Comscore Tracker

Bisa Usir Ragu dalam Hubungan, 5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiri

Terapkan! Agar tak selalu ragukan dia saat jalin asmara

Idealnya, sebelum seseorang menjalin hubungan dengan pasangan, ia sudah mampu mengenali dan mencintai dirinya sendiri. Hal itu akan berdampak saat ia berinteraksi dengan pasangan.

Seorang yang mencintai dirinya sendiri, paham betul bahwa letak kebahagiaannya bukan pada orang lain, termasuk pada pasangan. Sikap demikian membuatnya terhindar dari keinginan untuk mengekang yang timbul akibat rasa ragu terhadap hubungan.

Agar dalam dirimu tertanam rasa cinta pada diri sendiri, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Belajar katakan tidak

Bisa Usir Ragu dalam Hubungan, 5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiripexels.com/@ibraimleonardo

Tuntutan untuk berperilaku sopan, satu sisi sangat baik demi menjaga masyarakat agar beretika, tapi sisi buruknya, membuat banyak orang jadi merasa gak enakan.

Ada kalanya saat orang lain menawarkan atau meminta kamu sesuatu, dan itu tak sesuai dengan keinginanmu, kamu terpaksa mengatakan iya karena khawatir akan menyinggung perasaan mereka.

Cobalah mulai sekarang berani mengatakan tidak jika memang hal itu tak kamu butuhkan atau memang kamu gak mau dan gak bisa mengerjakan hal yang diminta. Hal tersebut bisa jadi bentuk self-love karena mencegahmu dari menyakiti diri sendiri akibat terlalu gak enak untuk menolaknya.

2. Beri apresiasi pada dirimu sendiri

Bisa Usir Ragu dalam Hubungan, 5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiripexels.com/@jacksondavidnacimento

Tak ada yang salah dengan bekerja keras. Tapi janganlah lupa untuk selalu apresiasi diri atas berbagai pencapaianmu. Termasuk memberimu waktu istirahat yang cukup.

Hal itu bentuk self-love juga, lho! Tanda bahwa kamu peduli dengan kondisi dirimu sendiri. Kalau bukan kamu yang care, siapa lagi?

3. Fokus pada memperbaiki diri

Bisa Usir Ragu dalam Hubungan, 5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiriunsplash.com/@anthonytran

Hindari membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Sadar gak sih, kalau hal itu sama saja dengan menyakiti dirimu sendiri?

Kamu jadi berusaha menyamakan hidupmu dengan standar orang lain. Padahal itu belum tentu tepat dengan kamu.

Daripada selalu melirik kehidupan orang lain, mending kamu fokus saja pada perkembangan dirimu sendiri. Melakukan itu, malah bukan tak mungkin nantinya pencapaianmu justru lebih tinggi daripada orang yang dulu sering kamu kepo-in hidupnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Kurang Mencintai Diri Sendiri, Sadarkah?

4. Menerima kekurangan diri

Bisa Usir Ragu dalam Hubungan, 5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiripixabay.com/free-photos

Rasa benci pada diri sendiri sering kali timbul karena keengganan untuk menerima kekurangan diri. Ingat, lho bahwa tiap manusia itu punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Dengan menerima kekurangan diri, membuatmu terhindar dari berkecil hati dengan kondisimu. Justru ketika kamu sadar dan ikhlas menerima bahwa kamu tak sempurna, kamu jadi mampu berbesar hati untuk upgrade diri.

Pandangan seperti ini turut berpengaruh dalam caramu melihat suatu hubungan. Saat kamu menyadari bahwa dirimu memang tak bisa sempurna, kamu merasa nyaman dengan dirimu, dan tak berusaha jadi orang lain, hanya demi menyenangkan pasangan.

5. Mengelilingi diri dengan orang positif

Bisa Usir Ragu dalam Hubungan, 5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiripexels.com/@d-ng-nhan-324384

Bagaimana pergaulanmu, bisa memengaruhi hidupmu. Jika selalu bergaul dengan orang yang hanya melihat sisi negatif, tanpa sadar kamu pun jadi demikian. Dan itu sama saja merusak diri sendiri, lho!

Termasuk saat memilih pasangan. Terus bertahan dalam hubungan yang tak sehat, dan membuatmu tak percaya diri, bukti kalau kamu belum menerapkan self-love.

Jika kamu mencintai diri sendiri, kamu tak akan biarkan dirimu terus-menerus disakiti oleh orang lain, apalagi oleh pasangan yang harusnya paling depan dalam mencintaimu.

Dengan mencintai diri sendiri, kamu mengerti bahwa tiap orang itu layak dicintai, termasuk kamu! Oleh sebab itu, tak perlu sampai harus menuntut pasangan selalu menemanimu terus-terusan hanya untuk membuktikan cintanya! Justru sikap demikian lahir dari perasaan insecure.

Jadi, mulai cintai dirimu sendiri, ya! Akan bawa pengaruh baik dalam kehidupanmu, lho. Termasuk ke dalam urusan percintaan!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kamu Dituntut untuk Mencintai Sewajarnya

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya