Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada yang Tidak Beres dengan Pernikahanmu!

Selamatkan pernikahanmu!

Pernikahan adalah akad sakral dan momen sekali seumur sehidup, ada banyak hal yang terjadi selama mengarungi rumah tangga. Ada suka, ada duka, ada kebersamaan dan bahkan ada yang berujung perpisahan ketika kita tidak mengetahui hakikat  dan tujuan pernikahan itu sendiri.

Berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab rusaknya rumah tangga, bahkan hanya karena masalah sepele yang berakibat fatal. Masalah bisa saja timbul dari pribadi pasangan, orang ketiga, mertua, saudara dari pasangan, masalah anak, masalah himpitan ekonomi, kurangnya waktu bersama keluarga karena terpisah jauh dan lain sebagainya.

Ada yang bisa sabar dan bertahan dengan ujian yang dihadapinya dalam rumah tangga dan ada pula sebaliknya. Terkadang semua itu terjadi karena tidak adanya rasa syukur terhadap pasangan yang dimiliki sehingga dapat  menjadi sebuah petaka bagi kerukunan rumah tangganya.

Berikut ada 5 tips untuk mempertahankan rumah tangga yang mulai tidak beres.

1. Cari tahu apa penyebab kerusakan rumah tangga

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada yang Tidak Beres dengan Pernikahanmu!pexels.com/Noelle Otto

Perhatikan gerak gerik pasangan, pembawaan dan tingkah lakunya, sesekali kita perlu mengecek pesan yang ada di telepon genggamnya. Seseorang yang tengah di mabuk asmara terkadang bertingkah sangat aneh dan lain dari biasanya. Ada waktunya sebuah kebusukan itu lama kelamaan akan terbongkar walau serapat apa pun menyimpannya.

2. Bersikap tenang

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada yang Tidak Beres dengan Pernikahanmu!pexels.com/João Jesus

Siapa pun pasti akan sakit hati dan terluka apabila pasangannya sendiri sudah berkhianat, tapi kamu harus tetap tenang. Jangan langsung mengambil keputusan ketika marah, karena segala sesuatu yang diputuskan ketika marah akan membawa penyesalan di kemudian hari. Tenangkan pikiran, segera berdoa dan minta jalan keluar pada Tuhan.

Baca Juga: 5 Daftar Kelompok yang Sebaiknya Gak Kamu Undang ke Pernikahanmu

3. Mengklarifikasi bukti yang didapat bersama pasangan

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada yang Tidak Beres dengan Pernikahanmu!pexel.com/pixabay

Mulailah bermusyawarah dengan hati dingin bersama pasangan, tanyakan apa kesalahan yang ada pada diri kita, apa yang dia mau, dan apakah hubungan ini akan tetap berlanjut atau tidak. Apabila ia masih membutuhkan kita dan tidak mau berpisah, mulailah kemukakan apa yang kamu harapakan padanya setelah ini.

4. Introspeksi diri

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada yang Tidak Beres dengan Pernikahanmu!pexels.com/the collab

Terkadang sumber masalah itu timbul bukan dari salah satu pasangan saja tapi bisa saja karena kesalahan dan kealpaan dari diri kita sendiri yang tidak kita sadari. Sebisa mungkin perbaiki diri dan tata hati kembali.

5. Sabar atas ujian yang diberikan Tuhan

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada yang Tidak Beres dengan Pernikahanmu!pexels.com/Inzmam Khan

Sabar bukan berarti membiarkan pasangan kita berbuat apa saja yang dapat merusak rumah tangga kita termasuk untuk berselingkuh. Sabar adalah menerima segala yang ditetapkan Tuhan atas kita dengan tenang dan ikhlas. Mungkin ini sebuah cobaan dan teguran atas kelalaian kita terhadap rumah tangga kita.

6. Selalu berdoa pada Tuhan

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada yang Tidak Beres dengan Pernikahanmu!pexels.com/Ali Arapoglu

Selalu lah berdoa agar kita terlepas dari segala macam petaka dalam rumah tangga dan mintalah petunjuk pada Tuhan jalan mana yang harus ditempuh demi mempertahankan keutuhan rumah tangga.

Pikirkan ke depan sebelum memutuskan segala sesuatu, meskipun tidak ada satu orang pun yang menginginkan pasangannya berkhianat, hanya saja kita juga perlu melihat apa kesalahan yang ada pada diri kita sendiri sehingga membuat pasangan melakukan demikian. Jika itu memang dari bersumber dari kamu, perbaiki diri sebaik mungkin dan berdoalah agar dia tidak terjerumus lagi.

Semoga pernikahanmu dapat dipertahankan selamanya!

Baca Juga: 6 Nasihat Pernikahan ala Artis Maya Septha yang Perlu Diingat!

Lathifah. B Photo Verified Writer Lathifah. B

Try to be better and be a kind woman.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You