Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Rasa Insecure dalam Hubungan Bisa Mengundang Masalah

#IDNTimesLife Jangan diteruskan, ya!

Hubungan yang sering bermasalah biasanya akan rentan menghadapi perpisahan. Apalagi awal mulanya terjadi karena diakibatkan perasaan insecure, entah terjadi pada kamu atau pasanganmu.

Jika sudah demikian, jangan tinggal diam dan masa bodoh saja. Karena rasa insecure yang terjadi dalam hubungan bisa jadi masalah besar nantinya jika gak lekas diselesaikan. 

Sebenarnya apa saja alasan insecure dalam hubungan bisa mengundang masalah? Yuk, simak pembahasan berikut ini agar kamu tahu cara mengatasinya.

1. Merasa insecure bikin rasa cemburu gak terkendali

5 Alasan Kenapa Rasa Insecure dalam Hubungan Bisa Mengundang Masalahunsplash.com/Blake Carpenter

Rasa insecure yang terus dipelihara dalam hubungan bikin kamu atau pasangan bisa terjebak dalam cemburu buta. Cemburu buta terjadi karena diri sendiri merasa tak aman dalam hubungan, cemburu yang ditunjukkan bukan jadi pertanda sayang atau takut kehilangan melainkan ketidakpercayaan yang bisa menimbulkan masalah. 

2. Kurangnya rasa percaya bikin hubungan dipenuhi kecurigaan

5 Alasan Kenapa Rasa Insecure dalam Hubungan Bisa Mengundang Masalahunsplash.com/Toa Heftiba

Merasa insecure dalam hubungan bisa disebabkan pengalaman gak enak di masa lalu atau merasa diri sendiri tak cukup baik untuk pasangan. Jika dibiarkan terus maka timbul perasaan ragu yang justru membuat hubungan jadi bermasalah. Rasa curiga akan selalu hadir dalam hubungan, rasa curiga yang lambat laun merusak hubungan karena dasar hubungan yang sudah gak terlalu kuat.

3. Hubungan jadi stuck alias gak berkembang

5 Alasan Kenapa Rasa Insecure dalam Hubungan Bisa Mengundang Masalahunsplash.com/engin akyurt

Apakah kamu merasa hubunganmu gak ada kemajuan? Bahkan terasa seperti gak ada perkembangan yang baik di dalamnya. Merasa insecure akan membuat hubungan sulit berjalan bersama untuk mencapai satu tujuan.

Fokus pada rasa insecure gak akan membawa dampak baik apa-apa kecuali perasaan gak nyaman dan cemas berlebihan. Merasa insecure juga bikin diri sendiri fokus memandang kekurangan atau masalah dibanding hal positif yang bagus buat mendorong hubungan semakin berkembang.

Baca Juga: Berhentilah Merasa Insecure dengan Batas Kemampuanmu, Ini 5 Alasannya!

4. Salah satu akhirnya merasa lelah dan jenuh

5 Alasan Kenapa Rasa Insecure dalam Hubungan Bisa Mengundang Masalahpexels.com/Samson Katt

Gak semua orang bisa sabar menghadapi perasaan insecure pasangannya, misalnya saja kamu terus-menerus merasa insecure tanpa berusaha lepas dari itu. Maka, perlahan-lahan pasangan akan merasa lelah dan jenuh sebab sikap dan tindakanmu bisa membuat hubungan jauh dari kata harmonis dan juga sehat.

Meksipun selama ini pasangan sudah berusaha mendukung dan memberimu semangat untuk lepas dari insecure.

5. Akhirnya overthinking berlebihan bikin diri sendiri gak tenang menjalani hubungan

5 Alasan Kenapa Rasa Insecure dalam Hubungan Bisa Mengundang Masalahpexels.com/Samson Katt

Insecure bisa bikin seseorang menjadi mudah memikirkan hal-hal yang sebenarnya dia ciptakan di kepalanya sendiri. Hal yang seharusnya gak membuatnya dalam kesulitan, yang akhirnya berimbas pada hubungan. Karena overthinking bisa membuat seseorang sulit berpikir secara jernih, yang dipikirkan hanyalah hal buruk pada dirinya atau hubungan.

Well, kalau masih bisa kamu atasi dan bicarakan bersama pasangan maka lakukanlah secepatnya. Insecure dalam hubungan hanya akan menyulitkan nantinya, jangan sampai hubunganmu jadi bermasalah dan akhirnya harus berpisah karena tak menemukan kenyamanan lagi di dalamnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Kita Insecure untuk Membuka Hati

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya