Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Setelah Putus Cinta Kamu Merasa Sangat Kesepian

#IDNTimesLife Gak masalah kok, asal jangan berkepanjangan ya

Merasa kecewa, sedih dan marah ketika saat baru saja putus cinta tentu hal yang lumrah kalau kamu mengalaminya. Hal itu jadi bagian dari perasaan kehilangan seseorang yang sempat mengisi dan juga membahagiakan kamu pada masa-masa yang lalu.

Nah selain mengalami perasaan tersebut, selepas putus cinta kamu pasti akan mengalami kesepian dalam beberapa waktu. Sebenarnya hal itu wajar saja terjadi, kenapa demikian? Yuk, cek poin-poin berikut ini.

1. Kamu masih menyesuaikan diri

5 Alasan Logis Kenapa Setelah Putus Cinta Kamu Merasa Sangat Kesepianpexels.com/Đỗ Ngọc Tú Quyên

Wajar sebenarnya kalau awal-awal putus hubungan kamu merasakan kesepian. Hal itu sebabkan karena kamu masih berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan dan status yang baru. Kamu mungkin dulu terbiasa saling menelepon ketika di malam hari, namun kini kamu gak lagi melakukannya.

Semakin cepat kamu menyesuaikan diri dan berusaha move on, maka kemungkinan besar kamu gak akan lagi merasakan kesepian.

2. Salah satu teman curhat terbaikmu kini harus pergi

5 Alasan Logis Kenapa Setelah Putus Cinta Kamu Merasa Sangat Kesepianpexels.com/Lisa Fotios

Kamu terbiasa bercerita atau berkeluh kesah padanya, tentang banyak hal yang dirasakan selama ini. Namun setelah kalian berpisah, kamu merasa kehilangan salah satu teman curhat terbaikmu.

Kamu masih merasa gak nyaman atas alasan putusnya kalian, sehingga menimbulkan perasaan kesepian. Apalagi ketika kamu butuh teman curhat ketika sedang ingin menumpahkan segenap yang kamu rasakan di hati.

3. Kamu terbiasa bergantung padanya

5 Alasan Logis Kenapa Setelah Putus Cinta Kamu Merasa Sangat Kesepianpexels.com/Andrea Piacquadio

Sebenarnya terlalu clingy dan bergantung pada pasangan bisa membuatmu kesulitan suatu saat nanti. Terutama di saat kalian sudah berpisah, karena kamu sering mengandalkannya dan apa pun yang kamu lakukan harus atas persetujuannya.

Akhirnya setelah kalian putus hubungan kamu merasa gak mampu melakukan semuanya seorang diri. Kamu merasa sangat membutuhkannya walau nyatanya kamu bisa melakukannya sendiri. Alhasil karena terus terpuruk dan gak mampu, timbullah perasaan kesepian karena merasa gak ada yang membantu dan menemanimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat agar Cepat Move On dari Mantan

4. Masih merasakan kehilangan yang cukup dalam

5 Alasan Logis Kenapa Setelah Putus Cinta Kamu Merasa Sangat Kesepianpexels.com/Andi Alexander

Perasaan kehilangan pasti akan menghantui pada awal-awal kamu dan dia putus hubungan. Sehingga kesepian selalu datang menghampiri karena kamu merasa kepergiannya cukup sulit diikhlaskan.

Kamu masih berharap kehadirannya dalam hidupmu, masih berharap dia jadi bagian dari orang-orang yang mengisi hari-harimu. Sehingga kamu sulit menepis rasa kesepian yang hadir akibat masih merasakan fase awal-awal putus cinta.

5. Terlalu fokus mengenang masa lalu saat bersamanya

5 Alasan Logis Kenapa Setelah Putus Cinta Kamu Merasa Sangat Kesepianpexels.com/cottonbro

Memang kenangan bersamanya gak bisa kamu lupakan semuanya, karena di antara kenangan itu pasti ada momen indah yang kalian punya. Namun terlalu fokus meratapi kepergian mantan dengan terus mengenang masa lalu bersamanya, hanya akan membuatmu makin kesepian.

Cobalah berusaha pelan-pelan melangkah lagi ke depan dan jadikan yang lalu sebagai pelajaran. Agar kamu gak hanya merasakan kesepian ataupun kecewa, melainkan keikhlasan dan pendewasaan diri.

Selama kesepian yang kamu rasakan gak membawa dampak buruk bagi siapa pun terutama dirimu. Cobalah untuk move on dan mengisi hari dengan hal yang positif bersama orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Hal Sepele Penyebab Putus Cinta di Awal Masa Pacaran

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya