Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengatur Seserahan Pernikahan

Ini dilakukan biar gak menjadi over budget!

Dalam sebuah rangkaian pernikahan, khususnya di Indonesia, seserahan menjadi salah satu prosesi sakral yang begitu dijunjung sehingga proses persiapannya pun perlu maksimal dan menghadirkan barang-barang atau keperluan terbaik.

Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam proses menentukan seserahan, terutama jika menyinggung tentang total biaya yang perlu dikeluarkan. Lima hal tersebut telah dirangkum di dalam daftar berikut ini.

1. Tentukan jenis barang sejak jauh-jauh hari

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengatur Seserahan Pernikahanilustrasi barang untuk seserahan (pexels.com/Melike Benli)

Oleh sebab itu, dalam tahapan ini menyiapkan budget khusus sangat diperhatikan agar tidak terjadi pembengkakan biaya yang membuat dana pernikahan jadi lebih besar dibanding dengan prediksi atau budget yang disediakan.

Ketika hendak membeli barang-barang seserahan, ada baiknya buat daftar khusus untuk melihat apa saja yang diperlukan untuk dibeli. Sebaiknya aktivitas ini juga dicatat, demi menghindari sifat lupa.

Selain itu, baiknya cicil daftar yang dibutuhkan sejak jauh-jauh hari sehingga ketika ada barang atau keperluan yang perlu ditambahi maupun dikurangi, maka masih bisa dilakukan dengan waktu yang lebih leluasa.

2. Diskusikan kebutuhan bareng pasangan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengatur Seserahan Pernikahanilustrasi aktivitas diskusi (pexels.com/mentatdgt)

Ketika hendak memutuskan untuk membeli atau menambahkan sesuatu dalam daftar seserahan, jangan lupa libatkan juga pasangan kamu agar komunikasi selalu terjaga. Ini untuk menghasilkan kesepakatan dan menghindari kesalahan-kesalahan kecil.

Manfaat dari diskusi ini juga agar bisa membina hubungan baik, terutama antar pasangan dan keluarga yang terlibat. Dari tahapan tersebut pun, seseorang akan diajarkan untuk menerima masukan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk menyukseskan acara.

Baca Juga: Mengenal Sangjit, Tradisi Seserahan Pernikahan ala Adat Tionghoa

3. Gunakan perhitungan dengan rata-rata harga pasaran

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengatur Seserahan Pernikahanilustrasi aktivitas perhitungan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika memasukkan daftar barang atau kebutuhan di dalam catatan, tentunya harga perlu turut dituliskan agar kita tahu seberapa banyak budget yang dibutuhkan untuk membeli barang-barang yang ada pada list tersebut.

Pada proses ini, ada baiknya hindari menulis harga barang dengan nilai paling rendah. Sebaiknya gunakan harga rata-rata pasaran yang agak dilebihkan agar budget yang dikeluarkan tidak salah hitung sampai mengalami kekurangan.

Sebab diketahui bahwa harga barang atau kebutuhan yang disertakan dalam prosesi seserahan bisa berubah kapan saja. Jadi, daripada kekurangan akan jauh lebih baik jika budget-nya dilebihkan sedikit.

4. Cari tempat yang lengkap dan terpercaya

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengatur Seserahan Pernikahanilustrasi toko pakaian (pexels.com/Mathias Reding)

Untuk mencari barang-barang yang diperlukan dalam prosesi seserahan, ada baiknya pilih di lokasi yang lengkap dan tepercaya. Ini akan membuat kamu dan pasangan jadi lebih efisien untuk mempersiapkan segala yang dibutuhkan.

Sebab, memperhatikan lokasi pembelian yang lengkap dan tepercaya juga akan menekan budget transportasi serta menghemat waktu agar tidak bolak-balik ke tempat berbeda, sampai memakan waktu pengumpulan yang lebih lama.

5. Hindari terlalu banyak memasukan barang tak perlu

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengatur Seserahan Pernikahanilustrasi fashion stuff (pexels.com/Lum3n)

Jangan pernah malu untuk bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menangani prosesi tersebut. Ini dilakukan agar kamu tidak sembarangan dalam memasukkan daftar barang-barang atau kebutuhan yang disertakan sebagai seserahan.

Seperti diketahui, dengan budget yang sudah ditentukan, harapannya adalah bahwa barang-barang yang disertakan bisa bermanfaat sekaligus terpakai sampai beberapa waktu ke depan. Jangan sampai ada sesuatu yang justru tidak begitu penting masuk ke dalam catatan, dan apabila disertakan malah membuat budget jadi membengkak.

Mempersiapkan segala sesuatu dalam rangkaian proses pernikahan memang perlu kesiapan yang matang. Ini untuk memaksimalkan semua aspek agar tetap dalam pengawasan dan tidak over budget, termasuk untuk menyiapkan seserahan yang notabene menjadi penting dalam tradisi pernikahan ala masyarakat Indonesia.

Baca Juga: 6 Makanan Tradisional yang Wajib Ada di Seserahan dan Maknanya 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya