Comscore Tracker

5 Pelajaran Berharga dari Cinta Pertama yang Bikin Susah Move On

Terkadang cinta pertama meninggalkan kesan yang mendalam

Setiap orang tentu memiliki cerita cinta pertama masing-masing. Ada yang memiliki kenangan manis di cinta pertamanya atau merasakan cinta pertama dengan kenangan yang menyakitkan. Terlepas dari hal itu, banyak orang merasakan bahwa cinta pertama sulit dilupakan. Sebab cinta pertama membuatmu mengenal tentang hubungan asmara untuk pertama kalinya.

Tak hanya meninggalkan kesan yang sulit dilupakan, ternyata cinta pertama juga memiliki hal penting yang bisa kamu pelajari. Ada banyak pelajaran berharga dari sebuah cinta pertama yang jarang disadari oleh banyak orang seperti lima hal berikut.

1. Cinta pertama bisa membuat kamu menjadi lebih dewasa

5 Pelajaran Berharga dari Cinta Pertama yang Bikin Susah Move Onunsplash.com/Cody Black

Kamu bisa menjadi sosok yang lebih dewasa melalui kegagalan cinta pertama. Dengan kegagalan tersebut, kamu bisa mendapat banyak pelajaran berharga. Salah satunya menjadi orang yang kuat karena pernah merasakan sakit hati. Setelah melewati kegagalan itu, tentu cara berpikirmu tentang asmara akan lebih dewasa karena pengalaman-pengalaman yang telah kamu dapatkan dari cinta pertama.

2. Memiliki pengalaman tentang asmara

5 Pelajaran Berharga dari Cinta Pertama yang Bikin Susah Move Onunsplash.com/Matthew Fassnacht

Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dari cinta pertama. Pengalaman tersebut bisa kamu gunakan sebagai bekal saat ingin memulai hubungan cinta yang baru. Sehingga kamu bisa belajar dari kesalahan yang dulu agar kamu tak mengulanginya di hubungan asrama yang selanjutnya. Tak hanya kesalahan, pengalaman pun bisa berupa hal yang manis. Hal yang menurutmu menyenangkan dari cinta pertama juga bisa kamu terapkan di hubungan asmaramu berikutnya.

3. Membuatmu mengerti bahwa putus cinta adalah hal yang wajar

5 Pelajaran Berharga dari Cinta Pertama yang Bikin Susah Move Onunsplash.com/Milan Popovic

Saat mencintai seseorang tentu kamu harus siap sakit hati, bisa karena cinta tak terbalas atau karena putus cinta. Cinta pertama mengajarkanmu bahwa putus adalah hal yang wajar terjadi di dalam sebuah hubungan asmara. Toh, setelah putus kamu masih bisa bahagia meski memang butuh waktu lama untuk pulih dari rasa sakit hati tersebut. Dengan begitu, saat kamu ingin memulai hubungan asmara yang baru pasti kamu akan siap dengan kemungkinan-kemungkinan terburuk, salah satunya yaitu putus cinta.

Baca Juga: 5 Hal Mengenai Cinta Pertama Ini Bikin Kita Nostalgia ke Masa SMA

4. Lewat cinta pertama kamu bisa belajar untuk tidak egois dengan pasangan

5 Pelajaran Berharga dari Cinta Pertama yang Bikin Susah Move Onunsplash.com/Ben White

Pada dasarnya cinta pertama memang mengajarkanmu banyak hal. Dengan cinta pertama pun kamu bisa belajar untuk tidak egois. Jika sebelumnya kamu tidak pernah merasakan bagaimana memiliki perbedaan pendapat dengan pasangan, maka lewat cinta pertama kamu bisa belajar memahami setiap perbedaan pendapat dalam hubungan asmara. Dengan begitu, kamu bisa meredam ego agar tidak egois dan memiliki pemikiran yang terbuka.

5. Kamu memiliki kenangan tersendiri akan cinta pertama

5 Pelajaran Berharga dari Cinta Pertama yang Bikin Susah Move Onunsplash.com/Bin Thiều

Banyak orang yang merasa jika cinta pertama adalah hal yang sulit dilupakan karena ada kesan tersendiri di dalamnya. Selanjutnya kesan tersebut akan merambah menjadi sebuah kenangan. Nah kenangan yang kamu miliki dari cinta pertama bisa kamu jadikan pelajaran dan pengalaman untuk kehidupanmu ke depannya terutama dalam urusan asmara. Setidaknya melalui cinta pertama kamu punya sebuah kenangan yang kelak bisa diceritakan pada anak-anakmu.

Itulah lima hal yang bisa kamu pelajari dari cinta pertama. Pada dasarnya cinta pertama membuatmu belajar banyak hal dan kamu pun bisa mengenal liku-liku asmara. Wajar saja jika banyak orang sulit move on dari cinta pertamanya. Namun jangan sampai kenangan cinta pertama membuatmu terjebak dengan masa lalu hingga tak bisa membuka hati dengan yang lain. Percayalah, kamu akan mendapat orang yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Cinta Pertama Sulit Dilupakan, Kamu Pernah Mengalaminya?

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You