Comscore Tracker

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! 

Beberapa tips yang penting diketahui

Siapa yang gak pernah punya sahabat, sih? Kamu pun pasti punya, kan? Bahkan, jika kamu pemalu, pasti tetap memiliki teman dekat. Kehadiran sahabat itu penting banget lho, buat orang yang pemalu.

Kamu gak butuh terlalu banyak teman yang selalu riuh. Satu atau dua orang sahabat saja sudah terasa cukup buatmu. Inilah yang membuat keberadaan mereka terasa kian berharga bagimu. 

Jadi gak ingin kehilangan sahabat begitu saja, kan? Menemukan sahabat sejati itu gak gampang. Makanya, kamu perlu tahu apa saja yang akan mengabadikan persahabatan kalian. Baca terus sampai selesai ,ya!

1. Sama-sama gak pernah julid

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! Pexels.com/mwabonje

Kalau masih suka saling julid sih, namanya bukan sahabat sejati, ya? Kamu sudah gak pernah berpikir buruk tentangnya, dia juga begitu padamu. Jika memang ada hal-hal yang perlu diklarifikasi, ya langsung saja ditanyakan. 

Kamu bahagia kalau dia bahagia dan ikut merasakan penderitaannya. Demikian pula perasaannya padamu. Bukannya saling julid, kalian justru kompak menghadapi orang-orang julid di luar sana.

2. Nyaman mengobrolkan apa saja

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! Pexels.com/fotios-photos

Jangankan bersahabat, berteman biasa pun bakal terasa susah kalau kalian gak nyambung. Obrolan pasti akan terasa garing, kelihatan banget sekadar biar gak saling berdiam diri. Lain dengan sahabat sejati.

Mengobrolkan apa pun rasanya seru. Bahkan sekalipun latar belakang kalian berbeda, itu gak mengubah perasaan 'klik' di antara kalian. Waktu bisa terasa begitu cepat berlalu kalau kalian sudah mengobrol.

3. Biasa saling membantu

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! Pexels.com/minan1398

Persahabatan memang harus kental dengan kepedulian. Jangan sampai mengaku sahabatnya, tetapi kamu gak pernah ada saat dirinya ditimpa kesulitan. Begitu juga sebaliknya.

Bahkan tanpa diminta, kalian sudah otomatis ada untuk satu sama lain. Bantuan yang diberikan pun selalu dilandasi keikhlasan. Bukan malah minta balasan atau buat diungkit-ungkit di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Perbedaan yang Bisa Bikin Konflik dalam Persahabatan, Pernah Begini?

4. Sering saling curhat

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! Pexels.com/punchbrandstock

Kalau di poin 2 topik obrolannya luas banget, kali ini lebih spesifik. Kamu dan dia sudah terbiasa saling mencurahkan isi hati. Kalian jadi paham banget cara masing-masing berpikir dan merasa.

Gak terbantahkan lagi, kalian sudah saling merasa nyaman. Kalau gak nyaman kan, gak mungkin bercerita sampai ke hal-hal pribadi. Rasa saling percaya kalian juga tinggi.

5. Punya banyak kesamaan

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! Pexels.com/olly

Bukan berarti anti pada perbedaan. Namun nyatanya, banyaknya kesamaan bakal bikin kalian merasa lebih cocok. Terutama kesamaan minat dan sifat. 

Misal, sama-sama penyuka fesyen. Kan, jadi nyambung banget kalau ngobrol atau belanja bareng. Bisa saling berbagi informasi seputar tren fesyen. Kalau minat gak sama, jadi susah nyambung, kan?

6. Banyak perbedaan sih, tetapi selalu bisa saling menghargai

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! Pexels.com/crina-doltu-490924

Ini mempertegas penjelasan sebelumnya. Perbedaan juga bukan halangan untuk langgengnya persahabatan, kok. Kuncinya adalah kemampuan untuk tetap saling menghormati.

Makin banyak dan tajam perbedaan di antara kalian tentu jadi makin terasa menantang. Namun bukan berarti gak mungkin jadi sahabat, kan? Malah sekali kalian bisa menjembatani perbedaan-perbedaan itu, persahabatan kalian bakal kuat banget!

7. Sudah kayak saudara sendiri

7 Hal yang akan Melanggengkan Persahabatan Kalian, Simpel Kok! Pexels.com/vinicius-wiesehofer-289347

Biasanya ini karena kalian sudah bersahabat lama banget. Bahkan sejak kecil, misalnya. Kalian sudah saling kenal keluarga masing-masing.

Gak heran kalau kamu sudah dianggap keluarga sendiri oleh keluarganya. Begitu pula kehadiran sahabatmu di rumah bikin suasana makin hangat dan seru. 

Merawat persahabatan memang gampang-gampang susah. Kadang bersahabat sudah sejak lama pun bisa seketika bubar karena kesalahpahaman. Jadi, kalau persahabatan kalian awet banget, itu harus sangat disyukuri.

 

Yuk, diingat-ingat lagi. Sudah berapa lama persahabatan kalian terjalin dan apa saja suka maupun duka yang telah dilalui bersama? Ceritakan dan tandai sahabatmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan agar Bertahan Lama hingga Kalian Menua

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya