Comscore Tracker

5 Alasan Memutus Persahabatan Terasa Lebih Buruk daripada Putus Cinta

#IDNTimesLife Jaga baik-baik sahabatmu

Saat kehilangan sahabat, kamu akan merasakan sepi dan sedih yang mendalam. Kalau putus cinta, kamu tetap memiliki sahabat yang mendukungmu untuk move on. Hal ini disampaikan oleh Meredith Silversmith, Relationship Coach dan Marriage & Family Therapist berlisensi di New York, dalam Seventeen.com.

Lain halnya perpisahan dengan sahabat. Tidak ada dukungan seperti putus cinta dan dampaknya bisa lebih buruk. Silversmith pun menjelaskan beberapa alasan mengapa mengakhiri persahabatan lebih buruk dari putus cinta.

1. Saat mulai bersahabat, kamu sama sekali tidak berekspektasi hubungan kalian akan berakhir

5 Alasan Memutus Persahabatan Terasa Lebih Buruk daripada Putus Cintaunsplash.com/Michelle Sharp

Saat kamu mulai berkencan dengan orang baru, dalam lubuk hatimu mungkin punya antisipasi kalau hubungan tak berhasil. Namun, tidak saat kamu bersahabat. Saat persahabatan berakhir, kamu merasa lebih terguncang karena tak pernah mengira itu terjadi.

2. Kamu bisa menjadi diri sendiri saat bersama sahabatmu

5 Alasan Memutus Persahabatan Terasa Lebih Buruk daripada Putus Cintaunsplash.com/Eli DeFaria

Saat bersahabat, kamu cenderung menunjukkan lebih banyak tentang dirimu padanya. Sahabatmu adalah orang yang paling mengenalmu, sehingga untuk mengakhirinya adalah sebuah pukulan untuk dirimu sendiri.

3. Dibandingkan dengan proses berpacaran, kamu lebih cepat dekat dengan seorang teman

5 Alasan Memutus Persahabatan Terasa Lebih Buruk daripada Putus Cintafreepik.com/@tirachardz

Saat kamu dekat dengan pacar, kamu mungkin harus membuat pengalaman bersama. Namun, kamu mempunyai banyak batasan sehingga kedekatan dan intensitasnya berjalan perlahan.

Kalau bersahabat, kamu cenderung lebih cepat dekat dan akrab. Karenanya saat kehilangan sahabat, kamu pun kehilangan pengalaman bersamanya.

Baca Juga: 5 Tips biar Kamu Selalu Ada bagi Sahabat saat Mengalami Masa Sulit

4. Kamu mudah menggabungkan duniamu sehari-hari dengannya

5 Alasan Memutus Persahabatan Terasa Lebih Buruk daripada Putus Cintafrepik.com/@wayhomestudio

Dengan tak ada batasan, kamu mudah memperkenalkan sahabat ke keluargamu. Kamu menempatkan sahabat di bagian terbesar dalam duniamu. Kamu pun menjadi bagian penting dari hidupnya dan orang terdekatnya.

Berbeda dengan orang pacaran, kamu mungkin perlu jaga image di awal pertemuan. Seluruh dunianya mungkin baru benar-benar kamu ketahui setelah kalian hidup sah dalam satu atap.

5. Mereka mengetahui semua tentangmu

5 Alasan Memutus Persahabatan Terasa Lebih Buruk daripada Putus Cintaunsplash.com/priscilla du preez

Sahabat adalah orang yang kamu percayai tentang hal sulit dalam hidupmu. Saat orang yang dipercayai itu hilang, kamu terguncang.

Kamu seakan-akan tidak tahu harus mempercayai siapa lagi. Selain itu, kamu pun mempunyai keresahan tersendiri karena mengetahui ada orang yang tidak dekat denganmu dan tidak tahu semua tentang dirimu.

Itu dia alasan kenapa kamu lebih kehilangan saat mengakhiri persahabatan dibandingkan dengan putus cinta. Persahabatan adalah hal yang penting untuk dijaga. Jadi, jangan sampai hubungan kalian terputus ya!

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Bisa Gak Laki-laki & Perempuan Hanya Menjadi Sahabat?

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya