Comscore Tracker

5 Cara Menyelamatkan Hubungan Asmara yang Nyaris Kandas 

Mengembalikan keakraban bersama pasangan yang dulu ada  

Saat hubungan asmaramu dengannya sudah gak harmonis, kepercayaan satu sama lain sudah berkurang, mungkin satu-satunya solusi yang terpikirkan olehmu adalah mengakhiri hubungan. Padahal tak selamanya seperti itu.

Sebenarnya masih ada yang bisa kamu lakukan supaya hubungan asmaramu gak kandas. Asalkan kamu dan dia masih saling mencintai dan ingin memperjuangkan hubungan tersebut. Inilah lima hal yang harus dilakukan untuk menyelamatkan hubungan asmara yang nyaris kandas.

1. Mau untuk saling mendengarkan 

5 Cara Menyelamatkan Hubungan Asmara yang Nyaris Kandas ilustrasi saling mendengarkan (pexels.com/Mehrad Vosoughi)

Saat hubunganmu sudah seperti di ujung tanduk, memang sulit rasanya untuk menemukan momen indah dan menciptakan kehangatan dalam setiap pertemuan. Alangkah baiknya jika kamu dan dia menghindari terjadinya perdebatan yang bisa membuat emosi satu sama lain.

Nah, supaya gak terjadi pertengkaran, cobalah untuk saling mengurangi ego dan saat ada yang sedang berbicara, sebaiknya dengarkanlah dulu. Beri kesempatan untuk saling berbicara dan mendengarkan. Ini akan sangat membantu memperbaiki kondisi hubungan yang mulai retak dan membuat suasana hati kalian menjadi lebih tenang.

2. Belajar untuk terbuka  

5 Cara Menyelamatkan Hubungan Asmara yang Nyaris Kandas ilustrasi berbicara (pexels.com/Katerina Holmes)

Ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa hubunganmu gak harmonis dan hampir putus seperti ini. Kurangnya keterbukaan satu sama lain bisa menjadi masalah dalam sebuah hubungan. Hubungan asmara yang langgeng dan membahagiakan itu bisa kamu dapatkan, asal mau saling terbuka.

Cobalah memulai untuk terbuka terhadap pasangan kamu supaya komunikasi bisa terjalin dengan baik, sehingga kesalahpahaman dalam hubungan bisa terhindarkan. Kamu bisa mulai dengan cara mengungkapkan apa yang kamu senangi dan gak, serta katakan juga padanya tentang keinginan dan harapanmu dalam hubungan. Begitu pula dengan dia, sehingga kalian akan bisa lebih mengenal dan memahami.

Baca Juga: 5 Hal yang Memicu Rasa Bosan dalam Hubungan Asmara

3. Bangun lagi kepercayaan yang rusak 

5 Cara Menyelamatkan Hubungan Asmara yang Nyaris Kandas ilustrasi menatap (pexels.com/Trần Long)

Jika hubunganmu menjadi renggang dan nyaris putus karena rusaknya kepercayaan, maka mulailah perbaiki dan bangun lagi secara perlahan, selangkah demi selangkah. Cobalah untuk saling menaruh kepercayaan lagi terhadap pasangan.

Kepercayaan penting dalam percintaan karena sebagai fondasi kuat yang mendasari keharmonisan hubungan. Oleh karena itu, tunjukkanlah juga dengan sikap dan perbuatan. Cobalah untuk yakin terhadap perasaan sayang dan cinta dalam hati masing-masing. Kurangilah untuk saling mencurigai, dengan cara menghormati dan menjaga kepercayaan yang sudah diberi.

4. Jangan bercerita tentang masalah hubungan kepada banyak orang 

5 Cara Menyelamatkan Hubungan Asmara yang Nyaris Kandas ilustrasi percakapan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selagi hubungan masih bisa diperbaiki, maka sebaiknya hindari bercerita ke banyak orang. Membawa permasalahan dalam hubungan percintaan antara kamu dan dia ke luar belum tentu bisa menyelesaikan konflik yang terjadi.

Kamu perlu berhati-hati jika mau bercerita, karena bisa saja orang-orang yang kamu ajak berdiskusi menggiring kamu kepada opini yang kurang objektif. Bukannya masalah terselesaikan dan mendapat solusi, justru malah bisa semakin memperbesar dan keadaan semakin gak baik nantinya.

5. Berikan kebebasan kepada pasangan 

5 Cara Menyelamatkan Hubungan Asmara yang Nyaris Kandas ilustrasi pasangan (pexels.com/Анастасия Триббиани)

Jika kamu ingin mempunyai hubungan asmara yang sehat, maka satu sama lain gak boleh saling memaksakan kehendaknya. Pahamilah bahwa kedua pasangan itu sama-sama memiliki haknya masing-masing.

Beri pasangan kebebasan untuk memilih dan melakukan apa pun selama itu masih dalam batas wajar. Begitu pula dengan kamu, pilih dan lakukanlah apa yang kamu inginkan. Tak saling melarang dan memberi kebebasan pada pasangan, justru bisa membuat hubungan hangat kembali.

Kelima cara di atas bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan hubungan asmara dengan pasangan yang hampir kandas. Namun, ingatlah bahwa cara-cara tersebut berlaku untuk hubungan yang masih memiliki kemungkinan untuk diselamatkan dan ada keinginan dari kedua pihak untuk saling memperbaiki.

Akan tetapi, jika pasanganmu ternyata menunjukkan sikap yang toxic dan membuatmu semakin tertekan, sehingga kamu gak bahagia. Maka, kamu boleh mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Pahami dari Cowok Cuek dalam Hubungan Cinta

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya