Comscore Tracker

5 Penyebab Dirimu Susah Move On, Stop Menyalahkan Keadaan!

Dia selalu ada mewarnai pikiranmu

Dalam hidup ini tidak semua hal bisa kamu kendalikan, termasuk perasan pasangan. Kamu merasa sudah menjaga hubungan sekuat tenaga. Namun, kamu tidak pernah benar-benar tahu, apakah dari pihak pasangan melakukan hal yang sama atau tidak. Karena hubungan pasti tidak berjalan jika hanya satu pihak yang menginginkannya.

Alhasil, berpisah itu bukan hal baru dalam hubungan. Namun setelah waktu berjalan, rasanya kamu sulit sekali untuk move on. Selalu saja terbayang oleh kenangan masa lalu. Ternyata lima hal ini yang jadi penyebabnya!

1. Dirimu masih melakukan investasi kepada mantan

5 Penyebab Dirimu Susah Move On, Stop Menyalahkan Keadaan!ilustrasi gawai (pixabay.com/StockSnap)

Investasi ini maksudnya apa? Investasi ini ibarat kamu yang masih meluangkan waktu untuk cek sosial medianya, cek riwayat chatting kalian, menanyakan kabar mantan ke teman, dsb. Itu semua adalah bentuk Investasi yang membuat dirimu susah lupa akan mantan. 

Hal ini akan membuat kamu seperti waktu PDKT dulu, terus kepo sama apa yang dia lakukan. Lantas, bagaimana mau move on, kalau kamu masih Investasi di bidang yang sebenarnya sudah kandas? Ayo, coba jangan iseng ngecek keadaan mantan. 

2. Tidak mau terbuka sama gebetan baru 

5 Penyebab Dirimu Susah Move On, Stop Menyalahkan Keadaan!ilustrasi pasangan (pixabay.com/freestocks_photos)

Mungkin kamu merasa sudah berusaha terbuka sama orang baru. Namun, ketika ada hal yang biasa kamu dapat dari mantan, sedangkan gebetan tidak bisa melakukannya, kamu jadi teringat lagi dan lebih memilih kenangan bersama mantan itu. 

Padahal belum tentu yang tidak bisa dilakukan gebetan baru itu merupakan kelemahan mereka. Hanya pola pikirmu sudah menguatkan jika kamu harus diperlakukan seperti mantanmu dulu.

Hal ini yang akan membuat kamu terpenjara dalam kenangan akan mantan. Alhasil, move on sangat sulit kamu hadapi. Walau sudah pisah lama, tetap dirimu tak bisa melupakan. 

Baca Juga: Menurut Penelitian, 5 Tips Move on bagi yang Masih Cemburu sama Mantan

3. Terlalu sering menceritakan mantan

5 Penyebab Dirimu Susah Move On, Stop Menyalahkan Keadaan!ilustrasi pasangan (pixabay.com/pasja1000)

Kebiasaan ini tanpa sadar malah membuatmu akan selalu teringat sama mantan. Lagi ngobrol sama gebetan baru, kamu malahan asyik menceritakan pengalaman masa lalu. Sudah tahu ending-nya nyakitin, tapi malah kamu ceritain berulang kali. 

Hal ini jadi membuat dirimu merasa kenangan itu belum sepenuhnya hilang dari dirimu. Bahkan, topik ini masih hangat jadi perbincangan jika kamu bertemu teman-temanmu. Lantas, bagaimana bisa lupa jika terus diceritakan? 

4. Suka sekali bernostalgia dengan mengunjungi tempat kenangan

5 Penyebab Dirimu Susah Move On, Stop Menyalahkan Keadaan!ilustrasi passion diri (pixabay.com/CaiHuuThanh)

Mungkin sewaktu kalian pacaran dulu, ada beberapa tempat yang biasa dikunjungi saat kencan. Nah, setelah putus pun sudah tahu kamu masih belum bisa move on, malah ditambah mengunjungi tempat itu. Sendirian pula datangnya. Alhasil hal yang pasti terjadi adalah galau kembali. 

Kamu merasa dulu kamu selalu datang berdua, tertawa bersama. Sekarang hanya sendiri dan melihat orang lain bersama pasangannya. Yang ada malah dirimu membuat luka sendiri dan tidak membiarkannya kering. Ayo dong, sadar semua itu sudah jadi masa lalu!

5. Selalu membawa mentalitas korban

5 Penyebab Dirimu Susah Move On, Stop Menyalahkan Keadaan!ilustrasi kecewa (pixabay.com/hamedmehrnik)

Yang terakhir adalah karena dirimu selalu menyandang dan bangga dengan mentalitas korban. Dirimu menganggap bahwa kamu korban dari pasangan yang tidak baik. Padahal, dirimu juga pasti memiliki andil yang dalam perpisahan yang terjadi. Kamu pastinya akan terus sakit jika memikirkan hal ini.

Harusnya kamu berpikiran bahwa perpisahan ini memang terjadi karena dirimu pun ingin bahagia dan tak mau terus tersakiti. Kamu bukan korban, melainkan orang yang memang ingin hidup lebih bahagia. 

 

Jadi, kebanyakan dirimulah sosok yang membuat move on susah dilakukan. Jangan terus melakukan lima hal di atas jika ingin membuka hati untuk orang lain. Yuk, sudah waktunya sadar dan kembali bahagia seperti dulu!

Baca Juga: 6 Hal Ini Wajar Kamu Rasakan saat Berusaha Move On, Nikmati Prosesnya

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya