Comscore Tracker

Hadis tentang Zina, Perbuatan Buruk yang Akan Dibalas oleh Allah SWT

Jangan sampai jadi pelakunya

Zina merupakan perbuatan haram yang bisa dilakukan oleh pria dan wanita dengan cara berhubungan seksual atau persetubuhan di luar ikatan nikah. Perbuatan ini termasuk sebagai salah satu perbuatan dosa yang dilarang keras oleh Allah SWT.

Bahkan, Rasulullah SAW sendiri pun mengingatkan kepada umatnya tentang betapa beratnya hukuman pelaku zina. Selain itu, ada pula beberapa hadis yang bisa kamu baca mengenai zina dalam Islam. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Setiap anak Adam pada dasarnya telah ditakdirkan berzina melalui organ-organ tubuh mereka

Hadis tentang Zina, Perbuatan Buruk yang Akan Dibalas oleh Allah SWTunsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Kita kerap mendengar zina mata, zina tangan, zina kaki, zina mulut (zina majazi), selain zina dengan alat kelamin (zina hakiki). Semua praktik zina itu disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud.

Pada hadis ini, Rasulullah SAW menyatakan bahwa setiap anak Adam ditakdirkan berzina melalui organ-organ tubuh tersebut sebagaimana riwayat berikut ini:

الحديث الأول عن عبد الله بن عباس قال ما رأيت شيئاً أشبه باللمم مما قال أبو هريرة إن النبي {صلى الله عليه وسلم} قال إن الله كتب على ابن آدم حظه من الزنا أدرك ذلك لا محالة فزنا العينين النظر وزنا اللسان النطق والنفس تمنى وتشتهي والفرج يصدق ذلك أو يكذبه

Artinya:

“Hadis pertama dari Abdullah bin Abbas RA, ia berkata bahwa aku tidak melihat sesuatu yang lebih mirip dengan ‘kesalahan kecil’ daripada hadis riwayat Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Allah telah menakdirkan anak Adam sebagian dari zina yang akan dialaminya, bukan mustahil. Zina kedua mata adalah melihat. Zina mulut adalah berkata. Zina hati adalah berharap dan berkeinginan. Sedangkan alat kelamin itu membuktikannya atau mendustakannya,’” (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud).

Baca Juga: Hadis tentang Ibu dan Keutamaan Berbakti padanya, Surga Ada di Kakinya

2. Zina merupakan satu dari dua kejahatan yang akan dibalas oleh Allah SWT

Hadis tentang Zina, Perbuatan Buruk yang Akan Dibalas oleh Allah SWTunsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Nabi Muhammad SAW telah memberitahukan kepada umatnya bahwa perbuatan zina akan mendapat balasan dari Allah SWT di dunia maupun di akhirat. Sabda tersebut berbunyi:

“Dua kejahatan akan dibalas oleh Allah ketika di dunia; zina dan durhaka kepada ibu bapak.” (HR. Thabrani).

3. Orang yang suka berzina pun senantiasa dibenci oleh Allah SWT pada hari kiamat kelak

Hadis tentang Zina, Perbuatan Buruk yang Akan Dibalas oleh Allah SWTunsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Allah SWT juga senantiasa membenci para pelaku zina. Hal ini disampaikan dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi:

“Tiga (jenis manusia) yang tidak diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat dan tidak pula Allah menyucikan mereka dan tidak memandang kepada mereka, sedang bagi mereka siksa yang pedih, yaitu laki-laki tua yang suka berzina, seorang raja pendusta, dan orang miskin yang sombong.” (HR. Muslim)

Demikian beberapa hadis yang berhubungan tentang zina. Semoga masing-masing dari kita dihindari dari perbuatan buruk yang satu ini, ya!

Baca Juga: 10 Kutipan Hadis yang Bisa Jadi Pedoman Hidupmu

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya