Comscore Tracker

Sudah Gak Cinta Lagi dengan Pasangan? 5 Langkah Ini Perlu Kamu Lakukan

Jangan langsung berpikir pisah, pertahankan komitmenmu!

Saat masih baru jatuh cinta, sangatlah mudah berjanji untuk tetap mencintai pasangan hingga maut memisahkan. Komitmenmu baru teruji ketika sudah melewati euforia jatuh cinta, apakah masih tetap mampu menjaga perasaan cinta itu atau enggak.

Mesti disadari, perasaan itu berubah-ubah. Ada banyak hal yang bisa membuatmu kehilangan perasaan cinta pada pasangan yang dulu terlihat tampak sempurna.

Bila hatimu gak bisa dibohongi bahwa perasaanmu kepadanya sudah hambar, maka ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Apa saja? Let's check it out!

1. Cari tahu penyebabnya

Sudah Gak Cinta Lagi dengan Pasangan? 5 Langkah Ini Perlu Kamu Lakukanilustrasi pria merenung (unsplash.com/Ihor Saveliev)

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika percikan cinta itu sudah tiada yakni berusaha mencari tahu apa penyebabnya seperti apakah kamu gak mencintai pasangan disebabkan sikapnya yang sudah berubah atau ada hal-hal lain?

Dengan mengetahui akar masalahnya, kamu jadi bisa menentukan apa yang mesti kamu lakukan. Karena dalam hubungan, percikan cinta itu bisa kok dihadirkan kembali. Asalkan, kamu dan pasangan bersedia komitmen untuk memperbaiki.

2. Buat daftar plus minus

Sudah Gak Cinta Lagi dengan Pasangan? 5 Langkah Ini Perlu Kamu Lakukanilustrasi menulis (pexels.com/picjumbo.com)

Sebelum kamu berpikir untuk pisah, karena sudah gak ada lagi perasaan cinta, cobalah untuk mempertimbangkan dengan matang terlebih dahulu hal-hal positif dan negatif bila kamu bertahan di hubungan saat ini.

Bila ternyata yang kamu hadapi lebih banyak hal negatif, misalnya pasanganmu ternyata sosok yang abusive dan sudah sulit untuk diubah, maka pisah memang jalan terbaik.

Setidaknya dengan telah mempertimbangkan masak-masak, kamu sadar bahwa keputusanmu itu bukan hanya emosi sesaat.

Baca Juga: 5 Cara Mengikis Kecurigaan saat Pasangan Gak Kunjung Merespons Pesanmu

3. Tanyakan kembali pada dirimu mengenai definisi cinta

Sudah Gak Cinta Lagi dengan Pasangan? 5 Langkah Ini Perlu Kamu LakukanIlustrasi wanita sedang merenung (pexels.com/Philip Justin Mamelic)

Meski cinta itu begitu mudah diucapkan, tapi definisi cinta itu sendiri bagi tiap orang bisa berbeda-beda.

Ketika kamu merasa sudah gak lagi mencintai pasangan, cobalah untuk menggali lebih dalam apa makna cinta versimu. Apakah cinta itu adalah hasrat, nafsu, chemistry yang kuat antara kamu dan pasangan, atau lebih dari itu yakni rasa aman, kedamaian, serta komitmen jangka panjang untuk menghabiskan sisa waktu bersama pasangan?

Bila kamu mendefinisikan cinta hanya sekadar hasrat, gak heran bila kamu merasa sudah tak mencintainya lagi karena hasrat itu sifatnya temporary.

Akan tetapi, bila makna cinta bagimu adalah komitmen jangka panjang, maka perasaanmu saat ini bisa diartikan hanyalah satu fase down dalam hubungan. Kamu bisa meningkatkan hubunganmu lagi dengan menghidupkan hasrat dan gairah yang mungkin selama ini telah redup akibat kalian abai untuk merawat cinta kalian.

4. Hindari merasa benar sendiri

Sudah Gak Cinta Lagi dengan Pasangan? 5 Langkah Ini Perlu Kamu LakukanIlustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Ketika kamu merasa sudah tak lagi mencintai pasangan, jangan hanya menyalahkannya. Bagaimanapun, hubungan melibatkan dua pihak. Kamu mesti berjiwa besar untuk mengakui bahwa hubungan asmara kalian gak bisa berjalan sesuai harapan dan sedikit banyak kamu turut andil di dalamnya.

Hal ini penting supaya kamu bisa fair. Sekalipun kalian akhirnya memutuskan untuk berpisah, setidaknya gak ada satu pihak yang harus menanggung kesalahan itu sendirian. Dengan begitu, hubungan kalian bisa berakhir dengan baik dan masing-masing bisa mengambil hikmah sebagai bekal di kemudian hari.

5. Saling memaafkan

Sudah Gak Cinta Lagi dengan Pasangan? 5 Langkah Ini Perlu Kamu Lakukanilustrasi pasangan saling pandang (pexels.com/Juan Vargas)

Berpisah atau enggak, memaafkan ini penting. Bila memang kalian memutuskan untuk pisah, setidaknya dengan saling memaafkan, kalian bisa pisah tanpa beban sehingga masing-masing bisa segera move on dan menata hidup kembali.

Bila memang kalian memutuskan untuk tetap mempertahankan hubungan dengan saling memaafkan, kalian bisa memulai semua dari nol kembali. Semua sakit hati yang telah lalu, cukup dijadikan pelajaran agar fase yang baru ini bisa berhasil.

Dalam hubungan, cinta itu memang penting. Akan tetapi, perasaan cinta itu bisa hilang timbul. Itulah kenapa rasa cinta itu mesti dijaga. Ketika sudah tak lagi miliki perasaan yang sama, mesti diupayakan dulu, jangan langsung minta pisah.

Selama penyebab kamu kehilangan rasa cinta bukan karena pengkhianatan atau tindak kekerasan, rasa-rasanya masih bisa kok rasa cinta itu dihidupkan kembali!

Baca Juga: 5 Momen Hubungan Ini Bisa jadi Tanda Hubungan Bakal Langgeng Selamanya

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya