Comscore Tracker

5 Masalah Serius yang Sebaiknya Tak Disembunyikan dari Pasangan

Bangun keterbukaan karena dia berhak tahu

Kedekatan hubungan dengan pasangan ternyata tak menjamin kamu akan selalu bisa jujur padanya mengenai masalah-masalah yang sedang dihadapi. Kamu mungkin sengaja ingin menyembunyikannya karena tidak mau dia ikut cemas.

Namun, sadarkah kamu bahwa sikap menutupi masalah berat dari pasangan malah dapat menimbulkan problem baru? Seperti lima masalah di bawah ini. Jadi sebaiknya, ceritakan saja, ya. Simak, yuk.

1. Masalah kesehatan

5 Masalah Serius yang Sebaiknya Tak Disembunyikan dari Pasanganilustrasi dokter dan pasien (pexels.com/RODNAE Productions)

Baik sebelum maupun setelah kalian menikah, terbukalah soal penyakit berat yang kamu derita. Ini penting agar dia dapat memberimu support sekaligus mengantisipasi risiko kesehatan terburuk yang bisa terjadi padamu sewaktu-waktu.

Masalah kesehatan yang berdampak pada kesuburanmu juga wajib disampaikan padanya sebelum pernikahan. Lebih penting ketimbang mencegahnya kecewa karena sulit memiliki anak darimu, kamu pun butuh pasangan yang dapat menerima kondisimu dengan apa adanya, kan?

2. Masalah pekerjaan dan keuangan

5 Masalah Serius yang Sebaiknya Tak Disembunyikan dari Pasanganilustrasi pasangan dan sepeda (pexels.com/cottonbro)

Masalah dalam pekerjaan tak selalu diikuti dengan masalah keuangan. Akan tetapi, akibatnya bisa tak kalah serius. Contohnya, kamu memenangkan sebuah proyek yang menjadi rebutan orang banyak.

Rivalmu yang tak dapat menerima kekalahannya bisa saja melancarkan teror padamu maupun keluargamu. Dengan kamu memberi tahu pasangan tentang apa yang sedang terjadi, dia akan lebih berhati-hati. 

Sedang masalah keuangan sekalipun menjadi tanggung jawabmu pribadi, barangkali kamu perlu sampai mengubah gaya hidupmu secara drastis. Kalau kamu tetap bergaya hidup 'wah' demi membahagiakannya, masalah keuangan yang menjeratmu bakal lebih parah.

Baca Juga: 5 Pandangan Orang Tentang Pekerjaan Freelance, Sering Dianggap Remeh!

3. Masalah dengan keluarga sendiri

5 Masalah Serius yang Sebaiknya Tak Disembunyikan dari Pasanganilustrasi pasangan berpelukan (pexels.com/Marco Carmona)

Pasanganmu adalah orang terdekatmu setelah keluarga. Bahkan pasangan dapat lebih dekat denganmu ketimbang keluarga setelah kalian menikah. Keluargamu juga telah menjadi keluarganya. 

Jadi, apa gunanya menutupi masalahmu dengan mereka? Dalam fase pacaran, pasanganmu harus tahu seperti apa kondisi keluargamu dan hubungan kalian agar dia tak kaget saat berusaha memasukinya.

Setelah kalian menikah, masalahmu dengan keluarga sangat mungkin menyeret namanya juga. Lagi pula, saat kamu ada masalah dengan keluarga, dengan siapa lagi kamu akan bisa membicarakannya kalau bukan dengan pasangan?

4. Masalah kecemburuanmu dan kemungkinan dia berselingkuh

5 Masalah Serius yang Sebaiknya Tak Disembunyikan dari Pasanganilustrasi pasangan tidak akur (pexels.com/Becerra Govea Photo)

Rasa cemburu tak akan padam bila hanya dipendam. Apalagi kecemburuan itu ada alasannya. Misalnya, akhir-akhir ini sikapnya padamu kian dingin dan tertutup. Dia pun makin sering pulang terlambat tanpa sebab yang jelas.

Bahkan beberapa orang mengaku melihat pasanganmu bersikap mesra dengan lawan jenis. Kesaksian mereka bisa saja tak berarti apa-apa alias mereka keliru mengartikan hubungan pasanganmu dengan salah satu temannya.

Walau begitu, lebih cepat kamu membicarakan semuanya dengannya akan lebih baik. Kalau perselingkuhan itu benar terjadi, sekarang dia tak lagi bisa membodohimu. Jika pun itu tidak betul, kamu menjadi lega dan hubungan kalian hangat kembali.

5. Masalah hukum

5 Masalah Serius yang Sebaiknya Tak Disembunyikan dari Pasanganilustrasi pasangan berjauhan (pexels.com/cottonbro)

Terjerat masalah hukum tak selalu berarti kamu orang yang jahat. Terkadang persoalannya ialah kelalaian yang mengakibatkan kerugian besar pada orang lain. Atau, kamu bersengketa dengan seseorang tentang kepemilikan tanah atau usaha.

Alasan untukmu perlu memberi tahu pasangan ialah kamu bisa saja masuk bui atau harus membayar denda yang sangat besar apabila ditetapkan bersalah. Tidak ada masalah hukum yang tak serius, kan?

Kasihan pasanganmu kalau tak cepat mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuknya. Jujur padanya lebih baik, siapa tahu dia dapat membantumu dalam menghadapi permasalahan ini.

Terbuka tentang lima masalah di atas adalah tanda kamu sangat memercayai pasanganmu. Sekaligus kamu memberinya kesempatan untuk memilih seandainya dia tak sanggup untuk terus bersamamu. Sebuah sikap yang dewasa dan adil.

Baca Juga: 5 Alasan Tidak Perlu Malu Mengakui Kelemahan Diri, Jujur Lebih Baik!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya