Comscore Tracker

Kurangi, 5 Alasan Keseringan Kumpul Bareng Teman Gak Baik untuk Kamu

Seru sih seru, tapi...

Kumpul bareng teman memang paling asyik, bahkan bisa lupa waktu. Apalagi kalau kamu sudah terlanjur nyaman dengan sifat dan kebiasaan mereka. Namun, terlalu sering kumpul bareng teman justru tidak baik untuk kamu, lho!

Berikut lima alasan kenapa kamu mesti mengurangi kebiasaan kumpul-kumpul bareng teman. Coba deh resapi dulu, siapa tahu ternyata selama ini kamu mengalaminya.

1. Kamu gak punya banyak waktu untuk introspeksi diri sendiri

Kurangi, 5 Alasan Keseringan Kumpul Bareng Teman Gak Baik untuk Kamupexels.com/Kelvin Valerio

Benar, sebab waktumu habis bersama teman-temanmu saja. Pulang kuliah atau kerja, kamu langsung pergi nongkrong sama teman, tanpa pernah memikirkan waktu untuk diri sendiri.

Padahal semakin sering menyendiri, kamu mampu mengintrospeksi diri menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi, kamu bisa segera tutupi kekurangan kamu dengan kelebihan.

2. Ada kemungkinan komunikasi kamu agak renggang dengan orang-orang tercinta

Kurangi, 5 Alasan Keseringan Kumpul Bareng Teman Gak Baik untuk Kamupexels.com/Ketut Subiyanto

Hubungan kamu dan teman-temanmu memang lancar, tapi tidak dengan keluarga atau pacar. Sebab, kamu sudah tidak punya waktu untuk mereka. Waktumu betul-betul habis untuk teman-teman yang belum tentu mau mengorbankan waktunya untuk kamu.

Boleh berteman, tapi ada batasannya. Kamu gak perlu mengorbankan waktu untuk keluarga hanya demi teman. Bagilah waktu dengan baik agar keharmonisan tetap terjaga, baik dengan keluarga, pacar, dan teman.

3. Sedikit banyaknya mereka tahu seperti apa kehidupanmu yang sesungguhnya

Kurangi, 5 Alasan Keseringan Kumpul Bareng Teman Gak Baik untuk Kamupexels.com/Pressmaster

Kamu memang gak berniat memberi tahu mereka tentang kehidupanmu yang sebenarnya. Kamu hanyut dalam bujuk rayu mereka untuk jujur tentang semuanya karena sudah menanggap mereka teman. 

Padahal, apa yang kamu ceritakan bisa saja menjadi bumerang untuk diri sendiri di masa depan nanti. Lebih baik buat batasan karena orang yang kamu anggap teman justru yang lebih sering menjadi pengkhianat.

Baca Juga: 5 Tanda Tersembunyi Bahwa Persahabatan yang Kamu Jalani Itu Gak Sehat!

4. Rencanamu untuk nabung gagal total

Kurangi, 5 Alasan Keseringan Kumpul Bareng Teman Gak Baik untuk Kamupexels.com/Karolina Grabowska

Mau nabung? Mana bisa, habisnya kamu terlalu sering nongkrong sama teman. Uang yang sudah disisihkan terlanjur terpakai untuk hal-hal di luar anggaran bulanan kamu.

Bagi kamu yang ingin hidup hemat, sebaiknya kurangi porsi kumpul sama teman. Yang tadinya 2 kali seminggu, sekarang sekali saja agar benar-benar bisa hemat.

5. Terjerumus dalam arus pertemanan yang toxic

Kurangi, 5 Alasan Keseringan Kumpul Bareng Teman Gak Baik untuk Kamupexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Khususnya pertemanan di lingkungan cewek nih, pasti lebih sering gosip daripada membicarakan hal-hal yang berfaedah. Asal ada orang yang upload foto cantik dikit di Instagram, misalnya, langsung dikomentari. Hal inilah yang membuat pertemanan kamu menjadi toxic

Kalau kamu merasa demikian, segera kurangi porsi kumpul-kumpul. Lebih baik habiskan waktumu di rumah, menyendiri atau bersama orang-orang tercinta yang jauh lebih berfaedah.

Kumpul-kumpul boleh, tapi tetap ada batasan. Jangan lebih sering kumpul-kumpul daripada membahagiakan diri sendiri dan keluarga, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Menandakan Kamu Berada di Lingkungan Persahabatan yang Positif

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya