Comscore Tracker

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikah

#ANGPOIN Penting dilakukan agar kalian makin kompak

Menikah adalah impian hampir semua orang terutama para pasangan yang sudah cukup lama menjalin hubungan asmara. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan bersama pasangan setelah menikah nanti.

Tentu saja sebelum pernikahan itu digelar, ada banyak sekali hal yang akan kamu dan pasanganmu alami. Mulai dari canda, tawa, pertengkaran, rasa bosan, permasalahan restu keluarga, hingga kehadiran pihak lain yang turut memperkeruh suasana.

Namun hal tersebut wajar terjadi dalam sebuah hubungan tak terkecuali pada hubungan kalian. Pandai-pandailah dalam memilih solusi bersama agar hubungan yang kalian bangun dengan susah payah dapat makin kokoh dari hari ke hari.

Nah, untukmu dan pasangan yang sudah berhasil melalui berbagai permasalahan yang ada dan berencana untuk segera menikah, berikut ini adalah tujuh hal penting yang harus dipersiapkan secara matang sebelum menggelar acara pernikahan.

1. Konsep acara pernikahan yang disetujui dua keluarga

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikahhitsbanget.com

Menikah adalah menyatukan dua keluarga, bukan? Maka dari itu, pilihlah konsep acara pernikahan yang tak memberatkan salah satu pihak dan dapat diterima dengan baik oleh kedua belah pihak tanpa harus menimbulkan perdebatan yang berarti.

Bijaksanalah dalam menentukan konsep pernikahan karena hal ini akan menjadi babak baru dalam kehidupanmu dan pasangan nantinya. Mungkin ada baiknya bila kamu dan pasangan tak perlu memaksakan keadaan apabila memang dana yang dimiliki tak terlalu banyak. Cukup adakan acara yang sederhana namun berkesan bagi kedua keluarga.

2. Melengkapi administrasi dan dokumen-dokumen jelang pernikahan

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikahinovasee.com

Hal yang terlihat sepele namun amat penting adalah kelengkapan administrasi dan dokumen-dokumen penunjang pernikahan. Kalian harus mempersiapkan itu semua minimal 4 bulan sebelum acara digelar agar tak timbul masalah.

Hal yang harus dipersiapkan adalah kalian wajib mendatangi RT, RW, Kelurahan, KUA dan Puskesmas setempat untuk melengkapi segala keperluan administrasi tersebut karena apabila kalian mempersiapkannya tak dari jauh-jauh hari, kemungkinan dokumen-dokumen yang kalian serahkan ke instansi terkait akan tertahan sementara waktu oleh dokumen-dokumen pasangan lain yang sudah terlebih dahulu mempersiapkannya.

Ingat ya, yang akan melangsungkan pernikahan bukan hanya kalian lho. Maka persiapkan dari jauh-jauh hari.

3. Katering dan penyajian makanan untuk para tamu undangan tak boleh asal-asalan

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikahtheweddingrose.com

Khusus untuk katering dan penyajian makanan, kamu bisa berkonsultasi dengan ibumu atau calon ibu mertuamu karena jam terbang mereka jauh lebih tinggi daripada kamu untuk urusan makanan.

Jangan sungkan untuk meminta bantuan mereka agar apa yang kamu dan pasanganmu sajikan saat acara pernikahan nanti tak terkesan asal-asalan dan dianggap tak menghargai tamu undangan yang hadir.

Baca Juga: 9 Tips Merencanakan Pernikahan Agar Tidak Bangkrut Setelah Hari H

4. Dokumentasi pernikahan pun tak boleh luput dari perhatian

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikahrockmywedding.co.uk

Momen sekali seumur hidup dalam acara pernikahan harus dapat diabadikan dengan baik agar nantinya kamu dan pasangan dapat mengenang saat-saat indah kalian di acara pernikahan yang kalian gelar. Kebahagiaan yang terpancar dari kedua pengantin, keluarga, sahabat, dan tamu undangan yang hadir dapat menjadi energi positif tersendiri bagi kalian berdua kelak.

Maka pikirkan baik-baik untuk menyewa jasa penyedia dokumentasi yang profesional ya, agar gambar yang diambil pada kamera nantinya tak ada yang goyang atau blur.

5. Pakaian dan rias pengantin merupakan salah satu yang terpenting

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikahthebridedept.com

Saat acara pernikahan nanti, kamu dan pasangan akan menjadi pusat perhatian. Pastikan kalian berdua memilih pakaian dan rias pengantin yang nyaman untuk dikenakan. Pilihlah pakaian dan rias pengantin yang menggambarkan dan mewakili kepribadian diri agar kamu dan pasangan tak kehilangan jati diri pada acara penting ini.

6. Jumlah tamu undangan pun harus kamu perhatikan dengan baik

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikahweddingwire.com

Tamu undangan pun perlu kamu dan pasangan pikirkan dengan baik jumlahnya. Sebaiknya bila acara pernikahan digelar secara sederhana, cukuplah kalian mengundang orang-orang yang dekat dengan kalian seperti keluarga dan sahabat. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat dan menyesuaikan anggaran yang ada agar tak terkesan memaksakan.

Berlaku pula sebaliknya, bila anggaran yang disiapkan masih berlebih, kalian bisa mengundang siapa pun yang kalian inginkan seperti teman masa kecil, teman semasa di sekolah, teman semasa di kampus, teman komunitas, teman arisan, dan lain sebagainya.

7. Waktu pelaksanaan pernikahan perlu diperhatikan dengan baik

Ingat, 7 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Matang sebelum Menikahmilemarkerimages.com

Memang benar kamu dan pasangan berhak menentukan hari, tanggal, dan jam pernikahan sesuai keinginan kalian. Hanya saja pikirkan pula tamu undangan yang rumahnya jauh atau berada di luar kota. Diskusikan bersama keluarga kalian mengenai hal ini agar mereka dapat memberikan pendapat dan saran supaya semua merasa nyaman serta dapat hadir berkumpul bersama untuk memeriahkan acara pernikahan yang kalian gelar tersebut.

Itulah beberapa hal penting yang wajib kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum pernikahan. Tetap semangat ya untuk kamu yang akan menikah!

Baca Juga: 5 Artis Hollywood yang Menikah dengan Pengusaha Tajir

MahestiDita Photo Verified Writer MahestiDita

"penyuka warna hitam yang mudah sekali tertidur" ----- find me on instagram : mahestidita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya