Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Yuk Pahami!

Jangan sampai memaksakan diri 

Perbuatan selingkuh tentu tidak bisa dibenarkan apapun alasannya. Selingkuh dapat membuat segalanya menjadi jauh lebih runyam, pun sulit. Terlebih, pengkhianatan akan memberi luka mendalam bagi pasangan.

Jika kamu tipe orang yang sangat benci perselingkuhan dan secara mendadak mendapati pasanganmu selingkuh, maka, perlu kamu pahami bahwa kamu gak perlu memaksakan diri untuk memaafkan. Yuk, simak! 

1. Gak semua orang pantas mendapat kesempatan kedua 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Yuk Pahami!pexels.com/cottonbro

Kamu sudah dirugikan akan perbuatan pasanganmu yang seenaknya selingkuh. Walaupun dia meminta maaf dan sangat memohon akan permintaan kedua, maka, jelas kamu gak perlu memaksakan diri untuk langsung memberikannya.

Toh, perbuatannya sudah kelewat parah sehingga kamu mungkin berpikir bahwa dia gak layak untuk kesempatan kedua. Kamu juga belum tentu sanggup menerima segalanya dengan lapang dada.

2. Jangan sampai menyiksa perasaanmu sendiri 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Yuk Pahami!Unsplash/christnerfurt

Dengan memberikan kesempatan kedua, kamu mungkin hanya merasa kasihan atau tidak tega. Padahal, perasaanmu yang terpenting. Kamu pasti sudah sulit percaya dan sebenarnya gak nyaman akan perbuatan orang yang mengkhianatimu.

Maka, tegas saja menolak. Kamu punya pilihan untuk memilih, kok. Gak perlulah memaksakan diri jika memang kamu merasa gak ada lagi yang bisa dipertahankan. Lepaskan, jangan sampai dirugikan!

Baca Juga: 5 Sebab Pasangan Tetap Mempertahankanmu, Meski Dia Selingkuh

3. Jangan sampai kamu merasa terus gelisah dan jadi sulit mempercayai seseorang 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Yuk Pahami!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Rasa gelisah yang menghantumi pasti gak menyenangkan, bukan? Kamu pasti jadi lebih sering merasa curiga dan pusing sendiri saat pasanganmu menunjukkan tanda-tanda kecil yang seolah menyatakan perselingkuhan kembali.

Rasa sayangmu gak akan membuatmu nyaman begitu saja, lepaskan jika rasa gelisahmu gak kunjung membuatmu merasa lega. Bebaskan saja dirimu.

4. Gak ada jaminan pasanganmu gak akan mengulangi kesalahannya 

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Yuk Pahami!Pexels/Andrea Piacquadio

Jangan sampai tergoda, nyatanya orang yang sudah berselingkuh ada kemungkinan besar mengulangi kesalahan yang sama. Gak ada jaminan bahwa pasanganmu akan setia di kesempatan kedua, bisa-bisa dia menganggap remeh dirimu dan bersikap seenaknya lagi.

Daripada menanggung resiko patah hati untuk kedua kalinya, lebih baik lepaskan saja. Demi kedamaian perasaanmu, deh.

5. Luka akibat pengkhianatan akan selalu membekas di hati, sulit disembuhkan!

5 Alasan Kamu Gak Perlu Memaafkan Pasangan yang Selingkuh, Yuk Pahami!Pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Menerima kembali pasangan yang sudah selingkuh pastilah berat. Luka di hatimu belum pulih sepenuhnya, jangan memaksakan diri. Nikmati proses penyembuhan luka dengan menyendiri terlebih dulu, jangan mengambil tindakan gegabah yang bisa bikin kamu jadi sulit menghilangkan segala rasa jengkel yang tertinggal di hatimu.

Nikmati waktu penuh kesendirianmu, renungkan penyebab pasanganmu selingkuh dan mulai instrospeksi diri juga. Dirimu lebih penting dari siapapun, kan? Memaksakan diri hanya akan membuatmu jadi lebih sulit menerima segala kenyataan suram yang bisa saja terus membayangimu di setiap kesempatan.

Nah, itulah lima alasan mengapa kamu gak perlu memaksakan diri untuk memanfaatkan pasanganmu yang selingkuh. Bagaimana pun, segala pilihan ada di tanganmu. Jangan merasa sungkan jika memang enggan, ya. 

Baca Juga: 5 Hal Berharga yang Didapat saat Hubungan Lama Berakhir oleh Selingkuh

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya