Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Teman yang Marah-marah Gak Jelas sama Kamu

#IDNTimesLife Nih, untuk kamu yang selalu jadi korban

Punya teman yang suka marah-marah gak jelas tentu menyebalkan apalagi kamu gak tahu penyebabnya. Datang-datang langsung marah, misalnya, yang sontak membuatmu bertanya apa yang sebenarnya terjadi padanya. 

Sekali dua kali masih bisa diterima, tapi kalau berkali-kali tentunya gak terima, kan? Nah, agar gak berujung pada sakit hati atau perpecahan, ikuti 5 cara menghadapi teman yang suka marah-marah gak jelas berikut ini.

1. Biarkan dia marah-marah sendiri

5 Cara Menghadapi Teman yang Marah-marah Gak Jelas sama Kamupexels.com/Andrea Piacquadio

Hal pertama untuk menyikapinya ialah membiarkan dia marah-marah sendiri. Biarkan dia selesaikan dulu semua ocehannya karena kalau kamu potong, maka amarahnya bisa semakin meledak. Dan tentunya akan semakin mengacaukan suasana.

Kalau kamu gak tahan dengan sikapnya, lebih baik tinggalkan dia atau pasang headset. Dengan begini, hidupmu jauh lebih tenang karena kamu gak dengar apa pun yang dia bicarakan.

2. Jangan marah balik!

5 Cara Menghadapi Teman yang Marah-marah Gak Jelas sama Kamupexels.com/Anna Shvets

Kesal dong punya teman yang datang-datang langsung marah gak jelas? Meski kesal, usahakan jangan marah balik karena dia pasti akan melawan. Bahkan gak segan mengucapkan kata-kata kasar yang bisa bikin sakit hati.

Lebih baik tanyakan apa yang terjadi padanya, lalu berikan dia solusi terbaik yang kamu bisa. Semoga dengan begini amarahnya bisa reda secara perlahan.

3. Cari bahan lelucon supaya suasana gak terlalu menegangkan

5 Cara Menghadapi Teman yang Marah-marah Gak Jelas sama Kamupexels.com/Ketut Subiyanto

Bercanda sama teman yang lagi marah memang berisiko. Tapi disini, apa yang kamu candain gak ada kaitannya sama masalah yang dia bicarakan, melainkan tentang ekspresi dia saat marah. 

Kalau mau, kamu bisa ambilkan cermin dan taruh di hadapannya agar dia bisa lihat bagaimana ekspresinya saat marah. Cara ini dijamin bikin dia melt down

Baca Juga: Jangan Takut, Ini 5 Tips Berteman di Tempat Kerja Bagi Kaum Introvert

4. Tinggalkan dia sendirian

5 Cara Menghadapi Teman yang Marah-marah Gak Jelas sama Kamupexels.com/Engin Akyurt

Ada orang yang kalau lagi marah gak mau diganggu. Dan kalau temanmu termasuk tipikal yang seperti ini, lebih baik diamkan dan tinggalkan dia sendirian. Kamu gak perlu tanyakan apa-apa dulu untuk sekarang karena ini bukan saat yang tepat.

Kamu bisa pergi ke ruangan lain dimana kamu gak akan mendengar ocehan temanmu itu. Dengan begini, hidupmu pun jauh lebih tenang. 

5. Tanyakan apa yang membuatnya marah, tapi saat amarahnya reda

5 Cara Menghadapi Teman yang Marah-marah Gak Jelas sama Kamupexels.com/Ketut Subiyanto

Kamu hanya boleh bertanya apa yang bikin dia marah saat amarahnya reda. Saat dia benar-benar dalam kondisi tenang, sehingga kamu gak terkena imbas dari amarahnya. Bertanya juga harus hati-hati dan jangan memaksa. Kalau dia gak mau cerita sekarang, ya sudah biarkan saja.

Nanti kalau dia sudah merasa baikan dikit, dia pasti akan cariin kamu dan cerita. Atau mungkin minta solusi atas masalah yang dia hadapi. Disinilah kamu boleh memainkan dua peran sekaligus, yaitu sebagai teman dan penasehat terbaik untuknya.

Sekarang kamu gak perlu pusing menghadapi teman yang suka marah-marah gak jelas kepadamu. Terapkan cara di atas and voila! Kalau kamu punya cara lain yang gak kalah ampuh, bisa bagikan di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Orang yang Tertutup agar Bisa Berteman denganmu

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya