Comscore Tracker

5 Alasan Introvert Mungkin Lebih Cepat Sukses Daripada Ekstrovert

Ada untungnya juga jadi introvert

Introvert dan ekstrovert adalah dua kubu yang saling berseberangan perihal sikap dan keterbukaan. Introvert condong pendiam, tak banyak komentar dan tertutup. Sedangkan ekstrovert adalah sosok yang terbuka sekaligus pandai bicara. Rupanya dua sikap ini juga memiliki peruntungan yang berbeda. Mereka memiliki jalan sukses yang tak sama karena sikapnya.

Sosok introvert cenderung lebih celat sukses ketimbang ekstrovert. Kenapa? Berikut lima alasan mengapa sosok introvert lebih cepat sukses ketimbang ekstrovert.

1. Berpikir sebelum bertindak

5 Alasan Introvert Mungkin Lebih Cepat Sukses Daripada EkstrovertUnsplash/timgouw

Sosok introvert adalah sosok yang sangat idealis dan berpikir penuh dalam menentukan langkah. Mereka tak mau salah dalam mengambil keputusan, karena itulah mereka kuat dalam berpikir.

Sifat tenang yang dimiliki introvert, membuat mereka lain dari pada yang lain. Meski sibuk berpikir, nyatanya mereka bisa tenang dalam menghadali masalah. Mereka sangat teliti dalam bekerja meski diburu dengan waktu yang cepat. Berbeda dengan orang lain yang memilih untuk bekerja dengan cepat agar tidak ketinggalan waktu. Oleh karena itu, pekerjaan yang introvert lakukan sangat minus kesalahan.

2. Lebih peka

5 Alasan Introvert Mungkin Lebih Cepat Sukses Daripada EkstrovertUnsplash/benwhite

Sosok introvert adalah sosok yang sangat sensitif atau peka. Mereka mudah merasakan apa yang orang disekitarnya rasakan. Sifat pekanya membuat mereka lebih cepat menganalisa lingkungan.

Introvert pandai membaca raut wajah seseorang, mereka bisa mendeteksi kebohongan. Hal itu sangat berguna bagi mereka. Sebab ketika mereka bekerja, mereka akan tahu siapa yang rajin atau siapa yang pemalas. Dengan kemampuan itu mereka bisa mengarahkan bawahannya untuk lebih produktif bekerja dan menghasilkan lebih banyak karya untuk perusahaan yang mereka bangun.

3. Terpacu

5 Alasan Introvert Mungkin Lebih Cepat Sukses Daripada EkstrovertUnsplash/thoughtcatalog

Sosok introvert adalah sosok pendengar yang baik. Mereka menerima segala masukan, kritikan, walau mereka sering memasukannya ke dalam hati yang berujung tangisan. Meski begitu, segala hal itu bisa ia manfaatkan dengan baik.

Mereka yang introvert cenderung lebih suka menyimak pembicaraan orang lain ketimbang menanggapinya. Mereka semakin terpacu untuk sukses ketika ada keritikan pedas yang membuat mereka tak tahan. Dengan segala semangatnya, introvert selalu bertekad untuk membuktikan kekuatannya.

Baca Juga: 5 Stereotipe yang Selalu Melekat Pada Ekstrovert, Benar atau Tidak Ya?

4. Loyal

5 Alasan Introvert Mungkin Lebih Cepat Sukses Daripada EkstrovertUnsplash/nikmacmillan

Sosok introvert adalah sosok yang sangat loyal dalam bekerja. Mereka tak mudah untuk keluar dari hal yang telah ia lakukan selama ini. Mereka lebih memilih untuk mengembangkan potensi ketimbang mencari hal baru.

Sikap santai dan juga baik hati, membuat banyak orang mendekati dirinya. Introvert selalu merasa terbantu ketika ada orang yang menyemangatinya. Dengan loyalitas dan juga sikapnya yang baik hati, introvert mampu dengan mudah membangun tim untuk pekerjaan yang lebih serius dan pastinya semakin dekat dengan keberhasilan.

5. Memiliki lebih banyak waktu belajar

5 Alasan Introvert Mungkin Lebih Cepat Sukses Daripada EkstrovertUnsplash.com/petebellis

Introvert memiliki ciri khas yaitu sangat suka menyendiri dan juga berkhayal sesuka hatinya. Namun karena suka menyendiri, introvert memiliki lebih banyak waktu untuk mengasah kemampuan yang mereka miliki.

Orang yang introvert biasanya terlihat gemetar, menggigit kuku, dan juga menggaruk kepala. Namun rupanya itu pertanda mereka sedang berpikir. Menurut Karen Pine, ahli psikologi dan peneliti gestur manusia dari University of Hertfordshire, menjelaskan bahwa kebiasaan menggerakkan tangan atau kaki berkaitan dengan proses kognitif. Saat seseorang sedang serius berpikir berarti mereka mengalami proses kognitif yang melebihi batas.

Baca Juga: Jangan Tanya 10 Pertanyaan Paling Menyebalkan Ini Pada Si Introvert

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya