Comscore Tracker

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorang

Bisa jadi red flags loh!

Mungkin, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah red flags dalam hubungan asmara. Red flags sendiri adalah suatu tanda yang menunjukkan peringatan terhadap bahaya yang serius dalam hubungan.

Namun, pernahkah kamu mendengar istilah yellow flags? Yellow flags bisa terjadi saat di tahap awal menjalin hubungan atau biasa disebut dengan berkencan.

Meski tidak semuanya, pada keadaan tertentu ada kemungkinan yellow flags dapat mengarah pada red flags. Apa saja tanda-tandanya? Simak ulasan di bawah ini hingga selesai, ya.

1. Pasanganmu tidak punya pekerjaan

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorangilustrasi pengangguran (pexels.com/Ron Lach)

Tanda yellow flags yang pertama adalah saat pasanganmu tidak punya pekerjaan. Bahkan, ini bisa berubah menjadi red flags jika dia tidak melakukan upaya yang sungguh-sungguh untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Sebab, ia masih terus mengharapkan bantuan finansial dari orangtuanya. 

Kamu masih bisa mempertimbangkannya jika pasanganmu punya kreativitas dan berusaha menghasilkan uang, meski belum memiliki pekerjaan tetap. Pasalnya, menghidupi diri sendiri merupakan tanggung jawab setiap orang terhadap dirinya sendiri. Dengan begitu, kamu sudah bisa menilai apakah dia termasuk orang yang bertanggung jawab atau sebaliknya.

2. Pasanganmu sedang terlilit utang

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorangilustrasi kartu kredit (unsplash.com/Avery Evans)

Jika seseorang terus berutang tanpa memikirkan bagaimana cara membayarnya, hal ini mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang salah. Bisa jadi, dia memiliki manajemen keuangan yang buruk, pengeluaran yang berlebihan, atau tidak adanya pemasukan dalam jangka panjang.

Terlilit utang termasuk salah satu masalah serius. Hal ini pun dapat mempengaruhi psikis orang yang mengalaminya. Hidup menjadi tidak tenang, terbebani, dan mengakibatkan lelah mental.

Ini akan berdampak pada perangainya, termasuk dalam berhubungan. Sebelum  memutuskan untuk melanjutkan atau memutuskan hubungan dengan orang yang terlilit utang, kamu perlu mempertimbangkannya secara matang. 

Baca Juga: 6 Red Flags Romansa yang Lebih Bahaya dari Perselingkuhan

3. Pasanganmu selalu terlambat

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorangilustrasi sedang menunggu (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Terlambat sesekali bukanlah masalah besar. Namun, jika kamu selalu saja menunggu pasanganmu yang datang terlambat saat berkencan, ini bisa mengindikasikan bahwa dia sama sekali tidak menghargai waktumu. Kamu perlu berhati-hati, karena ini bisa menjadi masalah yang besar di kemudian hari. 

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membicarakan masalah ini padanya. Jika dia tidak berubah, pertimbangkan kembali apakah kamu akan tetap melanjutkan hubungan dengannya atau memutuskannya.

4. Pasanganmu tidak pernah memiliki hubungan jangka panjang

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorangilustrasi pasangan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Saat mengetahui bahwa pasanganmu tidak pernah menjalin hubungan dalam jangka panjang, ini bisa menjadi salah satu tanda yellow flags, lho. Jika mau berpikir positif, mungkin saja dia memang belum menemukan orang yang tepat di waktu yang tepat pula. 

Namun, kamu juga harus berhati-hati. Pasalnya, ini juga memiliki kemungkinan bahwa pasanganmu punya masalah trust issue yang jadi penghambat jalinan cinta kalian. Temukan penyebab mengapa dia tidak pernah menjalin long term relationship. Lalu, pertimbangkan secara matang sebelum mengambil keputusan.

5. Pasanganmu tidak memiliki hobi dan ketertarikan

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorangilustrasi bermalas-malasan (pexels.com/Tamba Budiarsana)

Merupakan hal yang wajar jika setiap orang memiliki rasa bosan terhadap aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari. Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, mereka dapat melakukan hobi yang dimiliki. Jika pasanganmu adalah seorang yang tidak memiliki hobi dan ketertarikan, maka kamu perlu waspada.

Mungkin pasanganmu memang belum menemukan tujuan hidupnya. Namun, ini juga bisa mengindikasikan bahwa dia punya sifat pemalas dan apatis. Jika seseorang tidak memiliki hal positif untuk dilakukan, mungkin dia menjadi terlalu terobsesi denganmu dan terlalu sering mengganggu waktumu.

6. Pasangan tidak pernah mau berbicara tentang  keluarganya kepadamu

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorangilustrasi mengobrol (pexels.com/Mentatdgt)

Ada beberapa kemungkinan jika pasanganmu tak mau menceritakan tentang keluarganya. Bisa jadi, dia tidak mau menceritakan kehidupan keluarganya pada orang lain. Namun, kamu juga harus berhati-hati karena hal ini bisa mengindikasikan ke hal yang negatif. 

Pasanganmu bisa saja tidak memiliki keseriusan denganmu. Kemungkinan buruk lainnya adalah dia memiliki masalah dan trauma yang belum terselesaikan yang berkaitan dengan  keluarganya. 

7. Dia selalu menganggap bahwa mantan adalah penyebab kegagalan dari hubungan sebelumnya

Hati-hati, Ini 7 Tanda Yellow Flags saat Berkencan dengan Seseorangilustrasi pasangan (pexels.com/Trinity Kubassek)

Menjalin hubungan romansa dilakukan atas persetujuan dua orang dan akan menjadi tanggung jawab bersama. Memutuskan untuk mengakhiri hubungan bukan menjadi masalah jika memang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun, melimpahkan kesalahan sepenuhnya pada orang lain bukan merupakan hal yang bijak. 

Kamu juga tidak boleh menghakimi karena kamu tidak mengetahui keseluruhan cerita. Namun, tetaplah berhati-hati. Sebab, hal ini bisa berubah menjadi red fags jika suatu saat terbukti bahwa pasanganmu adalah orang yang suka melimpahkan kesalahan pada orang lain. 

Itulah tanda-tanda yellow flags yang harus kamu waspadai di awal menjalin hubungan. Itu semua tergantung dengan toleransi kamu miliki dan keputusan yang akan kamu ambil. Dalam kondisi tertentu, tanda-tanda tersebut dapat menjadi red flags dalam sebuah hubungan, lho.

Baca Juga: 5 Tanda Green Flags dalam Hubungan Percintaan, Bikin Nyaman Terus! 

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya