Comscore Tracker

5 Alasan Orang yang Sangat Mencintaimu Gak Akan Banyak Menuntut 

#IDNTimesLife Dia sudah begini? 

Kalau dibilang sama sekali gak ada tuntutan, rasanya memang mustahil ya? Dalam hubungan apa pun, tuntutan pasti ada sekalipun sedikit dan gak terlalu terasa sebagai tuntutan. Itu otomatis terjadi agar setiap pihak di dalamnya bisa saling menyesuaikan diri. Apalagi dalam hubungan asmara.

Dua orang yang baru dipertemukan saat dewasa, dari semula sama sekali gak kenal lalu menjadi begitu dekat dan mengarungi hidup bersama. Tuntutan pasti ada. Namun orang yang benar-benar mencintaimu gak akan menuntut banyak darimu karena 5 alasan ini.

1. Sejak awal dia mendidik diri sendiri untuk menerimamu apa adanya, bukan menjadikanmu seperti keinginannya 

5 Alasan Orang yang Sangat Mencintaimu Gak Akan Banyak Menuntut Unsplash.com/ztpphotography

Orang yang sangat menyayangimu siap untuk lebih tegas mendidik diri sendiri ketimbang membiarkan keinginannya menjadi tak terkendali dan mengusikmu. Satu sisi, ini mungkin bagian dari pengorbanannya untukmu. Di sisi lain, dia sendiri tak akan merasa itu pengorbanan melainkan sesuatu yang sudah semestinya dilakukan.

Apa bedanya? Jika dia memandangnya sebagai pengorbanan, suatu saat dia mungkin akan meminta balasan untuk itu. Sebaliknya jika dia memandangnya sebagai sesuatu yang sudah semestinya, dia sendiri akan merasa bersalah jika gak bisa menerimamu apa adanya.

2. Dia sadar kalau mengubahmu, bukan gak mungkin perasaannya juga akan berubah 

5 Alasan Orang yang Sangat Mencintaimu Gak Akan Banyak Menuntut Unsplash.com/saltnstreets

Bagaimanapun, kalian dipertemukan saat dia seperti adanya dirinya dan demikian pula kamu. Maka secara logika pun, jika dia berusaha mengotak-atikmu, dia sadar mungkin itu justru akan mengubah perasaannya padamu. Menjadi lebih cinta?

Mungkin justru sebaliknya. Rasa cinta itu lama-kelamaan pudar, terus memudar, dan akhirnya tak bersisa. Sebab setelah berkali-kali mendesakmu agar menjadi begini begitu, pada akhirnya dia tak lagi melihatmu sebagai orang yang sama dengan yang dahulu membuatnya jatuh cinta.

3. Bebanmu juga menjadi bebannya 

5 Alasan Orang yang Sangat Mencintaimu Gak Akan Banyak Menuntut Unsplash.com/keyvan_mansouri

Orang yang sungguh-sungguh mencintaimu otomatis juga akan memiliki kepekaan akan perasaanmu. Dia bisa dengan mudah berempati padamu. Meski tentu saja gak semua orang yang bisa berempati padamu berarti memiliki perasaan istimewa untukmu.

Dia sadar bahwa tuntutan tak ubahnya beban. Makin banyak yang dituntutnya darimu, makin berat beban yang kamu rasakan. Dan karena dia bisa berempati, beban itu juga menjadi bebannya. Bahkan melebihi beban yang kamu rasakan, karena dia juga menanggung rasa bersalah telah membuatmu menderita.

Baca Juga: Percaya Cinta Sejati, 5 Zodiak yang Jatuh Cinta Sekali Seumur Hidup 

4. Bisa berada di sisimu sudah membahagiakannya, mendapat tempat istimewa di hatimu adalah anugerah 

5 Alasan Orang yang Sangat Mencintaimu Gak Akan Banyak Menuntut Unsplash.com/exegii

Besarnya rasa syukur atas setiap kesempatan bisa bersamamu mencegahnya dari menginginkan yang lebih darimu. Dia sudah merasa cukup hanya dengan bisa berada di sisimu. Dan akan makin merasa terberkahi kala kamu menerimanya dalam hidupmu.

Maka gak terpikirkan olehnya untuk meminta macam-macam darimu. Dia mengerti betul, bukan begitu cara mensyukuri anugerah terindah dalam hidupnya. Alih-alih banyak menuntutmu agar begini begitu, dia justru termotivasi untuk terus menjadi yang terbaik untukmu.

5. Jika banyaknya tuntutan membuatmu gak tahan, dia akan sangat menyesalinya 

5 Alasan Orang yang Sangat Mencintaimu Gak Akan Banyak Menuntut Unsplash.com/jonathanborba

Seperti disebutkan sebelumnya, orang yang sangat mencintaimu memandang kebersamaan kalian sebagai sesuatu yang amat berharga. Gak bisa ditukar dengan apa pun. Apalagi sekadar demi memperturutkan rasa tidak puasnya sendiri.

Maka sebelum keinginan untuk menuntut macam-macam muncul, dia akan teringat bagaimana jika kamu menjadi tak tahan dengannya karena tuntutan-tuntutan itu? Bukan berarti dia menghamba padamu, tetapi nyatanya kehilangan kamu mungkin berarti tak akan pernah ada penggantinya.

Sekali lagi, memiliki sedikit tuntutan pada pasangan bukanlah sesuatu yang salah. Namun mudah untukmu mengukur dalamnya perasaan seseorang yang sesungguhnya, cukup dari seberapa banyak tuntutannya padamu.

Baca Juga: 5 Sebab Mengapa Seseorang Bisa Jatuh Cinta saat Masih Punya Pasangan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya