu untuk menemaninya makan malam bersama dan saat itu kamu sedang banyak pekerjaan, gak masalah jika kamu menolaknya. Katakan dengan halus padanya jika kamu masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan dan jangan lupa untuk memberikan pilihan padanya seperti bagaimana jika makan malamnya di ganti hari berikutnya.

Intinya adalah jangan hanya menolak saja, tetapi berikan juga pilihan lain sebagai alternatif agar dia gak merasa tersinggung dan sakit hati dengan penolakanmu. Gak apa-apa, kok. Faktanya memang kamu gak bisa. Daripada nanti kamu repot sendiri juga.

5. Meminta waktu untuk menjawab permintaannya 

5 Cara Halus Menolak Permintaan Teman agar Kamu Gak Merasa Bersalah ilustrasi berbicara (pexels.com/Anna Shvets)

Seseorang sering merasa terjebak dan bingung sendiri itu karena sikapnya yang terburu-buru saat memutuskan sesuatu. Oleh karena itu jika kamu merasa permintaan temanmu memberatkanmu, kamu bisa memintanya supaya memberikan waktu untuk berpikir terlebih dulu. Hal ini penting agar gak terjadi penyesalan dan kesalahpahaman di antara kalian.

Alangkah lebih baik jika kamu mempertimbangkan dulu segala risikonya. Setelah memikirkannya dengan matang, jika memang kamu gak bisa menerima permintaannya, katakan saja dengan lembut padanya bahwa kamu belum bisa menyanggupi apa yang dia minta. Percayalah, dia gak akan marah karena kamu juga sudah berusaha memikirkannya.

Memang akan terasa sulit untuk menolak permintaan dari seorang teman. Tapi, jika ingin benar-benar membantunya, sebaiknya lakukanlah dengan rasa ikhlas dan tanpa ada paksaan. Dengan begitu, kamu dan temanmu akan sama-sama merasa enak serta nyaman.

Kelima cara di atas bisa membantu kamu yang mungkin termasuk tipe orang yang gak enakan untuk menolak permintaan seseorang. Lakukanlah dengan sopan, halus dan pastinya logis sehingga kamu juga gak merasa bersalah saat menolaknya.

Baca Juga: 5 Cara Menolak Permintaan Orang Lain dengan Sopan, Gak Perlu Takut

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya