Comscore Tracker

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istri

Komunikasi adalah hal penting

Dapat melaju ke jenjang pernikahan adalah impian setiap orang yang memiliki hubungan. Indahnya biduk rumah tangga yang harmonis menjadi harapan setiap pasangan. Harapan itu bisa tercapai jika sebuah pasangan memiliki fondasi yang kuat.

Oleh karena itu dibutuhkan komunikasi serius tentang komitmen masa depan sebelum pernikahan tersebut dilangsungkan. Berikut adalah 10 hal yang bisa dikomunikasikan untuk mendapatkan fondasi kuat tersebut.

1. Harapan

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripexels.com/bruce mars

Setiap orang tentu memiliki pandangan dan harapan masing-masing terhadap suatu hubungan. Kadang orang malu mengomunikasikan hal ini karena berbagai hal. Padahal hal ini penting agar satu dengan yang lain dapat saling mengerti.

Komunikasikan harapanmu pada kekasihmu serta dengarkan harapannya terhadapmu. Dengan begitu kalian bisa mengerti harapan satu sama lain.

2. Rencana tahun depan dan seterusnya

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripexels.com/rawpixel.com

Keputusan menjadi pasangan suami istri adalah keputusan untuk sehidup semati. Oleh karena itu kedua belah pihak harus tahu rencana-rencana yang dibuat selama beberapa tahun ke depan. Sehingga keduanya bisa melakukan penyesuaian dan persiapan.

Hal-hal yang bisa dibicarakan misalnya kepindahan pekerjaan, rencana berkeliling dunia dan lain sebagainya.

3. Tujuan dan mimpi

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripexels.com/Pixabay

Seperti halnya harapan, tujuan dan mimpi hidup pasti dimiliki oleh semua orang. Tujuan dan mimpi adalah dua hal yang dapat membuat hidup lebih bermakna dan membina rumah tangga akan mempengaruhi tujuan dan mimpimu.

Orang menikah berarti akan ada dua tujuan dan mimpi dalam satu keluarga, oleh karena itu butuh komunikasi agar dua tujuan dan mimpi ini tidak menggembosi satu dan yang lain. 

4. Pacar masa lalu

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripexels.com/rawpixel.com

Harap selalu waspada dengan hubungan di masa lalu terutama pacarnya dulu. Saat kamu membicarakan pernikahan pastikan kekasihmu tidak lagi saling bertemu bahkan berhubungan. Jika ini masih terjadi pastikan dulu apa kekasihmu benar-benar ingin menikah atau hanya perasaan emosional kepada mantannya dulu.

Komunikasikan dengan baik tanpa ada saling tuduh di antara kamu dan dia sehingga kalian tidak saling salah paham.

Baca Juga: Ladies, Sebaiknya Pikirkan 7 Pertanyaan Ini sebelum Menikah

5. Jujur tentang perselingkuhan

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripixabay.com/Tumisu

Jujur adalah kunci utama untuk melanggengkan suatu hubungan dan saling mengerti hubungan sebelumnya adalah upaya untuk saling mengerti hal masa lalu. Karena tak jarang hal yang terjadi masa lalu bisa juga terjadi padamu saat pernikahamu nanti. Tak menutup kemungkinan dengan perselingkuhan.

Jika pasanganmu secara konsisten dengan perselingkuhan atau bersikap kasar, ada kemungkinan kelak akan terjadi padamu juga. Bicarakan hal ini tanpa menuduh sehingga akan terjadi komunikasi yang kondusif.

6. Keluarga

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripexels.com/Fox

Kelak jika sudah menikah, keluargamu akan menjadi keluarganya dan begitu juga sebaliknya. Jadi penting untuk mengomunikasikan suatu hal tentang keluarga yang penting untuk kamu ketahui.

Dengan hal itu, kalian bisa sama-sama mengerti dan tidak kaget saat ada pertemuan keluarga. Dengan menjadi anggota keluarganya, kamu tidak akan lepas dari drama keluarga akan bakal terjadi.

7. Seks

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripixabay.com/Sasin Tipchai

Penting untuk mengetahui seks satu sama lain, karena ada orang yang ingin melakukannya saat sudah menikah atau bahkan menunggu dulu setelah sebulan. Tak hanya kehidupan seks, hal ini juga berhubungan dengan anak. Kapan saat yang tepat memiliki anak, harus menunda atau yang lainnya yang berhubungan dengan reproduksi.

8. Kewaspadaan

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripixabay.com/Gerd Altmann

Setiap orang memiliki kadar waspadanya masing-masing. Kecemasan dan stres tak jarang menjangkit karena berbagai masalah kehidupan seperti kesehatan, karier, masalah kesehatan mental, anak-anak, mantan dan lain sebagainya. Saling terbukalah sehingga perjalanan pernikahanmu tidak akan tersandung dengan batuan kecil yang tidak harus terjadi.

9. Waktu

9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istripexels.com/Mike

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga alokasi waktu juga berbeda. Cari tahu berapa banyak waktu dan komitmen yang dapat kamu tentukan untuk berdua. Karena beberapa orang ada yang suka dihubungi saat di kantor namun ada juga yang tidak suka diganggu saat bekerja.

Selain itu, ada juga yang orang yang suka menghabiskan waktu berdua tapi ada juga yang suka menghabiskan waktu bermain dengan hobinya sendiri.

Inti dari sebuah jenjang pernikahan adalah komitmen dan komunikasi. Cobalah komunikasikan apa pun yang mengganjal di hatimu agar kalian berdua yakin untuk hidup selamanya hingga maut memisahkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Hal Ini dari Kekasihmu Sebelum Menikah, Biar Gak Menyesal!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You