Comscore Tracker

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!

Semoga hubungan kalian baik-baik saja

Pernikahan adalah momen istimewa yang dikehendaki terjadi sekali seumur hidup. Karena dikehendaki terjadi satu kali, maka prosesi pernikahan diharapkan penuh kesempurnaan. Sayangnya ada tujuh masalah yang mengancam kesempurnaan pernikahan itu. Pastikan kamu mengantisipasinya dari sekarang. 

1. Godaan KSBB (Kelingan Seng Biyen-biyen) alias ingat yang dulu-dulu.

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!theguardian.com

Kembalinya mantan pacar adalah godaan manis. Ia yang dulu sering mengisi canda-tawa beserta isak-tangis hari-harimu, mendatangimu lagi. Bukan tidak mungkin kamu bakal jatuh hati kedua kali padanya. Tetapi ingatlah bahwa kamu sudah merencanakan menghabiskan sisa hidupmu dengan orang lain.

2. Kemunculan orang baru yang membuatmu terpesona.

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!freakyguyarts.deviantart.com

Bila suatu waktu kamu bertemu dengan seseorang yang mampu membuatmu terpesona daripada si calon mempelai, bagaimanakah sikapmu? Apalagi kalau orang itu lebih mampu memahami, setia dan mempunyai segudang kelebihan lain yang selama ini kamu cari. Kekurangannya hanya satu, yaitu belum berjanji untuk sehidup-semati bersamamu. Apa yang akan kamu lakukan?

3. Keyakinan yang tak pasti terus mendera.

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!careleader.org

Meskipun sudah memutuskan menikah, terkadang perasaan ragu terus datang mendera. Perasaan ragu ini menunjukan bahwa kita belum yakin sepenuhnya dengan pernikahan tersebut. Biasanya keraguan yang datang adalah pertanyaan berupa, “Benarkah dia adalah orang yang aku ingin habiskan sisa hidupku bersama?”.

4. Pertengkaran makin sering terjadi.

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!500px.com

Menjelang hari yang telah direncanakan, tekanan psikologis bagi masing-masing mempelai akan membesar. Tekanan psikologis ini akan menimbulkan kecemasan, ketakutan, dan berbagai perasaan buruk yang lainnya. Kalau tidak dikelola dengan baik, maka perasaan buruk itu bisa menyebabkanmu lebih sering bertengkar meskipun hanya sebuah masalah sepele.

Baca Juga: Tes, Yuk! Kamu Termasuk yang Bakal Menikah di Usia 20-an atau 30-an?

5. Keluarga turut campur tangan terlalu banyak.

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!suddenlysolo.org

Masing-masing mempelai pastilah memiliki rencananya tersendiri untuk konsep pernikahan mereka. Namun ada kalanya orang tua ingin ikut “membantu” yang kemudian malah campur tangan terlalu banyak. Apalagi kalau orang tua atau mertua adalah tipe yang posesif terhadap anak mereka. Lalu apakah kamu sudah memikirkan untuk menengahi keinginanmu dengan keinginan orang tua terkait konsep pernikahan?

6. Tiba-tiba ada panggilan tugas kerja yang tidak bisa ditolak.

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!itproportal.com

Apa yang akan kamu lakukan kalau harus memilih di antara pekerjaan atau pasangan? Bila semisal mendadak sebelum hari pernikahan muncul tawaran kerja untuk profesi yang kamu idam-idamkan. Sayangnya pekerjaan tersebut memiliki syarat agar pegawainya masih berstatus lajang. Ada tiga solusi; berpura-pura lajang, memilih pekerjaan, atau istirahat dari segala jenis hubungan asmara. Bisakah kamu melakukannya?

7. Ada kebutuhan lain yang lebih mendesak.

Antisipasi Saja, Ini 7 Hal yang Berpotensi Bisa Membatalkan Pernikahan!unsplash.com

Saat mendekati hari yang direncanakan, ternyata muncul kejadian yang membutuhkanmu secara lebih mendesak. Contohnya saja orang tua tiba-tiba terkena sebuah penyakit yang mengharuskannya untuk terus berobat dan menghabiskan banyak uang. Apakah kamu rela menunda pernikahan karena anggarannya dialihkan untuk biaya berobat?

Manusia berencana, tetapi Tuhan yang menentukan. Kita tak pernah tahu takdir yang dipersiapkannya. Tetapi paling tidak, kita bisa mengantisipasi kalau muncul hal-hal yang tidak diinginkan. Tak ada salahnya untuk selalu memiliki rencana cadangan, bukan?

Baca Juga: Jangan Menikah Sebelum Kamu Jujur Menjawab 11 Pertanyaan Ini!

Topic:

Berita Terkini Lainnya