Comscore Tracker

Berhentilah, 5 Kebiasaan Ini Bikin Orang Lain Kurang Antusias Padamu

Kamu sendirilah yang jadi penyebabnya...

Orang-orang yang dulunya sangat antusias tiba-tiba kurang sreg terhadap kehadiranmu di tengah-tengah mereka? Bukan tanpa alasan, bisa jadi karena ada satu atau dua kebiasaan yang telah berubah dari dalam dirimu. Namun, kamu tidak menyadarinya sehingga kamu gagal mengintrospeksi diri.

Kira-kira, kebiasaan apa saja yang membuat orang lain kurang antusias terhadapmu? Yuk, cek pada poin-poin berikut!

1. Kamu yang dulunya pendiam berubah menjadi sosok yang supersupel

Berhentilah, 5 Kebiasaan Ini Bikin Orang Lain Kurang Antusias Padamuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu sering mengira hal ini sebagai pertanda bagus karena kamu jadi punya banyak teman, tapi tidak semua orang menyukainya. Beberapa dari mereka justru merasa kehilangan sosok dirimu yang dulu: sosok yang pendiam.

Sikapmu yang dingin inilah yang dulu membuat mereka penasaran terhadap jati dirimu yang sebenarnya. Namun sekarang, rasa penasaran itu hilang karena tanpa ditanya pun kamu sudah membongkar semuanya. Gak heran kalau mereka jadi kurang antusias kepadamu.

2. Mengumbar-umbar keberhasilan yang membuatmu terkesan menyombongkan diri 

Berhentilah, 5 Kebiasaan Ini Bikin Orang Lain Kurang Antusias Padamuunsplash.com/Helena Lopes

Kamu berhasil menjadi siswa atau karyawan terbaik? Baguslah, tapi kamu gak perlu mengumbar-umbar keberhasilanmu ini kepada orang lain, apalagi sampai menjadikannya sebagai topik pembicaraan selama seharian karena ini membuatmu terkesan seperti menyombongkan diri.

Bagaimanapun juga, kamu harus menghargai teman-temanmu yang belum berprestasi. Suguhkan topik pembicaraan lain yang lebih menarik yang membuat orang lain antusias mendengarnya.

Baca Juga: Terlihat Baik, 5 Hal Ini Justru Bikin Persahabatan Kurang Nyaman! 

3. Selalu membahas tentang diri sendiri, keluarga, dan orang-orang terdekat  

Berhentilah, 5 Kebiasaan Ini Bikin Orang Lain Kurang Antusias Padamuunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Membicarakan diri sendiri, keluarga, atau teman-teman terdekat sebenarnya boleh, tapi sesekali saja dan jangan terus-menerus. Selain membosankan, topik ini juga membuat orang lain kurang antusias bahkan ilfeel terhadapmu.

Lebih baik cari topik pembahasan lain yang lebih menarik dan bermanfaat, misalnya seputar karier, ekonomi, travel, atau hobi. Topik seperti ini memberi banyak ilmu dan semakin membuka wawasan, lho!

4. Kamu pernah membuat orang lain kecewa   

Berhentilah, 5 Kebiasaan Ini Bikin Orang Lain Kurang Antusias Padamuunsplash.com/Akson

Ibarat nila setitik rusak susu sebelanga, begitulah hubunganmu dengan orang lain. Sejuta kebaikan yang pernah kamu lakukan lumpuh hanya dengan satu kesalahan saja. Inilah faktor lain yang terkadang mengurangi antusiasme orang-orang terhadapmu.

Menyedihkan? Memang, tapi kamu gak perlu khawatir. Teruslah berbuat baik karena ini akan menyadarkan orang-orang di sekitar tentang kebaikanmu sehingga antusias mereka pun bisa kembali seperti semula.

5. Kamu mulai menyukai gosip, bahkan mau menggosipi teman sendiri

Berhentilah, 5 Kebiasaan Ini Bikin Orang Lain Kurang Antusias Padamuunsplash.com/Ben White

Sekali saja ikutan grup gosip, antusias orang di sekitarmu pasti akan berkurang. Selain membuang waktu, menggosip sangat merugikan karena dapat memicu terjadinya perselisihan yang gak seharusnya terjadi. Bahkan, persahabatan bak pinang dibelah dua pun bisa hancur.

Kalaupun temanmu menggosip, lebih baik diam. Kamu gak perlu mencampuri apa yang mereka gosipi, apalagi menebar berita hoaks. Sebab, ini hanya akan merusak citramu di hadapan banyak orang.

Kalau kamu gak mau antusiasme orang lain berkurang, sebaiknya jangan lakukan lima hal di atas, ya! 

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Membuat Persahabatan Kamu Menjadi Lebih Seru

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya