Comscore Tracker

Jangan Ketinggalan, 5 Hal Ini Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu

Kurangi jajan kopi, guys~ Ayo hemat!

Apa kabar tahun 2018-mu? Apakah masih merasa belum mengalami perubahan hidup? Sudahkah kamu menulis resolusi tahun depan? Hmm, tapi jangan sekadar ditulis ya. Harus dilakukan supaya kehidupanmu tahun depan lebih terarah.

Tapi, perlu diingat lagi bahwa resolusi itu gak perlu yang hebat. Sesungguhnya hal kecil dari perilaku kitalah yang semestinya diubah. Nah, saat kamu menulis resolusi, sebaiknya 5 hal ini gak luput ya! Bagaimanapun, hal-hal di bawah ini akan mempengaruhi hidupmu tak cuma di tahun depan tapi juga di tahun-tahun selanjutnya.

1. Mulai makan makanan sehat

Jangan Ketinggalan, 5 Hal Ini Wajib Ada di Resolusi Tahun BarumuPexels/Pixabay

Belanja sayur, buah, daging secukupnya lalu masak sendiri. Kurangilah jajan makanan di luar karena kita tidak tahu bagaimana kebersihan dapurnya. Ingat, makan makanan sehat adalah langkah awal untuk menjaga tubuh kita lho. Tak cuma dari penyakit berat, makanan sehat juga akan menjaga tubuh dari penyakit ringan seperti flu, radang, atau sekadar sakit kepala.

Jadi, mulai tanggal 1 Januari nanti yuk dimulai makan makanan sehat. Rajin-rajin makan sayur dan buah ya!

2. Zero waste!

Jangan Ketinggalan, 5 Hal Ini Wajib Ada di Resolusi Tahun BarumuPexels/Rawpixel

Jadi isu serius di akhir tahun 2018, sampah plastik di Bumi ternyata makin banyak dan mengancam seluruh makhluk hidup. Beberapa tempat makan sudah mulai tidak menyediakan sedotan plastik minuman. Beberapa juga sudah tidak menggunakan kantong plastik. Nah, demi turut serta melestarikan bumi, tahun depan kita harus membiasakan untuk tidak menggunakan plastik.

Kalau jajan kopi, biasakan bawa tumblr sendiri. Kalau beli makanan, gak usah malu bawah toples makan sendiri. Atau, kalau belanja jangan lupa bawa kantong tas sendiri ya. Tentunya resolusi ini gak cuma baik buat dirimu tapi juga buat lingkungan.

3. Menabung setiap bulan, jangan lupa sedekah

Jangan Ketinggalan, 5 Hal Ini Wajib Ada di Resolusi Tahun BarumuPexels/Pixabay

Kalau tahun 2018 kamu merasa miskin, barangkali karena tidak menabung. Makanya, tahun depan harus lebih disiplin lagi menyisihkan sebagian rezekimu untuk ditabung dan disedekahkan.

Tabungan akan membantu finansialmu di masa depan. Sementara, sedekah akan melancarkan rezekimu kelak. Percayalah, setiap yang kamu berikan dengan ikhlas kepada orang lain, suatu saat akan kembali padamu kok. Sedekah pun tak perlu dalam nominal besar, seikhlasnya saja.

Baca Juga: Terus Berkembang, 5 Hal Ini Harus Jadi Resolusimu di Tahun Baru

4. Banyak baca buku

Jangan Ketinggalan, 5 Hal Ini Wajib Ada di Resolusi Tahun BarumuPexels/Min An

Sayangi otak, sayangi matamu juga. Jangan terlalu sering terpaku pada layar ponsel. Perbanyak membaca buku karena otakmu akan selalu butuh pengetahuan baru. Jangan lelah untuk mempelajari sesuatu supaya di masa depan kamu tidak tersesat.

5. Rajin bersih-bersih kamar

Jangan Ketinggalan, 5 Hal Ini Wajib Ada di Resolusi Tahun BarumuPexels/Daria Shevtsova

Nah, ini nih yang sepele tapi penting banget jadi resolusimu tahun depan! Sesibuk apa pun dirimu, tetap harus menjaga kebersihan kamar ya! Khususnya kamu yang tinggal di kosan, wajib banget menyapu setiap hari, mengepel setiap minggu, dan buanglah barang-barang yang tidak perlu.

Membersihkan kamar juga bagian dari menyayangi tubuhmu. Kalau kamarmu bersih, tubuhmu akan jarang terkontaminasi debu yang berbahaya. Kesehatanmu pun semakin terjaga, setuju?

Pokoknya, hidup tahun depan harus lebih baik dan bahagia ya! Pastikan 5 hal sederhana di atas ada di dalam resolusimu. Selamat tahun baru!

Baca Juga: Apa yang Membuat Seseorang Gak Bikin Resolusi Tahun Baru?

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya