Comscore Tracker

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda yang Siratkan Kamu Meladeni Orang-orang Toxic

Capek sendiri gak sih?

Toxic people memang kerap meresahkan siapapun karena omongan mereka jahat. Dari depan mereka memang tampak baik dan ramah namun di belakang mereka membicarakan dirimu sampai rasanya kamu akan 'dimakan' habis-habisan oleh mereka.

Cara mengatasi hal seperti ini adalah memang dengan menjauh dan tidak lagi berada dalam area pertemanan mereka. Namun omongan mereka yang menyakitkan sering tanpa sadar membuat kita 'meladeni' mereka. Ini lima tanda yang menyiratkan kamu meladeni mereka, sudah tahu?

1. Sikap mereka sering terngiang di pikiran

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda yang Siratkan Kamu Meladeni Orang-orang ToxicPexels/Ken

Semua omongan negatif, menjelek-jelekan sampai dengki akan terus terngiang di kepalamu jika kamu tanpa sadar sudah meladeni mereka. Padahal masih ada hal lain yang lebih penting daripada harus mendengarkan ocehan buruk mereka.

Omongan mereka memang jahat namun tidak usah kamu pikirkan dan cuek saja. Karena pada dasarnya mereka itu iri dengan kehidupanmu dan merasa puas jika kamu justru tak bahagia.

2. Harga diri merasa jatuh

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda yang Siratkan Kamu Meladeni Orang-orang ToxicPexels/Pixabay

Siapa sih yang tidak merasa terluka saat orang lain membicarakan keburukanmu di belakang? Namun jika kamu merasa buruk sampai merasa harga diri terluka maka itu sudah mengindikasikan kamu meladeni mereka.

Padahal omongan negatif mereka tidak usah didengarkan apalagi sampai merasa terluka. Omongan mereka memang biasanya memiliki tujuan untuk menjatuhkan dan salah satu cara untuk melawannya adalah dengan bersikap santai dan sebodo amat.

Baca Juga: 8 Ucapan Ini adalah Tanda Pacarmu Toxic Person

3. Emosian

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda yang Siratkan Kamu Meladeni Orang-orang ToxicPexels/Juan Pablo Arenas

Biasanya kamu akan jadi emosian jika tanpa sadar meladeni omongan toxic people. Hal ini bisa terjadi jika kamu terus berada di ruang lingkup mereka tanpa berusaha menjauh. Emosi ini bisa terjadi karena mereka pastinya sering membicarakan hal negatif tentangmu.

Orang-orang toxic memang selalu terlihat baik di depan tapi menjelekan serta menjatuhkan di belakang. Mungkin harusnya kamu bersikap cuek tapi jika terus berada di lingkungan toxic seperti ini lambat laun kamu pun akan meladeni sikap buruk mereka.

4. Tidak bisa membatasi untuk bergaul dengan mereka

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda yang Siratkan Kamu Meladeni Orang-orang ToxicPexels/Bruce Mars

Karena kamu takut tidak bisa memiliki seorang teman lagi pada akhirnya kamu tidak mampu membatasi pertemanan dengan mereka. Kamu lebih baik diam, mengalah dan menghindari konflik padahal mereka membicarakan keburukanmu di belakang. Keadaan seperti ini mengindikasikan kalau kamu sudah meladeni mereka.

Padahal harusnya kamu mulailah untuk mencari pertemanan yang sehat. Meladeni orang-orang toxic hanya akan ikut meracuni pikiranmu juga. Jangan hanya karena takut tidak punya teman kamu justru membiarkan mereka jadi temanmu.

5. Tanpa sadar akhirnya kamu mengikuti sikap mereka

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda yang Siratkan Kamu Meladeni Orang-orang ToxicPexels/Fox

Orang-orang toxic memang kerap menularkan perilaku kurang baik mereka pada orang sekitar. Tentunya kamu pun bisa menjadi bagian dari mereka jika tanpa sadar sikap serta perilakumu seperti mereka.

Jika terus begini tentunya sikap dan sifat positifmu akan semakin menjauh. Banyak pepatah yang mengatakan seorang teman akan mempengaruhi sikapmu dan ini memang benar adanya.

Memutuskan pertemanan dengan toxic people memang sulit namun jika kamu berusaha pasti kamu bisa melaluinya!

Baca Juga: 8 Karakter ‘Toxic Friend’ yang Sering Kamu Jumpai dalam Drama Korea

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya