Comscore Tracker

5 Ciri Pasangan yang Tak Boleh Kamu Sia-siakan, Dia Berharga!

Masa depanmu dengannya tampak menjanjikan

Ketika kamu masih dalam tahap mencari pasangan, sering kali kamu yakin gak menetapkan kriteria yang neko-neko. Kamu bilang mau saja menerima seseorang sebagai pasanganmu asal pribadinya baik.

Namun kenyataannya, ketika kamu telah berpasangan dengan seseorang yang dikenal baik, belum tentu juga kamu merasa puas. Duh, jangan sampai kamu menyia-nyiakannya. Lihat dulu apakah lima ciri pasangan yang menjanjikan masa depan cerah ini ada padanya atau tidak.

1. Dia ingin kamu menjadi lebih baik, tapi tidak menuntutmu untuk sempurna

5 Ciri Pasangan yang Tak Boleh Kamu Sia-siakan, Dia Berharga!ilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berusaha menjadi pribadi yang lebih baik sejatinya tugas semua orang. Maka wajar apabila pasanganmu juga menginginkan hal yang sama darimu. Yang penting buat diperhatikan ialah apakah dia menuntutmu untuk menjadi sosok yang sempurna?

Jika tidak sampai seperti itu, seharusnya kamu tak merasa keberatan. Harapannya padamu masih wajar. Bahkan peningkatan kualitas diri juga menguntungkan dirimu. Dia ingin kamu menjadi pribadi yang lebih baik bukan semata-mata buat mencari keuntungan pribadi.

2. Kemampuannya memaafkan selalu lebih besar daripada kemarahannya

5 Ciri Pasangan yang Tak Boleh Kamu Sia-siakan, Dia Berharga!ilustrasi berpelukan (pexels.com/Bethany Ferr)

Pasangan yang baik dan layak sekali buat dipertahankan bukanlah yang gak pernah marah. Kemarahannya lumrah saja ketika sikapmu keterlaluan, misalnya. Poin pentingnya adalah dia masih mampu memaafkanmu sejauh kesalahanmu bukanlah pengkhianatan atas komitmen kalian.

Bukan malah membuatmu sampai mengemis permohonan maafnya dan dia seperti ingin menyiksamu atas sebuah kesalahan yang tak seberapa. Kemampuan memaafkan seperti ini sangat penting untuk melanggengkan hubungan kalian.

Baca Juga: 5 Fase Hidup yang Mengizinkanmu Fokus Cari Pasangan, Ada Syaratnya!

3. Sama sepertimu, dia juga mau belajar untuk menjadi pasangan yang lebih baik

5 Ciri Pasangan yang Tak Boleh Kamu Sia-siakan, Dia Berharga!ilustrasi belajar bersama pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa pun yang dituntutnya darimu ternyata juga diberlakukannya terhadap dirinya sendiri. Misalnya, seperti dalam poin pertama, dia selalu ingin kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tanpa kamu melayangkan protes atas harapannya pun, dia sudah mengerti bahwa dirinya juga wajib melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, kalian membentuk kebiasaan sama-sama belajar dalam hal apa saja. Tak terkecuali dalam rangka menjadi pasangan yang baik.

4. Dia tidak mencintaimu hanya karena daya tarik fisik

5 Ciri Pasangan yang Tak Boleh Kamu Sia-siakan, Dia Berharga!ilustrasi pasangan (pexels.com/Design Killer)

Ketika seseorang tak mencintaimu hanya karena daya tarik fisik, ini sama sekali tidak berarti parasmu jelek. Dia justru melihat dan menilai dirimu secara keseluruhan, bukan hanya bagian fisiknya. 

Misalnya, kecerdasanmu, sifat rendah hatimu, dan sebagainya. Jika dia mampu melihat daya tarik nonfisik dalam dirimu, hubungan kalian biasanya lebih awet. Sebaliknya kalau yang disukainya darimu cuma parasmu, dia pasti mudah merasa bosan dan menginginkan pasangan yang lebih cantik atau tampan darimu.

5. Selalu mampu melembutkan sikap dan ucapannya padamu

5 Ciri Pasangan yang Tak Boleh Kamu Sia-siakan, Dia Berharga!ilustrasi pasangan (pexels.com/KoolShooters)

Kelembutan seperti ini penting agar kamu merasa dirimu dihargai. Bukan mentang-mentang kalian sudah lama menikah, sikapnya lantas berubah semaunya sendiri. Contohnya, mudah kehilangan kesabaran dan membentakmu, bahkan di depan orang banyak.

Pasangan yang selalu bilang cinta tapi sikap dan ucapannya padamu kasar memang gak bisa dipercaya. Mending memercayai pasangan yang jarang mengumbar kata "cinta", tetapi ucapan serta perkataannya terhadapmu senantiasa terjaga. Itu sudah bukti kuat bahwa dia memang mencintaimu.

Ketika kamu ragu-ragu terhadap pasanganmu saat ini atau bahkan mulai jatuh cinta pada orang lain, please, lihat dulu apakah kelima ciri di atas ada padanya. Bila ya, jangan sampai kamu meninggalkannya.

Pasangan model begini tidaklah banyak dan selalu diperebutkan orang-orang, lho. Nanti kamu menyesal kalau memutuskan meninggalkannya demi orang lain. Jangan sampai, ya!

Baca Juga: 5 Pelajaran Cinta KDrama Yumi's Cell, Cinta Aja Gak Cukup!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya