Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Baper biar Gak Selalu Salah

Hati-hati dalam berbicara

Istilah baper atau bawa perasaan biasanya ditujukan kepada orang-orang yang terlalu sensitif dalam menanggapi berbagai hal dan situasi. Biasanya yang sering mendapat julukan baper adalah cewek. Hal ini mungkin disebabkan cewek lebih banyak menggunakan perasaannya daripada cowok.

Namun, bukan berarti cowok gak bisa baper juga, dong. Pada dasarnya cowok itu memiliki perasaan juga, jadi bisa saja dia baper. Akan tetapi, gak banyak cowok yang menunjukkan bahwa dia adalah orang yang sensitif alias baperan. Wajar gak sebenarnya cowok seperti itu? Tentu, itu wajar saja.

Setiap kehidupan berjalan dengan penuh liku. Cewek maupun cowok juga pasti pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Jadi, wajar jika ada saatnya mereka merasakan baper. Namun, bukan hal yang mudah juga jika kamu mempunyai pasangan yang gampang baper. Nah, supaya gak selalu salah di matanya. Yuk, ikuti lima cara simpel saat menghadapinya.

1. Berusaha untuk tetap tenang 

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Baper biar Gak Selalu Salahilustrasi bersikap tenang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat pasangan kamu sedang baper, cobalah untuk tetap bersikap tenang. Sebaiknya kamu harus menahan emosi agar gak ikut baper juga. Jika kamu juga terbawa emosi, yang terjadi dia akan semakin baper, dan ini akan menyebabkan pertengkaran yang besar.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu tetap berusaha tenang dan menahan emosi negatif yang saat itu muncul. Saat kamu bersikap tenang, kamu pun menjadi lebih bisa berpikir dengan baik, sehingga saat pasanganmu sudah gak baper lagi, kamu bisa bertindak yang tepat dalam menghadapinya agar masalah gak melebar.

2. Cobalah puji pasanganmu 

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Baper biar Gak Selalu Salahilustrasi memuji pasangan (pexels.com/Jonathan Borba)

Terkadang cewek atau cowok bisa menjadi sangat sensitif alias baperan karena dia merasa masih ada kekurangan dari dirinya. Misalnya, saat kamu sedang membutuhkan bantuannya, tapi saat itu dia gak bisa membantumu karena suatu hal. Di saat itulah dia bisa menjadi baper. Dia merasa bahwa dia kurang pantas atau kurang baik karena gak bisa mengusahakan sesuatu untuk tetap membantumu.

Jangan biarkan hal itu berlarut lama, karena dapat membuat hubungan baikmu dengannya menjadi rusak. Sebelum terjadi masalah dalam hubungan kalian, segera ambil tindakan agar ke-baperannya bisa menghilang yaitu dengan cara memujinya. Pujilah dia dengan respons baik dan usaha yang sudah dia lakukan saat berusaha membantumu. Dijamin rasa percaya dirinya pasti akan meningkat dan gak baper lagi.

3. Lakukan sesuatu hal yang menyenangkan dan positif 

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Baper biar Gak Selalu Salahilustrasi menonton film (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Saat terjadi sesuatu dan dia menjadi baper, daripada saling diam saja. Lebih baik, kamu mencoba memberi dia hiburan. Misalnya, dengan mengajaknya untuk menonton film, makan malam romantis bersama atau hangout ke tempat yang kalian sukai.

Jika dia sedang ingin sendiri atau pergi untuk berkumpul bersama teman-temannya, biarkanlah saja dan jangan melarangnya. Membiarkan dia untuk memiliki ruang pribadi atau bertemu dengan temannya itu juga bisa membantunya dalam mengatasi rasa baper, sehingga suasana hatinya akan membaik kembali.

Baca Juga: 5 Sebab Orang Mau Berhubungan Baik sama Mantan, Anti Baper-baper Club

4. Kenali dia lebih dalam 

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Baper biar Gak Selalu Salahilustrasi menatap (pexels.com/Katerina Holmes)

Jika kamu belum mengenal pasanganmu lebih dalam, tentu sikap dan perbuatannya akan mudah membuat kamu tersinggung bahkan tersakiti. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengenali lagi kepribadian pasanganmu.

Dengan begitu, kamu akan bisa memahami dia lebih baik lagi. Jika suatu saat nanti dia mulai sensitif alias baper lagi, kamu bisa mencari tahu apa penyebab dia merasa seperti itu. Hal ini tentu akan bermanfaat dalam hubungan kalian supaya bisa semakin harmonis dan langgeng.

5. Hati-hati saat berbicara dengannya 

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Baper biar Gak Selalu Salahilustrasi berbicara (pexels.com/Trần Long)

Mau itu cewek atau cowok, seseorang yang sensitif akan mudah merasa tersinggung. Pernah berhadapan dengan teman yang saat diajak bercanda tapi dibalas dengan serius dan candaanmu dipikirkan terus secara berlebihan? Nah, itu adalah salah satu ciri dari orang yang berkepribadian sensitif. Jika pasanganmu juga seperti itu, gak perlu khawatir, selalu ada cara untuk menghadapinya.

Berhadapan dengan pasangan yang sensitif, kamu perlu menjaga kata-kata saat berbicara dengannya. Berhati-hatilah dalam mengucapkan kalimat. Pilih kata-kata yang baik dan enak didengar. Ada baiknya juga jika kamu menghindari sarkasme, ini supaya dia gak salah memahaminya.

Jangan terbawa emosi dan terburu-buru memutuskan hubungan dengannya. Jika pasanganmu adalah tipe orang yang sensitif, itu gak buruk, kok. Lakukan kelima cara di atas untuk menghadapinya. Jika kamu benar-benar tulus mencintainya, pasti kamu akan menerima dan memahami sifatnya yang gampang baper itu.

Baca Juga: Mantan Cerita tentang Pacar Barunya? Ini 5 Tips agar Gak Baper 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya