Comscore Tracker

Simpel Kok, 5 Tips Saat Kamu Tiba-tiba Merasa Insecure Pas Pacaran!

Namanya juga manusia, wajar

Ternyata, insecure itu ibarat cinta juga, lho. Gak bisa kamu terka kapan itu datang. Mungkin aja kamu bilang bahwa dirimu itu sangat percaya diri. Namun, pasti ada momen dalam hidupmu, apalagi saat pacaran yang membuat kamu insecure.

Lantas gimana sih cara melewatinya? Apalagi jika perasaan ini muncul di saat kamu dan dia udah menjalin hubungan. Berikut lima tips simpel kalau kamu insecure saat pacaran.

1. Harus bilang terus terang sama pasanganmu

Simpel Kok, 5 Tips Saat Kamu Tiba-tiba Merasa Insecure Pas Pacaran!pixabay.com/ionasnicolae

Yang pertama adalah kamu harus jujur sama pacarmu. Kamu harus buang rasa malu, aneh, atau apapun itu ketika kamu akhirnya jujur sama pacar kalau kamu lagi insecure.

Karena ingat, kunci hubungan yang baik adalah kejujuran. Jadi, ketika kamu sendiri gak jujur dan tiba-tiba kamu jadi berubah karena efek insecure, maka jangan salahkan pasangan kalau dia jadi seolah gak ngerti dirimu.

2. Telusuri apa penyebab dari rasa insecure-mu itu

Simpel Kok, 5 Tips Saat Kamu Tiba-tiba Merasa Insecure Pas Pacaran!pixabay.com/Free-Photos

Penyebab insecure ini juga banyak banget, guys. Sebaiknya kamu ambil waktu untuk merenung, kenapa seorang yang PD abis kayak kamu jadi merasa kecil dan gak menarik? Kenapa kamu merasa gak layak buat mendampingi pasangan yang kamu sayangi?

Salah satu penyebabnya mungkin saat pasangan bisa lebih sukses kariernya atau lebih populer dan punya pengaruh yang besar di lingkungan, sementara kamu bukan siapa-siapa dan biasa-biasa aja. Tapi, kalau dia mau nerima kamu, harusnya kamu gak perlu insecure terlalu lama.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Insecure Menguasai Hubunganmu dengan Pasangan

3. Jangan salurkan rasa insecure jadi rasa cemburu dan pengekang pasangan

Simpel Kok, 5 Tips Saat Kamu Tiba-tiba Merasa Insecure Pas Pacaran!pixabay.com/nicolagiordano

Apa sih output dari rasa insecure saat kamu pacaran? Output-nya adalah rasa cemburu dan kekangan pada pasangan. Pasangan ngobrol dengan lawan jenis aja kamu bisa marahnya gak karuan.

Itu karena kamu takut kehilangan posisi di hatinya. Padahal, pasangan sih masih sama dengan biasanya. Cuma kamunya aja yang merasa dia memandangmu rendah. Bahaya banget kan delusinya akibat insecure?

4. Jangan justru milih menjauh dari pasangan terlalu lama

Simpel Kok, 5 Tips Saat Kamu Tiba-tiba Merasa Insecure Pas Pacaran!pixabay.com/Pexels

Saat kamu insecure, justru jangan menarik diri dari pasangan. Ya bolehlah sebentar aja. Tapi jangan kelamaan, lakukan aja rutinitas kencan seperti biasa.

Jangan malah menghilang tanpa kabar. Pacar itu gak bisa digituin, yang ada malah nambah masalah baru. Tapi juga jangan ngikutin pasangan kemana aja, karena nanti malahan kamu dianggap jadi over protective.

5. Tingkatkan rasa percayamu ke pasangan dengan usaha nyata

Simpel Kok, 5 Tips Saat Kamu Tiba-tiba Merasa Insecure Pas Pacaran!pixabay.com/StockSnap
Sebenarnya ada efek positif juga dari rasa insecure yang kamu rasakan, yaitu kamu jadi bisa upgrade dirimu. Gak semua orang bisa merasakan kalau dia itu perlu meningkatkan kualitas hidup.
 
Nah, dengan rasa insecure kamu jadi bisa menjadi versi yang lebih baik, terutama buat modalmu menjadi calon pasangan hidup yang baik. 
 
 
Itulah tadi tips di atas bisa membantu kamu yang lagi insecure supaya bisa segera melewati rasa insecure kamu, ya. Intinya insecure pasti terjadi. Namun, jangan kelamaan juga!

Baca Juga: 5 Sikap Insecure yang Harus Dibuang Jauh-jauh kalau Mau Berkomitmen

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya