Comscore Tracker

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmen

#ANGPOIN Sudah pahamkah dengan arti komitmen?

Komitmen adalah tanda sebuah keseriusan seseorang dalam sebuah hubungan cinta untuk menuju pernikahan. Komitmen bukanlah sebuah hal yang bisa diucapkan dengan mudah. Terdapat tanggung jawab dan konsekuensi di dalamnya.

Itulah kenapa tidak semua orang bisa menjalankan komitmen seutuhnya dengan orang yang mereka cintai. Tak sedikit orang yang justru mundur dalam sebuah komitmen, meski masih mencintai pasangannya. Kenapa? Berikut alasannya.

1. Perselingkuhan

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmendramabeans.com

Alasan paling umum seseorang meninggalkan suatu hubungan adalah karena dia telah terhubung dengan cinta yang lain. Kesetiaan adalah hal yang sakral dalam sebuah hubungan. Sehingga perselingkuhan menjadi alasan utama bagi siapapun untuk memutuskan satu ikatan cinta.

Sebagian orang terkadang tetap mencoba untuk memperbaiki hubungan mereka karena telah terikat dengan sebuah komitmen. Namun, pengkhianatan terhadap kepercayaan adalah momok dalam sebuah hubungan. Pada akhirnya, hubungan tersebut tetap tak bisa bertahan saat suatu perselingkuhan pernah terjadi.

2. Rasa bosan

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmendramabeans.com

Banyak orang tidak menyadarinya, keamanan dan kenyamanan hubungan tidak selalu membawa kebahagiaan bagi kedua pasangan. Ketika mereka mengetahui begitu banyak tentang satu sama lain sehingga mereka dapat secara akurat mengetahui setiap pikiran, perasaan, dan reaksi pasangannya, terkadang hal ini justru memunculkan rasa bosan.

Seringkali, hanya satu pasangan yang mulai merasa bosan, tetapi tidak ingin menyakiti yang lain dengan mengakuinya. Dipendamnya perasaan tersebut pada akhirnya menjadi sebuah bom waktu. Sehingga saat sebuah konflik hadir, hal ini dijadikan alasan untuk meninggalkan sebuah komitmen.

3. Lelah dengan banyaknya pertengkaran

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmendramabeans.com

Perselisihan yang terus-menerus dan berkelanjutan akan merusak hubungan apa pun. Argumen yang berulang dan tidak terselesaikan paling sering menghasilkan sebuah hubungan yang tidak sehat.

Pada akhirnya tidak mengherankan jika salah satu pihak memutuskan untuk pergi. Pertengkaran dalam sebuah hubungan memang diperlukan untuk membangun kedewasaan satu sama lain. Namun jika terlalu sering, itu hanya membuat seseorang lelah secara mental dan fisik.

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Hubungan Tulus dan Tidak, Kamu yang Mana?

4. Salah satu pihak mengalami terlalu banyak krisis hidup

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmendramabeans.com

Tidak peduli berapa banyak kualitas baik yang ada di dalamnya, hubungan apa pun pada akhirnya akan berantakan jika salah satu pihak menghadapi terlalu banyak tantangan traumatis. Kerugian finansial, penyakit fisik atau emosi, tekanan keluarga, tuntutan karier baru, atau perbedaan keyakinan dapat membuat sebuah hubungan terputus.

Akibatnya, satu pasangan mungkin menyalahkan yang lainnya atau menjadi terlalu lelah untuk mempertahankannya. Pada akhirnya mereka merasa harus keluar untuk menyelamatkan diri.

5. Berubahnya tujuan dan impian bersama

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmendramabeans.com

Ketika sepasang kekasih memutuskan untuk berkomitmen, mereka akan berbagi mimpi dan tujuan yang sama. Sayangnya, keinginan-keinginan awal itu dapat berubah untuk satu sama lain.

Seiring waktu, salah satu pihak akan menemukan bahwa tujuan dan impian awal mereka telah berubah dan tidak lagi saling menguntungkan. Perbedaan itu pada akhirnya menciptakan sebuah krisis dalam hubungan.

Orang-orang dapat mengubah keyakinan agama mereka, harapan hubungan, kelompok sosial, pandangan politik, komitmen keluarga, karier, gaya pengasuhan anak dan bagaimana konflik harus diselesaikan.

Ketika pasangan memiliki komunikasi yang baik, dan cinta mereka utuh, perbedaan itu dapat meningkatkan kualitas hubungan. Namun jika komunikasi mereka tidak baik, biasanya salah satu dari mereka akan memutuskan pergi dengan alasan sudah tak sejalan lagi.

6. Tidak siap dengan tanggung jawab

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmendramabeans.com

Banyak orang awalnya sepenuhnya berniat untuk tumbuh dalam sebuah komitmen. Namun, beberapa waktu kemudian menyadari bahwa tanggung jawab dari hubungan seumur hidup adalah terlalu berat untuk mereka.

Tanggung jawab finansial, anak-anak, pilihan karier yang penuh kompromi dan berkomitmen seumur hidup dengan seseorang terlalu menakutkan bagi mereka. Meskipun sepenuhnya bersungguh-sungguh ketika menjanjikan kehidupan itu kepada orang yang dicintainya, mereka kemudian merasa terperangkap oleh janji-janji tersebut.

Orang-orang ini mungkin takut tumbuh dewasa, karena rasanya seperti terjebak dan terbatas. Mereka ingin kembali ke masa sebelumnya dalam hidup mereka, ketika mereka bebas untuk pergi ke mana pun mereka inginkan.

7. Merasakan telah membuat keputusan salah di awal hubungan

7 Alasan Seseorang Mundur Dalam Sebuah Hubungan Berkomitmendramabeans.com

Tidak sedikit orang yang merasakan penyesalan dalam sebuah hubungan. Mereka tahu sejak awal bahwa keputusan yang mereka ambil keliru. Namun mereka tetap memaksakan berkomitmen dengan berbagai alasan.

Mungkin mereka terjebak dalam kegembiraan saat itu, ataupun karena mereka tidak bisa mengecewakan orang yang telah mereka janjikan. Pada kondisi ini banyak yang menyangkal konflik dalam diri mereka sendiri dan tetap memaksakan hubungan itu agar tetap berhasil.

Sayangnya urusan perasaan tidak bisa kita paksakan. Pada titik tertentu ketika konflik internal memuncak, seringkali tanpa dicurigai pasangannya, mereka merasa dipenjara dan tidak bisa tinggal dan memilih untuk pergi dari sebuah hubungan.

Itulah tujuh alasan kenapa seseorang meninggalkan sebuah komitmen yang telah mereka ucap. Komitmen bukan hanya tentang kata-kata, tetapi memahaminya dan membuktikannya dengan action.

Baca Juga: Bukan Pemberi Harapan Palsu, Ini 5 Tanda Kamu Cowok yang Berkomitmen

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya