Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengatur

#IDNTimesLife Kamu bisa tertekan dan jadi rendah diri

Rasa cinta terkadang memicu sifat ingin mengatur. Hal itu terjadi dilandaskan perhatian yang dirasakan pada pasangannya. Apalagi jika ia melihat kalau kamu terbiasa melakukan sesuatu yang sebenarnya gak baik bagi dirimu sendiri.

Sayangnya, sifat mengatur ini kerap bablas. Untuk mengetahui apakah sifat mengatur pada diri pasanganmu masih dapat ditoleransi atau malah sudah berlebihan, berikut ini beberapa tanda kalau dia sudah kelewat mengatur!

1. Kerap menjatuhkan

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengaturilustrasi pasangan (pexels.com/Anthony Shkraba)

Pasangan yang terlalu mengatur, gak suka melihatmu begitu independen. Akhirnya, dia jadi sering mengkritik atau memberi ‘saran’, meski kamu gak memintanya sama sekali.

Hal ini ia lakukan sampai-sampai membuatmu muak, bahkan kerap memicu rasa rendah diri. Tujuannya memang itu, supaya kamu jadi benar-benar bergantung pada pendapatnya.

2. Memilih dengan siapa kamu boleh berteman

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengaturilustrasi teman main salju (pexels.com/Liza Summer)

“Aku gak suka dia. Dia tuh bawa dampak buruk buat kamu.”
“Kenapa sih, kamu sering banget jalan sama dia. Emang gak merasa, kalau dia itu sebenarnya naksir kamu?”

Ada banyak sekali alasan yang dia ucapkan untuk membuatmu meninggalkan teman-temanmu. Dan ia pun gak ragu, bikin kamu merasa bersalah, seolah-olah telah melakukan penyelewengan karena dekat dengan teman yang dibilangnya naksir. Padahal, sikap temanmu itu biasa-biasa saja.

Sikapnya ini, mungkin tak kamu sadari karena sudah terlanjur cinta, tapi biasanya diperhatikan oleh teman-temanmu. Karena selalu menurutinya, kamu jadi jarang berkumpul dengan mereka.

3. Membuatmu merasa di pihak bersalah

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengaturilustrasi pria sedang muram (pexels.com/Horacio Rojas)

Dia sering sekali memanipulasi perasaanmu ketika permintaannya tidak dituruti. Saat dia mengajak bertemu, tapi kamu menolak karena sudah ada agenda lain, dia bilang kalau kamu gak sayang dan gak ada usaha untuk membuat hubungan ini bisa berjalan.

Kepandaiannya dalam memosisikan dirimu sebagai pihak bersalah, alhasil membuatmu terus mengikuti apa yang ia inginkan. Hal ini lama kelamaan membuat ruang gerakmu jadi terbatas.

4. Ingin tahu setiap hal yang kamu lakukan

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengaturilustrasi pasangan lihat HP (pexels.com/Anete Lusina)

Dia benci sekali rahasia. Karena itulah, ia berusaha mencari tahu apa pun yang ada dalam hidupmu, termasuk update aktivitas harianmu. Ketika kamu gak bilang, dia akan berakting seakan-akan kamu sudah berbuat jahat sekali padanya.

Berhubungan dengannya, terasa tak ada privasi. Padahal, salah satu ciri hubungan yang sehat ditunjukkan dari sikap pasangan yang menghormati privasimu.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!

5. Membuatmu merasa tak berharga

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengaturilustrasi wanita merenung (unsplash.com/ri)

Waspada dengan pasangan yang punya kebiasaan bicara “tuh, kan, aku bilang apa ...”. Sifat belagu seperti ini, ingin menunjukkan kalau dia selalu benar, dan tindakan atau pemikiranmu yang berbeda, akan selalu salah di matanya.

Jika dibiarkan, kamu jadi bertanya-tanya tentang kapabilitas dirimu sendiri. Merasa kalau apa yang kamu lakukan atau pikirkan tak ada harganya, karena selalu salah, dan dia selalu benar.

6. Double standard

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengaturilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Dia berusaha mengatur-atur dengan siapa kamu berteman. Tapi sebaliknya, giliran kamu yang komplain mengenai temannya yang kamu gak suka, justru kamu yang dibilang mengada-ada. Standarnya ganda!

Dia selalu mengkritik dan memberimu saran sampai ke hal-hal sepele. Tapi saat kamu memberi saran kepadanya, malah dibilang kalau kamu gak terima dia apa adanya. Duh!

7. Dia sering bilang kalau kamu gampang dimanipulasi

7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengaturilustrasi wanita menatap tajam (pexels.com/Vantha Thang)

Jangan langsung berbunga-bunga kalau mendapati pasangan sering bilang kamu itu mudah dimanipulasi. Justru itu salah satu senjata pasangan yang terlalu mengatur.

Saat kamu mendapat kenaikan gaji, dibilang kalau atasanmu itu pasti ada maunya. Ketika kamu diajak jalan sama teman, dibilangnya pasti karena temanmu itu gak ada siapa-siapa lagi yang bisa dijadikan teman jalan.

Seolah-olah segala hal baik yang kamu peroleh, tak layak kamu miliki, dan itu semata terjadi karena orang-orang di sekitarmu ingin memanipulasi. Padahal, kamu naik gaji karena memang berprestasi. Kamu diajak teman, karena memang hubunganmu dekat dengannya.

Waspadalah dengan tipe pasangan yang terlalu mengatur. Saat ini mungkin masih lucu, tapi kalau kamu terus membiarkan sikapnya itu, perlahan, mentalmu bakal kena. Kepercayaan dirimu bakal luntur, hidup gak bebas lagi karena kamu gak punya suara untuk berkata atau bertindak apa pun tanpa persetujuannya. Yakin, mau pasangan yang seperti itu?

Baca Juga: 5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur Hidupmu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya