Comscore Tracker

5 Indikasi kalau Caramu Mencintai Pasangan Sudah Sewajarnya

Meski cinta tapi hal itu gak membutakanmu

Sangat mencintai pasangan gak selalu bisa jadi pembenaran buat melaukan apa pun untuknya. Melakukan hal yang berlebihan sampai melewati batas dan prinsip-prinsip yang kamu pegang selama ini. Mencintai harus seimbang antara perasaan dan juga logika, agar kelak gak akan ada sesuatu yang sampai merugikanmu.

Mencintai memang cukup sewajarnya dan sesuai takaran agar hubungan tetap bisa kalian bangun dan jalankan dengan baik. Nah, apa saja sih indikasi kalau kamu caramu mencintai pasangan sudah dikatakan sewajarnya dan tentu positif? Yuk, cek poin-poinnya!

1. Antara kamu dan pasangan punya kedudukan yang sama dalam hubungan

5 Indikasi kalau Caramu Mencintai Pasangan Sudah Sewajarnyapexels.com/Andi Risam Triangga

Bukan kamu yang memiliki kendali atas hubungan, begitu juga dengan pasangan. Kamu memahami betul kalau masing-masing harus memiliki peran yang sama dalam hubungan, gak ada yang lebih mendominasi atau terlalu mengatur.

Kamu tahu kalau cinta gak cuma tentang perasaan sayang dan takut kehilangan, tetapi juga rasa menghormati dan menghargai yang harus dibiasakan ada dalam hubungan. Sehingga pasangan gak bisa semena-mena denganmu, begitu juga sebaliknya.

2. Gak takut menegur pasangan kalau ada hal yang dirasa keliru

5 Indikasi kalau Caramu Mencintai Pasangan Sudah Sewajarnyapexels.com/Edward Eyer

Kamu tahu kalau cinta bukan berarti harus jadi buta dan gak mengandalkan logika. Adakalanya kamu dan pasangan bisa melakukan kesalahan yang baik disengaja maupun tidak. Sehingga dibutuhkan inisiatif dan kesadaran untuk menegur bila pasangan melakukan hal yang keliru.

Apalagi hal itu akan berdampak buruk bagi hubungan, tentu saja kamu gak akan tinggal diam karena merasa takut pasangan bisa marah atau mengancam putus.

3. Gak membatasi pertemanannya selama isinya positif

5 Indikasi kalau Caramu Mencintai Pasangan Sudah Sewajarnyapexels.com/fauxels

Takut kehilangan dan cemburu bukan jadi alasan kalau kamu harus membatasi ruang gerak pasangan. Hal itu termasuk membatasi pertemanan pasangan, karena tentu hal itu gak mencerminkan kepercayaan dalam hubungan. Padahal kepercayaan adalah hal paling dasar dan juga penting yang berdampak baik bagi keutuhan hubungan sampai seterusnya.

Baca Juga: Ambil Hikmah, 5 Hal Positif yang Sebenarnya Didapat dari Cinta Pertama

4. Gak ingin sepenuhnya bergantung sama pasangan

5 Indikasi kalau Caramu Mencintai Pasangan Sudah Sewajarnyapexels.com/Mental Health America (MHA)

Kamu tahu kalau bergantung pada pasangan gak akan membawa dampak baik, apalagi sampai rela melakukan apa pun agar dia berada di sisimu. Kamu bergantung padanya hanya karena gak ingin kehilangannya setelah kamu sudah mengorbankan banyak hal dan usaha untuk membahagiakannya.

Daripada bergantung kamu mencoba saling bekerja sama dan saling memberi bantuan saat satu sama lain sedang kesulitan.

5. Kamu tahu kapan harus berkata iya dan tidak

5 Indikasi kalau Caramu Mencintai Pasangan Sudah Sewajarnyapexels.com/Ruly Yachvin Rambe

Gak semua hal kamu iyakan hanya semata-mata membuat pasangan senang, ada kalanya kamu menolak dan membuat pernyataan tegas soal keberatanmu. Kamu gak merasa takut kehilangan pasangan, selama yang kamu utarakan jujur dan disampaikan dengan baik. Menolak keinginan pasangan bukan berarti kamu gak cinta, mengiyakannya juga bukan jadi keharusanmu.

Selamat ya, kalau kamu sudah paham dan menjalankan apa arti menjalani hubungan sebenarnya. Sedalam-dalamnya cintamu, tetap untuk berpikir jernih dan gak asal menuruti keinginan pasangan. Supaya gak timbul masalah dan penyesalan di kemuduan hari.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengejar Cinta

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya