Comscore Tracker

5 Aturan Cancel Janji Kencan, Gak Bisa Sembarangan

Harus memperhatikan tata krama juga

Katanya, kencan adalah sarana yang bisa menunjukkan apakah kamu bisa bersama dengannya atau tidak. Pengenalan karakter dan juga penilaian sikap satu sama lain memang akan ditentukan dari kencan. Sehingga, kencan juga tidak bisa disepelekan begitu saja. 

Namun, pasti dalam pelaksanaannya ada saja kendala yang akan kamu alami. Seperti mendadak ada kerjaan atau urusan yang harus dikerjakan. Nah, untuk membatalkan jani kencan dengan gebetan juga ternyata ada aturannya, lho. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya. 

1. Jangan mendadak, minimal beberapa jam sebelumnya 

5 Aturan Cancel Janji Kencan, Gak Bisa Sembaranganilustrasi gawai (pixabay.com/StockSnap)

Walau kadang urusan itu tidak bisa ditebak kapan datangnya, tetapi kamu tidak bisa membatalkan janji hanya dalam kurun waktu menit. Usahakan untuk sudah bilang bahwa kamu tidak bisa beberapa jam sebelumnya. Kecuali jika memang urusannya itu sangat mendesak, pastinya dia akan maklum.

Tetapi kalau kamu tidak bisa hanya karena ada acara keluarga atau kerjaan, setidaknya kamu bisa bilang beberapa jam sebelumnya. Jadi, gebetan pun tidak keburu siap-siap atau sudah jalan ke tempat tujuan. Pikirkan juga kalau rumah gebetan itu jauh, sehingga harus berangkat lebih awal, ya. 

2. Berikan alasan yang masuk akal, jangan terkesan seperti menggampangkan

5 Aturan Cancel Janji Kencan, Gak Bisa Sembaranganilustrasi remaja (pixabay.com/pintoff)

Kalau kamu sudah membuat janji kencan dengan seseorang, pastikan untuk tidak membatalkannya hanya karena masalah sepele. Seperti mager, tidak punya uang, dan sebagainya. Karena hal ini akan membuat gebetan merasa tidak dihargai. Oleh sebab itu, pastikan sebelum mengiyakan sesuatu, periksa dengan baik jadwal kamu.

Apalagi jika dirimu memang sibuk dan punya banyak janji temu. Lebih baik pertimbangkan lagi dengan seksama sebelum ngajak jalan orang lain. Seharusnya kamu bisa memprioritaskan gebetan ya, karena dia punya potensi untuk menjadi pasanganmu. 

Baca Juga: 5 Etika Membatalkan Janji biar Gak Bikin Orang Kesal, Seperti Apa?

3. Jangan lupa atur janji kencan berikutnya

5 Aturan Cancel Janji Kencan, Gak Bisa Sembaranganilustrasi kencan (pixabay.com/StockSnap)

Jika memang kamu serius menyukai dirinya, jangan lupa untuk mengatur ulang janji temunya, ya. Karena ini akan membuat dirimu memang terkesan ingin bertemu, namun karena sesuatu hal terpaksa batal. Kebanyakan orang hanya membatalkan saja, tanpa membuat janji temu berikutnya. 

Padahal akan lebih baik dan beretika untuk mengatur janji temu berikutnya. Kalau hanya kamu batalkan sepihak saja, dia akan berpikir bahwa dirimu tidak serius dan main-main saja. Oleh karenanya, jika dirimu yang membatalkan ada baiknya kamu juga yang mencoba untuk mengatur janji temu di kemudian hari. 

4. Jangan terlalu sering membatalkan janji kencan

5 Aturan Cancel Janji Kencan, Gak Bisa Sembaranganilustrasi pasangan (pixabay.com/Karuvadgraphy)

Selanjutnya adalah jangan terlalu sering membatalkan janji kencan dengan gebetan. Karena itu akan membuat dirimu terkesan tidak serius dan hanya iseng belaka. Pikirkan baik-baik kalau kamu mengajak atau menerima tawaran jalan dari seseorang. Jangan terlalu cepat memberi keputusan kalau pada akhirnya kamu juga yang tidak bisa melaksanakan. 

Jadi, jangan sampai kamu mudah mengiyakan dan mudah membatalkan karena itu akan membuat dia kecewa. Perasaan siapa yang tak akan kesal, kalau kamu yang mengajak kemudian kamu pula yang membatalkan. Jadi, jangan sampai dirimu melakukan hal ini, ya. 

5. Berikan kompensasi ketika bertemu langsung

5 Aturan Cancel Janji Kencan, Gak Bisa Sembaranganilustrasi hadiah (pixabay.com/Bob_Dymt)

Ada baiknya kamu memberikan dia kompensasi atau hadiah saat akhirnya bertemu langsung. Sehingga kamu mengesankan bahwa batalnya pertemuan kemarin itu, sangat kamu sesali. Kompensasinya bisa mentraktir sesuatu, atau memberinya sesuatu yang dia sukai. 

Hal ini bisa membuat dirinya tidak akan terlalu kecewa sehingga bisa membuat dirinya ilfeel sama kamu. Jika memang dirimu menganggap dirinya penting dan punya potensi untuk jadi pacar, sebaiknya kamu tidak mudah untuk membatalkan pertemuan begitu saja.

Memang kamu punya kesibukan di luar kehidupan romansa. Tetapi, jangan sampai dirimu tak menghargai orang yang sudah punya janji sama kamu. Apalagi orang itu punya potensi untuk jadi pasanganmu. Hargai hati setiap orang yang mungkin sangat ingin bertemu denganmu dan sudah mengorbankan kepentingan dia juga. 

Baca Juga: 5 Cara Memenangkan Hati Gebatan di Kencan Pertama, Tertarik Coba?

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya