Comscore Tracker

5 Hal yang Dipelajari Wanita Setelah Lepas dari Toxic Relationship

Kamu layak dicintai!

Bukan hal yang mudah untuk lepas dari toxic relationship, sebab hubungan beracun itu bukan hanya membuatmu tidak bahagia, tapi juga menghancurkan kepercayaan dan membuatmu terisolasi. Butuh waktu untuk bisa  benar-benar bebas dari hubungan tak sehat semacam itu, bahkan penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang lama.

Namun, ketika kamu mulai sembuh seiring berjalannya waktu, ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari tentang dirimu sendiri setelah lepas dari toxic relationship. Apa sajakah?

1. Kamu lebih kuat dari yang kamu kira

5 Hal yang Dipelajari Wanita Setelah Lepas dari Toxic Relationshippixabay.com/Foundry

Ketika berada dalam hubungan beracun, kamu dipaksa menjadi seseorang yang tidak bisa hidup tanpanya, bahkan tidak bisa melakukan apapun sendiri. Kamu yang terlihat begitu tak berdaya, sebenarnya adalah wanita yang kuat. Sebab kamu mampu bertahan selama menerima perlakuan yang tidak mengenakkan. 

Dia memang menganggapmu lemah, bahkan dirimu sendiri mungkin mengira dirimu begitu lemah. Namun, setelah lepas dari hubungan beracun itu, kamu akan menyadari bahwa kamu lebih kuat dari apa yang kamu kira. Buktinya, kamu mampu menahan semua perlakuannya dan bisa melalui penyembuhan meski dalam waktu yang lama.

2. Kamu layak diperlakukan lebih baik

5 Hal yang Dipelajari Wanita Setelah Lepas dari Toxic Relationshippixabay.com/trinhkien91

Kamu adalah pasangannya, bukan seseorang yang bisa diperlakukan seenaknya. Selama berada dalam hubungan beracun, kamu mungkin hanya bisa menerima semua perlakuannya. Tidak melawan dan hanya bisa menangis.

Namun, begitu kamu berhasil melepaskan diri, kamu akan menyadari bahwa kamu layak diperlakukan lebih baik. Kamu adalah wanita yang punya harga diri dan kamu tidak pantas mendapat perlakuan yang menyakitkan dari orang yang menjadi pasanganmu.

3. Kamu berharga bagi orang-orang yang menyayangimu

5 Hal yang Dipelajari Wanita Setelah Lepas dari Toxic Relationshippixabay.com/marusya21111999

Ketika terjebak dalam toxic relationship, kamu akan jauh dari orang-orang yang menyayangimu. Kamu mungkin berpikir dirimu tidak berharga, tapi itu adalah pemikiran tak berdasar. Kamu masih punya teman dan keluarga yang benar-benar mencintaimu.

Di masa penyembuhanmu setelah lepas dari hubungan beracun, kamu akan melihat bagaimana mereka ada bersamamu. Hal itu akan menyadarkanmu, bahwa kamu penting dan berharga bagi mereka.

Baca Juga: 5 Ciri Toxic Masculinity Ini Tanpa Disadari Tumbuh pada Diri Pria

4. Kamu layak dicintai

5 Hal yang Dipelajari Wanita Setelah Lepas dari Toxic Relationshippixabay.com/StockSnap

Hubungan beracun membuatmu kehilangan kepercayaan diri dan merasa tidak layak dicintai. Itu karena dia memperlakukanmu tidak seperti seharusnya. Namun, saat kamu lepas dari racun itu, kamu akan menyadari bahwa dirimu layak dicintai.

Setelah melewati masa-masa sakit itu, kamu akan menemukan kembali kepercayaan dirimu dan melihat dirimu sebagai wanita yang layak mendapatkan cinta dari orang yang jauh lebih baik.

5. Kamu bisa menjadi dirimu sendiri

5 Hal yang Dipelajari Wanita Setelah Lepas dari Toxic Relationshippixabay.com/StockSnap

Jebakan hubungan beracun memaksamu menjadi orang lain. Kamu tidak bisa menjadi dirimu sendiri karena harus menuruti semua keinginan pasanganmu. Hal itu tentu sangat menyiksa.

Akan tetapi, setelah bebas dari hubungan tak sehat itu, kamu bisa menjadi dirimu sendiri lagi. Kamu tak perlu menuruti keinginan orang lain. Kamu bisa menjadi independent woman dan menemukan kebahagiaanmu sendiri.

Nah, itulah dia 5 hal yang dipelajari wanita setelah lepas dari toxic relationship. Meskipun tidak mudah untuk meninggalkan hubungan beracun dan sembuh darinya, ada banyak hal yang bisa dipelajari dan dijadikan pengalaman yang berharga.

Baca Juga: 7 Sikap yang Sering Menjadi Toxic dalam Hubungan Percintaan

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You