Comscore Tracker

5 Tanda Ia Sudah Anggap Kamu Masa Lalu, Waktunya Move On! 

Tak ada guna lagi untuk berharap pada sesuatu yang berlalu

Sudah berapa lama kamu putus? Apakah kamu masih berharap kamu bisa baikan dan kembali pacaran bersama mantan?

Sebenarnya tidak ada yang salah dari sebuah harapan. Namun, ketahui pula tanda-tanda ketika harapanmu akan sulit terjadi. Ketimbang membesarkan angan-angan, cobalah belajar move on jika satu atau beberapa dari tanda di bawah ini sudah mulai terlihat.

1. Gak mau diajak balikan

5 Tanda Ia Sudah Anggap Kamu Masa Lalu, Waktunya Move On! ilustrasi diajak balikan mantan (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Kamu sudah mengungkapkan keinginanmu untuk kembali menjalin hubungan cinta dengannya. Bahkan, hal ini kamu lakukan lebih dari sekali. Akan tetapi, setiap kali jawaban mantan tetap sama.

Mantan gak mau balikan sama kamu. Alasannya memang bisa bermacam-macam. Tetapi, pendiriannya tentang hal tersebut amat teguh. Ia benar-benar tidak memberimu kesempatan kedua sekalipun ia sudah memaafkan kesalahanmu.

2. Hidupnya tampak jauh lebih bahagia

5 Tanda Ia Sudah Anggap Kamu Masa Lalu, Waktunya Move On! ilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lihat ia sekarang dan bandingkan dengan beberapa saat setelah kalian putus dulu. Dahulu, ia mungkin sangat terpuruk. Hidupnya kacau dan ia lebih sedih daripada kamu.

Namun, sekarang kamu sampai nyaris tak mengenalinya. Bukan karena perbedaan parasnya, melainkan kesedihan yang ia derita itu betul-betul tak lagi berjejak. Sang mantan seakan-akan telah menemukan dunia yang baru; dunia tanpa kamu pernah ada di dalamnya.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Hal Ini Pantang Dilakukan saat Sedang Berusaha Move On

3. Tidak pernah mencoba menghubungimu

5 Tanda Ia Sudah Anggap Kamu Masa Lalu, Waktunya Move On! ilustrasi menunggu telepon (pexels.com/Thirdman)

Kalau kamu yang menghubunginya, mungkin ia masih mau menerima teleponmu atau membalas chat-mu. Akan tetapi, itu tak berarti apa-apa selain ia hanya berusaha menjaga kesopanan atau perasaannya telah netral dan hanya menganggapmu teman.

Jadi, kamu jangan tergesa-gesa berpikir ia masih ada hati untukmu. Coba amati, pernahkah sekali saja ia mencoba menghubungimu? Bila tidak, terimalah kenyataan bahwa ia tak lagi merasa membutuhkan, apalagi merindukanmu.

4. Gak merespons apapun unggahanmu di media sosial

5 Tanda Ia Sudah Anggap Kamu Masa Lalu, Waktunya Move On! ilustrasi membuka medsos (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Barangkali ia memang tidak memutuskan pertemanan kalian di media sosial. Ia mengerti bahwa kamu bisa menggunakan akun dengan nama yang berbeda-beda buat mengajaknya berteman di medsos atau mengikuti akunnya.

Hanya saja, gak di-unfriend atau di-unfollow olehnya sama sekali tak berarti kamu masih punya harapan. Jika ia tak pernah lagi merespons unggahanmu, juga tidak mengintip stories-mu, itu juga cara lain untuk mengatakan bahwa ia sudah gak tertarik lagi padamu.

5. Wah, dia sudah sold out!

5 Tanda Ia Sudah Anggap Kamu Masa Lalu, Waktunya Move On! ilustrasi pasangan pengantin (pexels.com/Lưu Đức Anh)

Ini, sih, sudah lampu merah, ya! Artinya, penantianmu tak ada gunanya lagi. Ingat, membuka lembaran hidup yang baru bersama orang lain itu bukan keputusan yang sembarangan.

Apalagi ia pernah punya pengalaman gagal dalam percintaan. Kamu tak bisa berpikir ia menikah dengan orang lain hanya untuk pelarian. Kemungkinan terbesarnya, cinta baru memang telah menyembuhkan luka hatinya sejak hubungan kalian berakhir.

Walaupun perkara jodoh memang misteri, apabila beberapa tanda di atas telah tampak, sebaiknya kamu segera melupakannya saja, ya! Kamu harus melanjutkan hidup dan terbuka pada berbagai kemungkinan terkait jodohmu kelak. Yuk, move on.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Move On Setelah Terkena Ghosting, Lupakan Masa Lalu 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya