Comscore Tracker

5 Kelakuan Pasangan yang Sebenarnya Toksik, Bukan Cinta Lho!

Apakah kamu sering diperlukan seperti ini?

Membangun hubungan asmara dengan seseorang ternyata tidak mudah. Cinta memang indah, namun untuk mempertahankan dan membangun sebuah hubungan ternyata dibutuhkan usaha dan kerja keras. Bagaimana pun, kamu dan dia adalah pribadi yang berbeda. Secinta apa pun sama dia, hal itu harus kamu pahami.

Namun, berbeda ceritanya jika kamu memiliki pasangan yang toksik. Parahnya, jika kelakuan pacar yang toksik tidak kamu ketahui dan menganggap itu karena cinta.

Berikut lima kelakuan pacar yang sebenarnya adalah hal yang toksik. Jangan tertipu, ya!

1. Memaksamu untuk berubah

5 Kelakuan Pasangan yang Sebenarnya Toksik, Bukan Cinta Lho!ilustrasi pasangan bertengkar (pixabay.com/Javaistan)

Memaksa seseorang untuk berubah pasti bukan hal yang baik. Karena jika kamu memaksa seseorang berubah, hal tersebut akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi orang tersebut.

Misalnya saja kamu seorang yang tampil apa adanya. Namun, pasanganmu memaksa untuk kamu tampil modis dan mengikuti selera fashion dia. Hal ini tentunya membuktikan bahwa doi tidak bisa menerima kamu apa adanya.

Pasangan yang seperti ini tidak mencintai kamu apa adanya, karena memaksa kamu berubah demi selera dia pribadi. Tentu kamu tidak akan nyaman berhubungan dengan orang seperti ini. 

2. Membatasi hubunganmu dengan teman-teman tanpa alasan yang masuk akal

5 Kelakuan Pasangan yang Sebenarnya Toksik, Bukan Cinta Lho!ilustrasi merenung (pixabay.com/Pexels)

Memang ketika kamu sudah memiliki pasangan, maka dirimu harus menjaga sikap dalam pergaulan. Apalagi jika memang dirimu memiliki teman lawan jenis yang banyak.

Namun, tidak ada alasan bagi pasangan untuk membatasi hubunganmu dengan teman-teman selama hal itu tidak berdampak pada hubungan. Karena mungkin saja dirimu terlebih dahulu mengenal teman-teman baikmu daripada pasangan.

Membatasi hubunganmu dengan lingkungan sosial bisa membuktikan bahwa doi itu posesif dan cenderung ingin memiliki secara berlebihan. Serem, bukan?

Baca Juga: 5 Cara Lepas dari Toxic Relationship saat Kamu Sangat Mencintainya

3. Memintamu untuk menafkahinya 

5 Kelakuan Pasangan yang Sebenarnya Toksik, Bukan Cinta Lho!ilustrasi pasangan (pixabay.com/StockSnap)

Alasannya karena doi lagi kesulitan secara finansial. Namun, siapa sih orang yang tidak berjuang demi mendapatkan nafkah?

Jika doi menjadikan menafkahi dia sebagai keharusan buatmu, maka hal ini adalah hal yang sangat toksik. Menolong bolehlah, namun jangan sampai keterusan dan membuat dia jadi malas.

Pasangan seperti ini tentu hanya membuat dirimu sebagai ATM berjalan. Ketika sudah tak mampu memberinya uang, maka piliahnmu hanya dua, harus mencari uang yang lebih banyak atau kamu akan ditinggalkan olehnya. 

4. Melarangmu menghubungi dia kecuali dia yang menyuruh 

5 Kelakuan Pasangan yang Sebenarnya Toksik, Bukan Cinta Lho!ilustrasi gawai (pixabay.com/StockSnap)

Kamu diperlakukan layaknya simpanan yang mana hanya akan ditemui saat dia memang sedang butuh sama kamu. Alasannya karena doi sibuk dan mau fokus sama pekerjaannya.

Namun, bukankah cinta itu bikin kangen? Kamu akan selalu punya keinginan untuk bertemu dengan pasangan.

Tapi, jika doi malah membatasi dirimu untuk menghubunginya, bisa jadi doi bukan orang yang baik. Karena cinta yang baik itu tidak akan melarang dirimu untuk mengungkapkan kepedulian atau kasih sayang ke pasangan. 

5. Siapapun yang salah, harus kamu yang minta maaf

5 Kelakuan Pasangan yang Sebenarnya Toksik, Bukan Cinta Lho!ilustrasi pasangan (pixabay.com/chermitove)

Yang terakhir adalah kamu dipaksa yang harus selalu minta maaf. Padahal jelas-jelas dia yang bersalah. Namun, kamu yang dipaksa harus selalu minta maaf supaya hubungan bisa baik kembali. Padahal, hubungan itu harus dibangun oleh dua orang. Tidak bisa hanya seorang saja yang selalu mengalah dan meminta maaf.

Jika kamu berada di situasi seperti ini, cobalah duduk empat mata bersama pasangan. Bicarakan baik-baik bahwa ini bukanlah hubungan yang sehat. Maaf itu harus bisa keluar dari kedua pihak. Bukan satu pihak saja.

Jadi, jangan sampai dirimu menganggap lima hal di atas sebagai bentuk cinta dan sikap cute dari pasangan. Itu semua akan menjerumuskan dirimu ke dalam hubungan yang toksik. Semangat!

Baca Juga: 5 Hikmah yang Bisa Kamu Petik dari Toxic Relationship, Patut Diresapi!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya