Comscore Tracker

5 Tips Meredakan Konflik Rumah Tangga, Suami Istri Harus Sabar!

Biar gak jadi toksik, kalau ada konflik segera ditangani, ya

Konflik dalam rumah tangga bisa dibilang jadi bumbu dalam masakan. Kalau gak ada, makanan berasa hambar. Maka dari itu, konflik antara suami istri sebenarnya wajar-wajar saja terjadi.

Hanya saja, agar gak menjadi toksik dalam hubungan diperlukan cara menangani konflik yang baik. Di antaranya ketika terjadi pertengkaran bisa segera diselesaikan, supaya tidak berlama-lama dan jadi racun dalam pernikahan.

Agar konflik di rumah tangga bisa cepat selesai diatasi, berikut akan diulas beberapa tips meredakan konflik suami istri. Mari kita simak!

1. Tanamkan kesabaran

5 Tips Meredakan Konflik Rumah Tangga, Suami Istri Harus Sabar!ilustrasi pasangan (pexels.com/Konstantin Mishchenko)

Saat adu argumentasi mulai memanas sangatlah mudah untuk lepas kendali dan membuatmu jadi berteriak atau membentak-bentak. Nah, kebiasaan ini perlu dihilangkan. Cobalah mulai sekarang tanamkan kesabaran.

Ketika berbeda pendapat hendaknya tetap jaga tindakan dan pikiran tenang agar kamu dan dia bisa mendengarkan baik-baik argumentasi dari kedua pihak. Dengan demikian, kalian jadi paham letak masalahnya, sehingga bisa segera dicari penyelesaiannya.

2. Cari akar masalahnya

5 Tips Meredakan Konflik Rumah Tangga, Suami Istri Harus Sabar!ilustrasi pasangan berpandangan (unsplash.com/Joanna Nix-Walkup)

Seringnya terlibat konflik antara kamu dan pasangan boleh jadi diakibatkan selama ini belum bertemu dengan akar masalahnya. Akibatnya, persoalan pun terus datang kembali.

Sebagai contoh, konflik yang lalu disebabkan pasangan terlalu mengaturmu. Konflik berikutnya disebabkan sikapnya yang cemburu buta. Konflik berikutnya lagi akibat dia mengecek HP tanpa izin terlebih dahulu, dan bahkan sampai melihat aplikasi kirim pesan.

Ternyata semua konflik tersebut sebenarnya bermuara pada rasa insecure yang dialami pasangan. Dari situ kamu dan dia jadi bisa mengulik lebih dalam, kenapa bisa merasakan insecure seperti itu. Mungkin dulunya pernah diselingkuhi, atau saat kecil pernah ditinggalkan orangtua, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Peran Suami saat Istri Mengalami Baby Blues, Wajib Mendampingi

3. Saling jujur satu sama lain

5 Tips Meredakan Konflik Rumah Tangga, Suami Istri Harus Sabar!ilustrasi pasangan bercakap-cakap (pexels.com/August de Richelieu)

Ketika bertengkar terkadang kamu bisa melewati batas, dan melakukan hal yang meninggalkan luka teramat dalam di hati pasangan. Mungkin masalah itu telah lewat, dan kalian sudah melakukan rekonsiliasi.

Tapi, karena luka hati itu ternyata masih menganga, jika ini tidak diungkapkan dengan jujur nantinya bakal jadi arang dalam sekam, lho. Sewaktu-waktu akan jadi sumber permasalahan yang lebih besar.

Oleh sebab itu, buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk senantiasa berkata jujur. Jika memang belum bisa memaafkan, katakan saja, dan sikapi dengan kesabaran serta limpahkan dia dengan cinta. Sampai akhirnya dia yakin kalau kamu benar-benar sayang, dan luka itu pun sembuh jadinya.

4. Hindari berkata apa pun kalau sedang marah

5 Tips Meredakan Konflik Rumah Tangga, Suami Istri Harus Sabar!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Kalau emosi sedang di ubun-ubun, hindari berkata apa pun. Kata-kata yang keluar nantinya bisa bikin konflik makin runyam, lho, karena saat marah orang cenderung ingin melampiaskan dengan menyakiti pasangannya.

Coba tarik napas dalam-dalam, atau bila perlu minta waktu menyendiri. Kalau sudah tenang, kembali diskusikan masalah tadi ke pasangan biar bisa dibicarakan layaknya manusia dewasa.

5. Segera minta maaf dan saling mengingatkan kalau kalian masih mencintai

5 Tips Meredakan Konflik Rumah Tangga, Suami Istri Harus Sabar!ilustrasi pasangan pelukan (unsplash.com/Joanna Nix-Walkup)

Jangan gengsi untuk minta maaf. Mengakui kesalahan dan meminta maaf ke pasangan gak bikin harga dirimu terinjak-injak, kok.

Kalau sudah, make amends dengan menunjukkan kasih sayang ke pasangan. Hal ini untuk mengingatkan bahwa kendati kalian bertengkar, tapi sesungguhnya masih saling mencintai.

Dengan demikian, konflik bukan lagi sesuatu yang harus ditakuti, dan gak selalu jadi alasan untuk bercerai. Masa iya, tiap konflik selalu bilang cerai. Itu gak dewasa, lho.

Semoga dengan tips-tips tadi bisa membantumu dan pasangan untuk bisa meredakan konflik dengan segera, ya. Hubungan pernikahan jadi damai!

Baca Juga: 5 Keluhan Suami Ini Jarang Diketahui Istri, yuk Pahami Satu Sama Lain!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya