Comscore Tracker

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Sisi Positif Cemburuan dalam Hubungan

Bisa menguatkan rasa cinta!

Sebagian orang mengatakan bahwa rasa cemburu yang kerap hadir untuk pasangan adalah tanda bukti kalau kamu menyayanginya. Sejatinya, cemburu memang hal yang wajar, selama kamu masih bisa mengontrol perasaanmu dan gak berlebihan. 

Melansir purewow.com, seorang pendiri The Same Page bernama Maya Bialik, mengatakan bahwa setiap orang mengalami cemburu dengan cara yang berbeda-beda. "Dalam beberapa hubungan, sedikit kecemburuan adalah hal yang wajar sementara di hubungan lain, itu dapat menyebabkan hubungan yang toxic," terangnya.

Meski begitu, cemburu memang menimbulkan dampak negatif, entah untuk hubungan atau individu. Tapi sebenarnya, ada juga lho sisi positif dari rasa cemburuan dalam sebuah hubungan. Yuk, simak di antaranya berikut ini.

1. Bikin jujur satu sama lain

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Sisi Positif Cemburuan dalam Hubunganilustrasi pasangan duduk berdua (pexels.com/cottonbro)

Saat menjalani hubungan, ada baiknya kalau kamu bisa lebih jujur jika ada sesuatu yang mengganggu perasaanmu. Melansir purewow.com, jika kamu merasa gak nyaman dan punya alasan untuk cemburu, jujur dan ungkapkanlah hal tersebut.

Dr. Leela Magavi, M.D., seorang Community Psychiatry mengatakan bahwa cemburu yang sehat adalah ketika pasangan dapat dengan jujur mengatakan seperti apa perasaan mereka. Gak perlu merasa sungkan, karena memang kejujuran merupakan hal penting yang menjadi kunci dalam suatu hubungan percintaan.

2. Menguatkan rasa cinta

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Sisi Positif Cemburuan dalam Hubunganilustrasi pasangan berpegangan tangan (pexels.com/fauxels)

Kamu pasti sering mendengar seseorang berkata kalau cemburu adalah tanda bahwa kamu sangat menyayangi pasanganmu. Rasa takut kehilangan yang mendominasi membuat rasa cemburu tersebut semakin menguat.

Saking sayangnya, kamu gak ingin dia dengan mudah berpaling, kan? Selama kamu dapat mengekspresikan rasa cemburu dengan baik dan pasanganmu mengerti, hal tersebut dapat membuat pasangan sadar apa arti dari perasaan yang kamu rasakan. 

Kecemburuan juga bisa membuat kamu sadar betapa berartinya pasangan kamu dan bagaimana ia sangat memikirkanmu. Gak apa-apa untuk merasa cemburu, karena itu bisa menjaga rasa cinta di antara hubungan kalian.

3. Meningkatkan komunikasi

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Sisi Positif Cemburuan dalam Hubunganilustrasi pasangan berbicara (pexels.com/Vera Arsic)

Sebagian orang memilih untuk lebih memendam rasa cemburu. Padahal, itu hal yang gak baik buat dilakukan karena dalam satu hubungan, komunikasi adalah hal yang sangat penting.

Kamu harus bisa berbagi kepada pasanganmu tentang apa yang kamu rasa dan kamu alami. Untuk itu, coba lakukan percakapan yang baik dengan pasangan, di mana kamu bisa dengan jujur membicarakan apa yang dirasa tanpa merasa bahwa kamu sudah yang paling benar dan jangan asal menuduh pasangan kamu. 

"Komitmen dalam hubungan membutuhkan eksklusivitas, yang membutuhkan penanganan masalah yang matang dan sensitif," ungkap Dr Jyoti Kapoor Madan, konsultan psikiatri senior di Paras Hospitals, Gurgaon.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Ortu agar Balita Gak Cemburu dengan Adik

4. Sebagai motivasi diri

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Sisi Positif Cemburuan dalam Hubunganilustrasi pasangan berpelukan (pexels.com/Andre Furtado)

Salah satu sisi positif dari rasa cemburu adalah motivasi diri. Kamu bisa melakukan refleksi diri untuk menjadi pasangan yang lebih baik di dalam hubungan tersebut. Arahkan pikiranmu untuk tetap selalu berpikir positif dari rasa cemburu yang tengah kamu rasakan.

Seperti dilansir womansday.com, kita terkadang menjadi sibuk atau malas, dan itu mungkin menjadikan diri kita mengendur di sisi hubungan. Elizabeth Lombardo, PhD, Psychologist dan penulis buku Better Than Perfect: 7 Strategies to Crush Your Inner Critic and Create a Life You Love, mengatakan bahwa Kecemburuan dapat berfungsi sebagai pengingat untuk menjadi pasangan terbaik yang kamu bisa. Jadi, gunakan itu untuk menunjukkan betapa berartinya pasangan kamu!

5. Jadi lebih menghargai pasangan

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Sisi Positif Cemburuan dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Josh Willink)

Hubungan yang sehat terjadi saat kamu bisa saling percaya dan menghargai satu sama lain. Rasa cemburu yang kerap hadir dapat membuat kamu merasa khawatir, sedih, takut, dan marah secara bersamaan.

Sayangnya, ketika semua rasa itu menjadi satu, sifat posesif karena takut kehilangan akan muncul. Dr. Leela Magavi juga menambahkan kalau kecemburuan adalah tanda dari rasa peduli dan bagaimana kamu menghargai pasanganmu.

"Ini menegaskan kembali fakta bahwa seorang individu peduli dengan pasangannya, menghargai mereka, dan tidak ingin kehilangan mereka. Saat kamu merasa takut kehilangan, kamu akan jadi lebih menghargai kehadiran pasanganmu," katanya.

Gak masalah untuk cemburu ke pasanganmu, asalkan kamu memiliki alasan pasti yang menimbulkan perasaan tersebut. Semoga sisi positif yang dijelaskan di atas dapat membantu kamu mengurangi pikiran negatifmu tentang rasa cemburu.

Baca Juga: 5 Cara Paling Elegan dan Tepat Hadapi Pasangan yang Gampang Cemburu

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya