Comscore Tracker

5 Tanda Hubungan Asmara Mengalami Burnout, Jenuh dengan Keadaan

Cinta selalu dinamis dan tak selamanya manis

Bersama orang yang dicintai seharusnya mampu membuat hidup lebih berwarna. Namun kenyataan memang tak selalu manis. Kehidupan asmara tak ubahnya roda berputar yang membuat hubungan lebih dinamis. Jika kamu dan pasangan merasakan hal-hal sebagai berikut, ini bisa jadi pertanda bahwa hubungan kalian memasuki fase burnout. Jangan dulu overthinking, anggap saja ini badai yang akan segera berlalu. 

1. Hubungan mulai terasa renggang

5 Tanda Hubungan Asmara Mengalami Burnout, Jenuh dengan Keadaanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Sebuah jarak mulai tercipta di antara kamu dan pasangan. Kamu menyadari sepenuhnya, tapi anehnya kamu kehilangan minat untuk menghubungkan kembali ikatan yang cukup renggang. Segala sesuatu tentangnya juga tak lagi membuatmu merasa excited. Kupu-kupu yang dulu memenuhi dada pun perlahan menghilang.

Jika hal tersebut menggambarkan kondisimu saat ini, kemungkinan besar kamu mulai burnout. Hari-hari dengannya kini terasa lebih hampa dan kegiatan yang dilakukan bersamanya lebih terlihat sebagai beban alih-alih terasa menyenangkan.

2. Terus menerus terjadi konflik

5 Tanda Hubungan Asmara Mengalami Burnout, Jenuh dengan Keadaanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Perbedaan pendapat merupakan hal lumrah dalam hubungan. Ini dapat dikatakan sebagai indikator positif bahwa hubungan bekerja dengan baik dan harmonis. Namun jika kamu dan pasangan terlibat perdebatan panas dengan intens bahkan untuk hal-hal sepele, maka ini patut menimbulkan pertanyaan. 

Terlebih jika masalah tak kunjung usai karena kalian sama-sama mengotot dan tak mau mengalah. Bukannya merasa hangat dan aman, berada di hubungan seperti ini justru membuatmu lelah secara emosional.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Jenuh dengan Pasangan, Jangan Bubaran Dulu!

3. Tak ada lagi percikan cinta saat bersama dengannya

5 Tanda Hubungan Asmara Mengalami Burnout, Jenuh dengan Keadaanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Di awal bertemu, kamu mungkin merasa berdebar meski hanya memikirkannya. Saat berpapasan dan saling bertatap mata, kamu merasa salting bukan main. Ketika merindukan kehadirannya, kamu segera mencari kabar si dia dengan stalk akun media sosialnya.

Namun kini percikan cinta itu perlahan memudar. Bahkan kamu sengaja menghindarinya karena menghabiskan waktu bersama hanyalah menguras energi. Untuk sekadar memberi kabar saja rasanya berat. Hati-hati, ini bisa mengindikasikan permasalahan serius yang tersembunyi dalam hubungan. 

4. Jadi lebih tertutup terhadap satu sama lain

5 Tanda Hubungan Asmara Mengalami Burnout, Jenuh dengan Keadaanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Biasanya kamu sangat antusias menceritakan bagaimana harimu berlalu, mendengar kisahnya juga merupakan hal yang dinanti-nanti di penghujung hari. Bahkan, kamu rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bertukar cerita.

Namun saat ini, kamu bahkan tak punya energi untuk memulai percakapan dengannya. Tak jarang intensitas berkomunikasi mulai menurun dan kalian tak lagi mengetahui kondisi satu sama lain. Sering kali, kamu justru mendengar kabar tentangnya dari orang lain dan itu tak lagi menarik perhatianmu.

5. Mulai menaruh ketertarikan pada orang lain

5 Tanda Hubungan Asmara Mengalami Burnout, Jenuh dengan Keadaanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Production)

Dahulu, dia adalah satu-satunya orang yang bersinar di matamu. Kehadiran orang lain bahkan tak lagi dianggap karena hanya dia yang ingin kamu lihat. Karenanya jika kamu mulai merasa ada orang yang lebih menarik, ini merupakan warning dalam hubungan. Terlebih jika kamu melakukan aksi tertentu untuk mendekatinya.

Berada di sebuah hubungan memerlukan sebuah komitmen. Salah satu bentuk komitmen ialah menciptakan batas yang jelas antara diri sendiri dengan orang lain. Artinya, porsi interaksi dengan orang lain dilakukan sewajarnya dalam konteks pertemanan. Jika sengaja keluar batas, maka hubungan bisa berada di ujung tanduk.

Burnout tak muncul dalam semalam. Biasanya ini terjadi akibat akumulasi masalah yang dipendam. Jika begini, kamu dan pasangan tak hanya membutuhkan waktu sendirian untuk merenung. Tetapi perlu duduk berdua untuk mendiskusikan apa yang sebenarnya terjadi. Dengan demikian, kalian tahu jalan keluar seperti apa yang perlu ditempuh.

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu Sedang Jenuh dalam Hubungan, Mudah Dikenali lho

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya