Comscore Tracker

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hati

Menolak juga triknya, lho! 

Terbuka soal perasaan gak hanya melegakan, namun kamu terlihat lebih dewasa dan bertanggungjawab. Menolak juga gak selalu menyakiti perasaan kok. Asal kamu pandai membaca karakter gebetan dan ‘sikon’, ya. Ada 7 kalimat yang cukup elegan untuk menolak gebetan, kamu bisa pakai salah satu di antaranya. 

1. Terima kasih sudah jujur tapi maaf aku belum ada rasa

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hatiilustrasi tak ada rasa (pexels.com/Anete Lusina

Ketika kamu lagi dekat dengan seseorang tapi dia mengungkapkan perasaan dan mengajakmu pacaran atau ke jenjang serius, kamu bisa pakai kalimat di atas. Tapi, kalimat itu hanya berlaku kalau kamu memang benar-benar belum ada rasa ya.

2. Sebenarnya aku punya rasa yang sama tapi belum siap memulai hubungan 

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hatiilustrasi ngobrol (pexels.com/Jodie Louise)

Memulai hubungan emang gak bisa asal-asalan buat untuk sebagian orang. Jadi kalau kamu belum siap memulainya, katakana sejujurnya aja ya sama gebetan. Jangan takut dia pergi, artinya dia mungkin belum cocok denganmu.

3. Kalau kita jadian dan suatu saat kita putus, sikapmu berubah gak?

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hatiilustrasi ngobrol dengan gebetan (pexels.com/Alex Green)

Banyak orang tak menampilkan sifat aslinya saat masa PDKT, alhasil ketika jadian banyak pasangan kecewa karena ternyata sifatnya gak sesuai sama ekspektasi. Kalimat di atas sebenarnya cara menolak dengan memberi gebetanmu pertanyaan. Dari sana kamu bisa melihat bagaimana sifat aslinya.

Baca Juga: 5 Cara Menolak Orang yang Kukuh Mendekatimu meski Dia Sudah Menikah

4. Hubungan itu ada tujuannya tapi kalau kamu hanya main-main, maaf gak dulu

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hatiilustrasi menolak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Buat kamu yang lagi ada di fase ingin serius, kalimat di atas bisa jadi andalan. Memulai hubungan tanpa tujuan tak pernah baik, karena ujung-ujungnya hanya akan membuang waktu dan tenaga bahkan materi. Kecuali, kamu dan dia memang saling setuju untuk have fun aja.

5. Alasan terbesarmu memilih aku apa 

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hatiilustrasi diskusi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kalimat selanjutnya untuk menolak secara elegan adalah kamu bertanya balik ke gebetan kenapa dia memilih kamu, kamu bisa minta 3 alasan. Dengan hal ini kamu bisa tahu kenapa dia memilih kamu, tapi kamu jangan GR dulu ya, karena banyak orang seperti memuji di awal meskipun nyatanya gak sebaik itu. Intinya, tetap gunakan logika di atas segalanya.

6. Kamu gak ingin cari yang lain, soalnya aku lihat kamu di fase pencarian yang kritis

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hatiilustrasi ngobrol (pexels.com/Keira Burton)

Beberapa orang punya banyak gebetan, mungkin bukan untuk jadi player tapi mereka memilah dan memilih mana yang paling cocok. Namun ketika kamu menemui orang dengan banyak gebetan kalimat di atas bisa kamu ungkapkan untuk menolaknya secara elegan.

Sikap tebar pesona sana sini alias caper emang gak nyaman sih, apalagi kalau sifatnya kebawa sampai menikah, gak banget deh, ya!

7. Aku lagi di fase penyembuhan luka batin, kalau kamu siap menemani ya, gak masalah tapi ada risikonya

7 Kalimat untuk Menolak Gebetan Tapi Gak Enak Hatiilustrasi menolak pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Kalimat di atas cocok kamu gunakan untuk menolak gebetan kalau kamu lagi ada di fase gagal dan bangkit dari hubungan sebelumnya namun gak bisa hidup tanpa pasangan. Namun gak semua orang nyaman menemani fase penyembuhan luka batin ya.

Kamu bisa menyembuhkan dulu kekecewaan masa lalu dengan banyak hal, namun jangan sampai memulai hubungan dengan kondisi sakit hati ya, selain gak sehat buat hati dan pikiranmu juga gak baik untuk hubunganmu selanjutnya nantinya.

Fase penolakan gak selalu menyakitkan kok, asalkan kamu dan gebetan bisa saling menyikapinya dengan dewasa. Jangan lari dari masalah dan gak perlu memperpanjang masalah ya, jadi jangan ada lagi tuh ‘ghosting’. Karena ngilang tanpa alasan itu gak keren, lho!

Baca Juga: 5 Cara Menolak Saat Didekati Seseorang yang Sudah Punya Pasangan

imroatus solihah Photo Writer imroatus solihah

Mencari pengalaman di content writer, memiliki keahlian dalam berkoordinasi dengan tim dan proyek. Memiliki minat dalam menulis dan mengungkapkan ide secara luas. Terbiasa menulis dengan kemampuan self-editing dan memperhatikan struktur kalimat dan ejaan yang benar. Menawarkan komunikasi yang baik dan keterampilan berbicara di depan umum. Mencari peran entry-level dipenulis konten dan siap untuk mempelajari hal-hal baru secara detail. Mampu berpikir kreatif dan berinovasi mengikuti prosedur dalam organisasi untuk peningkatan kualitas yang berkelanjutan di dalam perusahaan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya