Comscore Tracker

Jangan Nekat Dipertahankan! Inilah 6 Tanda kalau Pasanganmu Toxic 

Keluar menjadi jalan terbaik untuk hubungan yang toxic

Hubungan asmara yang sehat seharusnya mampu membuat masing-masing individu bahagia dan menjadi versi terbaik diri mereka. Tapi sayangnya, ada sebagian orang yang terjebak dalam toxic relationship, yakni hubungan yang tidak sehat.

Alih-alih bahagia, hubungan seperti ini justru membawa dampak buruk bagi korbannya. Rasa percaya diri menurun, lelah lahir batin, belum lagi dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuhnya.

Untuk mencegahnya, kenali tanda-tanda pasangan toxic sehingga kamu tidak terjebak di dalamnya.

1. Dia melarang bertemu dengan teman-temanmu 

Jangan Nekat Dipertahankan! Inilah 6 Tanda kalau Pasanganmu Toxic unsplash.com/@freestocks

Cinta memang bisa membuat dua insan ingin selalu bersama. Namun hubungan yang sehat tetap menyediakan ruang bagi kamu untuk berinteraksi dengan orang lain.

Kamu harus waspada jika selama ini ternyata kamu sudah gak pernah ngumpul dengan teman, dan kalaupun bertemu, pasti selalu ditemani si dia. Itu menandakan dia yang terlalu posesif dan merupakan tanda-tanda awal hubungan toxic.

2. Memeriksa handphonemu 

Jangan Nekat Dipertahankan! Inilah 6 Tanda kalau Pasanganmu Toxic unsplash.com/@kyalloni

Hubungan yang baik dilandasi dengan saling percaya. Kalau dia selalu curiga, padahal kamu tidak melakukan kesalahan apa pun yang layak membuatmu dicurigai, bahkan sampai memeriksa HPmu, maka kamu sudah berada pada hubungan yang tidak sehat.

Apa yang dilakukannya tidaklah benar. Hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap privasi kamu.

3. Dia mengatur bagaimana kamu berpakaian 

Jangan Nekat Dipertahankan! Inilah 6 Tanda kalau Pasanganmu Toxic pexels.com/@olly

Orang yang toxic akan selalu berusaha mendominasi pasangannya. Awalnya, dia akan mengkritik caramu berpakaian. Lama-lama, malahan dia yang ngatur. Padahal kan urusan fesyen merupakan selera masing-masing.

Sikap seperti ini mungkin tampak sepele, tapi dampaknya bisa besar terhadap kondisi psikologis kamu. Akibat sering dikritik dan diatur-atur, kamu bisa jadi tidak percaya diri.

Baca Juga: 7 Toxic Masculinity yang Bisa Cowok Dapatkan, Pernah Mengalaminya Bro?

4. Marah saat kamu lama sekali menjawab panggilan telepon 

Jangan Nekat Dipertahankan! Inilah 6 Tanda kalau Pasanganmu Toxic pexels.com/Moose Photos

Jika di antara kamu ada yang merasa bahwa poin keempat ini adalah hal yang wajar, coba deh pikir ulang. Sejatinya, sebuah hubungan akan memberi kedamaian dan kebahagiaan. Jika itu tidak kamu dapatkan, dan malah merasa takut tiap kali lihat ada panggilan tak terjawab dari si dia, maka pertanyakanlah, apakah hubunganmu layak dipertahankan?

5. Kamu takut mengungkapkan pendapatmu 

Jangan Nekat Dipertahankan! Inilah 6 Tanda kalau Pasanganmu Toxic unsplash.com/@noahbuscher

Cinta seharusnya membuat orang bahagia, bukan malah takut. Semestinya, pasanganmu menjadi orang yang mampu mendorongmu untuk bebas berpendapat. Karena perbedaan hakikatnya akan membawa kekayaan dan keberagaman dalam sebuah hubungan.

Jika hubungan yang selama ini kamu jalani membuatmu jadi pendiam karena dia sering marah jika kamu mengutarakan pikiranmu, tandanya kamu sudah berada di dalam hubungan yang toxic.

6. Sering menghinamu 

Jangan Nekat Dipertahankan! Inilah 6 Tanda kalau Pasanganmu Toxic pexels.com/@karolina-grabowska

Tidak ada seorang pun yang layak dihina. Jadi, jangan merendahkan standar dirimu ketika menjalin sebuah hubungan.

Kalau kritikan, hinaan sudah menjadi “makananmu" sehari-hari, maka kamu harus putuskan, bahwa hubunganmu sudah tidak sehat. Jika dia tidak mau berubah, jangan nekat untuk tetap melanjutkannya. Kamu layak mendapatkan yang lebih baik, yang mampu menghormati dan menyayangimu.

Itulah beberapa tanda pasangan yang toxic. Kalau merasa pasanganmu memiliki ciri di atas, sebaiknya keluar dari hubunganmu yang sudah tidak sehat itu. Dan kalau perlu, minta bantuan dari orang-orang terdekatmu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Pemikiran Dewasa Ini Bikin Kamu Gak Gampang Terjebak Hubungan Toxic!

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya