Comscore Tracker

5 Tanda Pasangan Mulai Memperhitungkan Untung dan Rugi dalam Hubungan

Kamu yakin masih mau bertahan?

Pasangan yang baik pasti tidak memperhitungkan apapun untuk orang yang ia cintai. Tetapi kalau pasanganmu mulai memperhitungkan untung dan rugi dalam hubungan, berarti ada yang salah dalam dirinya. 

Dan hal tersebut nantinya akan menjadi ancaman dalam hubungan kalian. Kalau kamu masih kurang yakin apakah pasanganmu mulai perhitungan, coba, yuk, simak kelima tandanya berikut ini. Let's get started! 

1. Gak mau traktir makan sebelum kamu juga melakukannya

5 Tanda Pasangan Mulai Memperhitungkan Untung dan Rugi dalam HubunganIlustrasi Sepasang Kekasih Sedang Bertengkar (pexels.com/cottonbro)

Pasangan yang mulai memperhitungkan untung dan rugi dalam hubungan pasti akan melakukan hal ini. Doi merasa kalau kamu harus lebih dulu mentraktir makan, agar dia tidak merasa rugi. 

Ketika kamu melihat dia sering melakukan itu, coba kamu tanya ke pasangan kenapa dia tega melakukan hal itu. Tetapi kalau masih terus berlanjut, berarti dia hanya menganggap hubungan kalian seperti sebuah bisnis. Dimana dia harus selalu untung dan gak mau rugi. 

2. Dia merasa berhak untuk memakai barang mahal milikmu

5 Tanda Pasangan Mulai Memperhitungkan Untung dan Rugi dalam HubunganIlustrasi Wanita Mengendarai Mobil (pexels.com/Cleyton Ewerton)

Memang kamu tidak masalah jika pasangan meminjam barang mahal milikmu. Misalnya, ia suka meminjam jaket, topi, parfum, atau bahkan sampai transportasi pribadimu. Tetapi yang menjadi masalahnya, jika dia keseringan melakukan ini berarti kamu perlu mencurigainya. 

Karena pasangan yang tulus, pasti tidak melakukan hal ini hanya untuk keuntungan pribadinya. Dan ia juga berpikir, kalau tidak memanfaatkan barang-barang mahal milikmu dia akan merasa rugi. Nah, kedepannya kamu harus lebih tegas untuk mengatakan tidak, ketika dia meminjam barang-barang pribadi milikmu. 

3. Menuntut balasan kado yang mahal ketika ia juga pernah memberikan kamu kado

5 Tanda Pasangan Mulai Memperhitungkan Untung dan Rugi dalam HubunganIlustrasi Seorang Pria Memberi Kado Kepada Pasangannya (pexels.com/Anna Pou)

Kamu harus lebih peka ketika pasangan sering melakukan hal ini kepadamu. Pasalnya, ketika ada hari-hari spesial dalam hubungan dia selalu menuntut kado yang mahal darimu. Apalagi dia pernah memberikan kamu kado dengan harga yang mahal, lalu dia menuntutnya balik bahkan memaksa kamu. 

Intinya, tipe pasangan yang seperti ini hanya memikirkan untung dan rugi dalam hubungan. Dia gak pernah tulus memberi, tetapi ia selalu meminta imbalan atas yang pernah kasih kepadamu. 

Baca Juga: 5 Momen Hubungan Ini Bisa jadi Tanda Hubungan Bakal Langgeng Selamanya

4. Selalu mencari alasan ketika kamu meminta dia untuk membayar lebih dulu

5 Tanda Pasangan Mulai Memperhitungkan Untung dan Rugi dalam HubunganIlustrasi Pasangan Sedang Berkencan (pexels.com/cottonbro)

Ada masa dimana kamu lupa membawa dompet atau uang tunai, lalu kamu meminta tolong kepada doi untuk lebih dulu membayarnya. Meskipun kamu sudah berjanji akan menggantinya, tetap saja bagi pasangan yang hanya fokus pada untung dan rugi pasti gak akan mau melakukan hal ini. 

Malah doi berusaha menghindar dan mencari alasan lainnya, agar uangnya gak terpakai. Kalau ini sih namanya sudah kelewatan, karena dalam hubungan kepercayaan dan saling mendahulukan itu adalah hal yang wajar dan harus dimiliki. 

5. Suka mengajak kamu ketemuan di rumah saja agar gak keluar biaya

5 Tanda Pasangan Mulai Memperhitungkan Untung dan Rugi dalam HubunganIlustrasi Pasangan Sedang Menonton Bersama (pexels.com/cottonbro)

Kalau sekali atau dua kali memang gak masalah, tetapi jika sudah keterusan ini yang justru akan menjadi sumber permasalahannya. Pasangan yang hanya memikirkan untung dan rugi, sama sekali gak mau mengeluarkan banyak biaya jika ia tidak diuntungkan dalam hal itu. 

Meskipun itu untuk pasangannya sendiri ia tetap sulit untuk melakukannya. Jadi, cobalah untuk lebih peka kalau sebenarnya pasanganmu sangat hitung-hitungan dan kalau bisa, kamu jangan lama-lama terjebak dengan pasangan yang seperti ini. 

Susah juga ya, apabila kamu terjebak dengan pasangan yang terus memperhitungkan untung dan rugi dalam hubungan. Jadi, untuk apa kamu mencintai dia yang selalu membuat kamu menderita. Yuk, segera move on! 

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya