Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dihindari saat Sedang LDR dengan Pasangan, Ingat!

Yuk, jaga hubungan dengan menjaga komunikasi

Menjalin hubungan jarak jauh atau biasa disebut dengan long distance relationship (LDR) memang susah-susah gampang. Pastinya setiap hubungan selalu mempunyai tantangannya sendiri, begitu pula dengan pasangan yang menjalani LDR. Ada saja halangan dan rintangan yang harus dilalui secara bersama-sama dengan landasan saling percaya.

Meskipun menjalani LDR itu gak semudah yang orang lain pikirkan, kamu bisa kok melakukan berbagai upaya agar hubungan dengan pasangan tetap awet. Untuk itu, kamu perlu menghindari beberapa hal berikut ini jika tengah LDR dengan pasangan. Yuk, simak informasi berikut ini!

1. Jarang komunikasi 

5 Hal yang Harus Dihindari saat Sedang LDR dengan Pasangan, Ingat!ilustrasi hubungan jarak jauh (freepik.com/freepik)

Faktor utama yang bisa menyebabkan hubungan jarak jauh atau LDR bisa menjadi renggang hingga berakhir yaitu komunikasi yang gak lancar. Padahal salah satu penanda hubungan yang sehat yaitu dengan komunikasi setiap harinya. Entah itu sekadar berbicara ngalor-ngidul ataupun menceritakan kegiatan sehari-hari.

Ketika kamu dan pasangan jarang melakukan komunikasi saat tengah berhubungan LDR, tentunya bisa menyebabkan adanya rasa curiga yang berlebihan. Dengan begitu, hubungan yang kamu jalin dengan pasangan bisa berada di ambang batas loh. Tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan pertengkaran karena kurangnya rasa percaya antara satu sama lain, lho!

2. Cemburu berlebihan 

5 Hal yang Harus Dihindari saat Sedang LDR dengan Pasangan, Ingat!ilustrasi pasangan kekasih (freepik.com/wayhomestudio)

Cemburu merupakan hal yang wajar terjadi ketika kamu tengah menjalani hubungan percintaan. Akan tetapi, cemburu yang terus menerus dan berlebihan tidak baik loh untuk hubungan kamu.

Rasa curiga yang berlebihan ketika pasanganmu dekat dengan lawan jenis bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah dalam hubungan kamu. Pasalnya, dengan terus-terusan curiga, berarti kamu tidak percaya dengan pasangan kamu. Padahal kan ketika menjalin hubungan LDR yang menjadi landasannya adalah rasa saling percaya satu sama lain.

Baca Juga: 5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat, Saling Terbuka meski Berjauhan

3. Mendiamkan pasangan karena masalah sepele 

5 Hal yang Harus Dihindari saat Sedang LDR dengan Pasangan, Ingat!ilustrasi pasangan kekasih sedang bertengkar (freepik.com/cookie_studio)

Ketika menjalani sebuah hubungan, pastinya selalu ada saja masalah yang menghampiri. Cara untuk penyelesaian masalah yang terjadi pun antara satu dengan yang lainnya nggak mungkin sama. Sebab setiap orang punya karakteristik masing-masing dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Meski begitu, ada baiknya jika kamu tidak mendiamkan pasangan ketika terjadi sebuah masalah. Bicarakan saja apa yang membuat kamu merasa kesal pada pasanganmu. Sehingga kamu dan pasangan bisa mendiskusikannya melalui komunikasi yang jelas. Kalau kamu mendiamkan pasangan, bukannya kelar masalah justru jadi bertambah!

4. Menutup telepon saat bertengkar 

5 Hal yang Harus Dihindari saat Sedang LDR dengan Pasangan, Ingat!Ilustrasi pria sedang marah (freepik.com/drobotdean)

Karena kamu dan pasangan menjalin hubungan LDR, tentunya akan lebih sering menghabiskan waktu bersama melalui telepon ataupun video call. Telepon menjadi salah satu aktivitas rutin yang kamu jalani karena kamu dan pasangan berada jauh satu sama lain.

Lalu, agar hubungan LDR yang kamu jalin dengan pasangan bisa awet, kamu jangan sampai menutup telepon dari pasangan ketika tengah berada dalam pertengkaran. Pasalnya, ketika kamu menutup telepon saat bertengkar, pasanganmu akan merasa tidak dihargai. Dengan begitu, kamu menjadi sulit untuk berbaikan dengannya, lho!

5. Terlalu cuek dengan pasangan 

5 Hal yang Harus Dihindari saat Sedang LDR dengan Pasangan, Ingat!ilustrasi pasangan kekasih sedang bertengkar (freepik.com/shurkin.son)

Satu lagi hal yang perlu kamu hindari agar hubungan LDR yang kamu jalani bisa tetap awet yaitu dengan selalu memperhatikan pasangan. Jangan terlalu cuek ketika tengah menjalin komunikasi dengan pasanganmu.

Walaupun kamu nggak bermaksud buruk dengan pasanganmu, dengan sikap yang terlalu cuek bisa membuat pasangan menjadi khawatir, lho. Bahkan, nggak jarang yang berpikir kamu sedang berusaha menjauhinya. Jadi jangan terlalu cuek agar pasangan tidak salah paham dan kecewa denganmu.

Tak ada salahnya kok kamu menghindari beberapa hal tersebut agar hubungan LDR yang kamu jalani tetap awet dan stabil. Jangan lupa selalu menjaga komunikasi agar tetap lancar, ya!

Baca Juga: 5 Persoalan yang Sering Melanda Pasangan LDR, Kamu Siap?

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya