Comscore Tracker

5 Hal Dirasakan Cowok Patah Hati, Pura-pura Tegar!

Toxic masculinity membuat cowok merasa gak boleh sedih 

Terkadang segala usaha telah kamu lakukan, tapi mau dikata apa jika ternyata memang hubungan asmara tak bisa lagi dilanjutkan. Siapa pun yang benar-benar jatuh cinta, pastilah bisa merasakan bagaimana sakitnya patah hati.

Namun, gak sedikit orang yang beranggapan kalau cewek jauh lebih terluka saat putus cinta dibanding cewek. Padahal, kenyataannya gak gitu juga, lho.

Lalu, apa aja, sih, yang dirasakan cowok patah hati? Buat kamu yang penasaran, mari simak pembahasannya di bawah ini!

1. Bertanya-tanya kenapa hubungan asmara bisa gagal

5 Hal Dirasakan Cowok Patah Hati, Pura-pura Tegar!ilustrasi pria merenung (pexels.com/Ron Lach)

Hal pertama yang kerap dirasakan cowok ketika mengalami patah hati, yakni bertanya-tanya ke diri sendiri kenapa hubungan yang selama ini sudah diperjuangkan bisa gagal. Letak kesalahannya di mana?

Fase ini terutama dialami oleh cowok yang diputuskan oleh ceweknya. Apalagi jika sebelum-sebelumnya gak menunjukkan tanda kalau ada masalah. Timbul kebingungan yang kadang kala membuat cowok jadi susah move on.

2. Menyalahkan diri sendiri

5 Hal Dirasakan Cowok Patah Hati, Pura-pura Tegar!ilustrasi pisah (pexels.com/RODNAE Productions)

Gak hanya cewek aja, lho, yang suka menyalahkan diri sendiri ketika hubungan cintanya berakhir. Cowok pun demikian, kerap merasa bersalah karena gak bisa membahagiakan pasangan sehingga berujung perpisahan.

Ingat, lho, dalam sebuah hubungan ada dua pihak yang terlibat. Itu sebabnya, sebaiknya hindari menyalahkan diri sendiri. Toh, gak ada gunanya juga, kan? Malah hanya akan jadi beban pikiran.

3. Trauma dan takut untuk memulai hubungan yang baru

5 Hal Dirasakan Cowok Patah Hati, Pura-pura Tegar!ilustrasi pasangan duduk berdua (pexels.com/cottonbro)

Kegagalan dalam menjalin hubungan asmara gak jarang sampai menimbulkan trauma, yakni merasa kalau diri gak layak untuk dicintai. Trauma ini kemudian menimbulkan ketakutan untuk memulai hubungan yang baru. Takut gagal lagi!

Layaknya semua hal dalam hidup ini memiliki dua sisi yang bertolak belakang, maka begitu pula hubungan cinta. Ada pertemuan, ada pula risiko perpisahan. Terlalu cepat memulai hubungan cinta yang baru memang gak baik. Akan tetapi, terus menutup diri bisa menghalangimu mendapatkan cinta sejati, lho.

Baca Juga: 5 Cara Meredakan Kesedihan Setelah Patah Hati, Jangan Menyangkal!

4. Berpura-pura tegar

5 Hal Dirasakan Cowok Patah Hati, Pura-pura Tegar!Ilustrasi pertemanan (pexels.com/fauxels)

Hal ini berkaitan erat dengan budaya toxic masculinity yang membuat cowok merasa harus senantiasa kuat. Padahal, namanya manusia terlepas dari gender pasti mengalami sisi rapuh juga, lho.

Pemikiran keliru tersebut yang kerap mendorong banyak cowok untuk berpura-pura tegar, termasuk saat alami patah hati. Dibalik tawa yang ditampakkan ke dunia luar ternyata dalam hatinya menyimpan perih.

5. Mencari pelarian

5 Hal Dirasakan Cowok Patah Hati, Pura-pura Tegar!ilustrasi pria sedang bekerja (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Ada pula cowok yang mencari pelarian demi melupakan luka patah hati. Bentuk pelarian ini bisa berupa langsung mencari pasangan pengganti, menyibukkan diri dengan pekerjaan, atau bentuk pelarian lainnya.

Sekalipun bentuk pelarian tersebut positif, misalnya dengan bekerja atau melakukan hobi, tapi ada baiknya tetap berikan waktu ke diri sendiri untuk bersedih, ya. Bagaimanapun, manusia itu bukanlah robot yang tak memiliki hati.

Gapapa, lho, memberikan waktu ke diri sendiri untuk bersedih. Justru dengan begitu akan membuat luka akibat putus cinta bisa cepat terobati. Nah, itu dia beberapa hal yang umum dilakukan saat cowok patah hati. Ada yang mengalami hal serupa?

Baca Juga: 5 Tips Menekan Risiko Patah Hati Sebelum Jadian, Kendalikan Harapan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya