Comscore Tracker

5 Dampak Positif yang Sering Diabaikan Dari Sebuah Tegur Sapa

Bakal lebih peka deh

Kita hidup di dunia ini tentu dikelilingi oleh berbagai orang. Sebagai manusia, interaksi sosial tentu sangat diperlukan dalam proses kehidupan. Kita tidak bisa memaksakan diri untuk tidak bergantung pada orang lain, yang pada akhirnya kita pasti membutuhkan bantuan orang lain juga. Pentingnya sebuah komunikasi dan hubungan dengan orang lain itulah yang kadang diremehkan. Salah satu hal sederhananya adalah perilaku bertegur sapa. Ternyata ada beberapa dampak positif dari perilaku bertegur sapa yang sering dianggap remeh oleh banyak orang lho. Simak yuk.

1. Membuatmu lebih peka terhadap orang lain

5 Dampak Positif yang Sering Diabaikan Dari Sebuah Tegur SapaUnsplash/rotkif

Hal pertama dari manfaat bertegur sapa adalah lebih pekanya dirimu terhadap orang lain. Hal ini dikarenakan ketika kalian berani menyapa orang lain, tentu respon yang kamu terima dapat menjadi pelajaran penting bagi dirimu. Entah itu respon yang ramah, sinis bahkan kasar sekalipun tentu akan sangat bermanfaat guna mengasah kepekaanmu.

2. Menjadikan mood lebih positif

5 Dampak Positif yang Sering Diabaikan Dari Sebuah Tegur Sapaunsplash.com/catherinerphotography

Ketika kamu bertegur sapa dengan orang lain. Tentu kamu tidak bisa berharap respon orang yang kamu tegur akan selalu baik terhadapmu. Namun jika dari dengan bertegur sapa tersebut kamu selalu mendapatkan respon yang hangat dan ramah. Maka itu bisa membuat moodmu menjadi lebih positif. Hal tersebut penting bagi dirimu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan mood yang positif maka dirimu tentu akan lebih produktif.

3. Menambah relasi

5 Dampak Positif yang Sering Diabaikan Dari Sebuah Tegur Sapapexels.com

Dengan murahnya sikapmu dalam bertegur sapa. Tidak menutup kemungkinan dari perilaku sering bertegur sapa tersebut bisa menambah relasimu. Walaupun kamu tidak mengenal orang tersebut, cukup ucapkan kalimat "Hai" atau ucapkan salam. Maka dari hal tersebut memungkinkanmu untuk menambah relasi hanya dengan bertegur sapa.

Baca Juga: Tulus & Selalu Mendukung, Ini 6 Tanda Sahabatmu Layak Dipertahankan

4. Sebagai bahan introspeksi

5 Dampak Positif yang Sering Diabaikan Dari Sebuah Tegur Sapaunsplash/raduflorin

Ketika bertegur sapa, pastilah terjadi kontak baik langsung ataupun tidak langsung antara dua pihak. Dari hal tersebut, tentu kamu bisa berkaca bagaimana respon orang terhadap sapaanmu tersebut. Apakah respon mereka ramah atau justru sebaliknya. Momen tersebut bisa kamu jadikan ajang introspeksi, apakah kamu sudah berperilaku baik hari ini.

5. Role model untuk membentuk kerukunan di masayarakat

5 Dampak Positif yang Sering Diabaikan Dari Sebuah Tegur SapaInstagram.com/skinnyfabs

Tegur sapa nyatanya sering dianggap remeh. Padahal jika hal tersebut selalu dipraktikkan pada setiap sisi kehidupan. Maka yang namanya perselisihan di masyarakat akan berkurang. Saling bertegur sapa tentu dapat menjadi role model yang baik untuk membentuk kerukunan di masyarakat.

Jangan terlalu cuek ya, cobalah sapa orang-orang sekitarmu.

Baca Juga: Sahabatmu Sedang Sedih? Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menenangkan Hatinya

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya